ASOI Jadikan Pelaku Seni Ondel-ondel Lebih Berkreatif

Asosiasi Ondel-ondel Indonesia (ASOI), menggelar Musyawarah Nasional (MUNAS) 2023 sebagai rencana kerja ke depan. Kegiatan ini sangat strategis dan penting bahkan menjadi kunci dalam menentukan masa depan Ondel-ondel sebagai ikon seni budaya Betawi, serta termasuk strategi untuk mengatasi permasalah yang dihadapi para penggiat seni budaya khususnya di bidang kreativitas para pelaku seniman ondel-ondel.

Kegiatan ini digelar di Gedung Pusat Pelatihan Seni Budaya H. Sa’aba Amsir Jl. Asem Baris Raya No.100 Tebet Jakarta Selatan, Sabtu (25/2/2023) 

Pada kesempatan ini turut hadir Kasudin Kebudayaan Jakarta Selatan Puspla Dirdjaja, Ketua Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB), General Manager Arcadia by Horison serta para sesepuh dan pelaku seni ondel-ondel. 

Kasudin Kebudayaan Jakarta Selatan, Puspla Dirdjaja mengatakan dengan adanya MUNAS ini, menujukkan bahwa pelaku seni ondel-ondel in sudah lebih terorganisir dan sudah ada Asosiasinya ya itu ASOI.

Diharapkan dengan adanya organisasi ini keberadaan mereka bisa lebih Optimal bisa lebih dalam mendukung menampilkan kreatifitasnya serta kesejahteraannya bisa lebih mudah terorganisir karena ada asosiasinya.

“Kami berharap dengan melalui asosisi ini, mereka bisa melakukan kegiatan-kegiatan lain yang berkerjasama dengan intansi pemerintah, badan usaha serta lembaga lainnya. Dalam rangka melestarikan kebudayaan betawi yaitu Ondel-ondel juga untuk meningkatkan kesejahteraan para pelaku seniman tersebut,” ucap Puspla.

Puspla menambahkan, Dari Kacamata kebudayaan khususnya kebudayaan Jakarta Selatan terus membina pelaku seni ondel-ondel ini, agar meraka kedepan bisa lebih eksis dan pelestarian budaya ondel-ondel menjadi akomodasi bagi kesejahteraan yang baik bagi mereka,” pungkasnya.

Sementara Pembina Asosisi Ondel-ondel Indonesia (ASOI), Ramdani menambahkan, dari hasil kumpulan saat ini suda ada 40 sanggar yang berada di wilayah Jabobdetabek, yang mana mereka mempunyai aspirasi agar dapat terealisasi. ASOI merupakan suatu wadah di mana dapat berkordinasi, bagaimana anggota sanggar yang ada didalam ASOI bisa muncul, dari segi keseniaannya maupun UMKMnya agar terus melestarikan budaya dan mengajak teman-teman untuk lebih produktif.

BINUS Rayakan Ulang Tahun ke-43 dengan Komitmen Membangun dan Memberdayakan Nusantara

Jakarta, 1 Juli 2024 – BINUS University, perguruan tinggi top di Indonesia, merayakan ulang tahun...

Setelah Deny Sumargo Jadi ‘CEO’, Lion Parcel Perkuat CRM Supaya Makin Cuan

CRM itu bukan soal service kasih diskon, bonus terus cross selling dan upselling aja....

Halo Robotics Hadirkan Solusi Drone Pemetaan LiDAR untuk Perkebunan Sawit

Halo Robotics menghadirkan solusi inovatif untuk meningkatkan efisiensi manajemen dan produksi perkebunan kelapa sawit....

- A word from our sponsor -