Pandai Berjualan di E-Commerce

Di zaman milenial ini perkembangan teknologi menjadi penyebab salah satu terbentuknya era digital yang membawa perubahan. Pada era ini, teknologi digital sudah menjadi bagian dalam melaksanakan rutinitas sehari-hari, mulai dari cara berkomunikasi, berinteraksi melalui media sosial, transaksi pembayaran hingga belanja kebutuhan sehari-hari.

Pengguna internet di Indonesia pada tahun 2021 mengalami peningkatan, We Are Social mencatat bahwa pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta pengguna, di mana 170 juta penggunanya menggunakan media sosial. Dapat dikatakan bahwa pengguna media sosial di indonesia mencapai 61.8% dari total populasi Indonesia.

Guna mendukung terwujudnya Indonesia Makin Cakap Digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meluncurkan program Literasi Digital dengan diadakan webinar yang bertujuan untuk membangun kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang teknologi digital serta meningkatkan kecakapan digital masyarakat Indonesia untuk menciptakan ruang digital yang aman, berbudaya, beretika dan produktif.

Ada empat pilar yang disajikan dalam kegiatan webinar literasi digital yang berlangsung mulai tanggal 24 Juni 2022 hingga enam bulan ke depan. Aman bermedia digital, cakap bermedia digital, budaya bermedia digital, juga etis bermedia digital.

Perkembangan teknologi mempengaruhi hampir semua aspek kehidupan masyarakat. Kegiatan yang sebelumnya dilakukan secara tatap muka sekarang bisa dilakukan secara online melalui aplikasi lokapasar di perangkat gadget kita.

Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2020 mencatat hampir 90% masyarakat Indonesia pernah melakukan aktivitas pembelian barang dan jasa secara online. Hal ini menunjukkan transaksi jual beli secara daring saat ini sangat digemari oleh masyarakat.

Hal ini tentunya menjadi angin segar bagi pelaku UMKM dan masyarakat yang memiliki usaha jual beli barang dan jasa. Mengalihkan kegiatan usaha ke ruang digital dengan memanfaatkan platform e-commerce tentu kegiatan jual beli bisa menjangkau pelanggan dari seluruh Indonesia. 

Untuk bisa sukses berjualan di platform e-commerce harus dibarengi dengan promosi atau biasa disebut digital marketingyang baik. Lalu apa saja langkah tepat yang bisa dilakukan agar bisa sukses berjualan di platform e-commerce?

Kementerian  Komunikasi dan Informatika RI bersama GNLD Siberkreasi juga terus menjalankan program literasi digital untuk meningkatkan kecakapan digital masyarakat. Webinar kali ini dengan tema “Pandai Berjualan di E-Commerce” akan dilaksanakan Rabu, 05 Oktober 2022 pukul 14.00 – 16.00 WIB bersama narasumber dari berbagai latar belakang.

Susu Kambing Etamilku : Pilihan Terbaik untuk Kesehatan Pernafasan Anda

Jakarta – Elmedinah Indonesia dengan bangga mengumumkan peluncuran produk terbaru mereka: Susu Kambing...

Gelombang Euforia Esports Tanpa Batas di Yogyakarta: AXIS Esports Labs kolaborasi antara AXIS dan EVOS!

AXIS Esports Labs membawa keseruan pengalaman gaming yang tak terlupakan bagi para gamers di...

VRITIMES dan Mimbar Sumut Jalin Kemitraan Strategis untuk Perkaya Penyampaian Berita di Sumatera Utara

Jakarta, 18 Mei 2024 – Dalam rangka memperluas jangkauan informasi dan mengintensifkan diseminasi berita...

- A word from our sponsor -