Budaya Indonesia di Ruang Digital

Pengguna internet di Indonesia pada tahun 2021 mengalami peningkatan, We Are Social mencatat bahwa pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta pengguna, di mana 170 juta penggunanya menggunakan media sosial. Dapat dikatakan bahwa pengguna media sosial di indonesia mencapai 61.8% dari total populasi Indonesia.

Di zaman milenial ini perkembangan teknologi menjadi penyebab salah satu terbentuknya era digital yang membawa perubahan. Pada era ini, teknologi digital sudah menjadi bagian dalam melaksanakan rutinitas sehari-hari, mulai dari cara berkomunikasi, berinteraksi melalui media sosial, transaksi pembayaran hingga belanja kebutuhan sehari-hari.

Guna mendukung terwujudnya Indonesia Makin Cakap Digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meluncurkan program Literasi Digital dengan diadakan webinar yang bertujuan untuk membangun kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang teknologi digital serta meningkatkan kecakapan digital masyarakat Indonesia untuk menciptakan  ruang digital yang aman, berbudaya, beretika dan produktif.

Ada empat pilar yang disajikan dalam kegiatan webinar literasi digital yang berlangsung mulai tanggal 24 Juni 2022 hingga enam bulan kedepan. Aman bermedia digital, cakap bermedia digital, budaya bermedia digital, juga etis bermedia digital.

Perkembangan teknologi dan ruang digital memudahkan kita untuk mengakses dan mendapatkan informasi dari belahan negara manapun. Selain sumber informasi tanpa batas, ruang digital juga menjadi sarana penyebaran budaya suatu bangsa.

Penyebaran konten di ruang digital tidak mengenal yang namanya batas suatu negara. Kita bisa mengetahui dan mengkonsumsi budaya asing lewat ruang digital. Tak bisa dipungkiri ruang digital kita saat ini menjadi panggung merebaknya budaya asing.

Hal ini tentunya menimbulkan berbagai dampak negatif terhadap pengguna ruang digital kita, seperti mengaburnya wawasan kebangsaan, semakin terpinggirkan budaya asli daerah dan hilangnya norma kesopanan dan kesantunan di ruang digital.

Pemahaman akan nilai Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika mesti menjadi landasan dalam penggunaan ruang digital. Hal itu diperlukan agar kita tetap memahami budaya bangsa Indonesia dan untuk mawas diri agar kita selalu memiliki etika di ruang digital. 

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama GNLD Siberkreasi juga terus menjalankan program literasi digital untuk meningkatkan kecakapan digital masyarakat. Webinar kali ini dengan tema “Budaya Indonesia di Ruang Digital” akan dilaksanakan Selasa, 03 Oktober 2022 pukul 14.00 – 16.00 WIB bersama narasumber dari berbagai latar belakang.

Destinasi Terbaik Wisata di Indonesia

DestinAsian Umumkan Pemenang dari Poling Readers’ Choice Awards 2024 Majalah DestinAsian sekali lagi mengumumkan hasil...

Vasaka Hotel Jakarta Sinergi Berbagi di Ramadhan

Tepat pada 23 Maret 2024, Vasaka Hotel Jakarta managed by Dafam menyelenggarakan acara buka...

Program Stiker Drive-Thru Pertama Starbucks di Indonesia

Meriahkan Ramadan Starbucks mengusung tema "A Cup of Kindness" pada Ramadan tahun ini dengan...

- A word from our sponsor -