3 Cara untuk Hilangkan Bekas Luka dan Keloid agar Semakin Percaya Diri

Keloid adalah jenis benjolan yang terjadi pada kulit yang terdiri dari jaringan ikat yang terlalu banyak. Benjolan ini biasanya terjadi pada tempat luka atau bekas operasi yang sudah sembuh. Keloid seringkali lebih besar dari luka aslinya dan biasanya terasa kencang dan tebal.

Beberapa faktor yang dapat menjadi timbulnya keloid antara lain adalah genetik dari keluarga, jenis kulit, dan usia. Luka apa saja dapat menjadi keloid, namun ada beberapa luka yang lebih berisiko menjadi keloid dibandingkan yang lain, antara lain adalah luka bakar, luka infeksi, dan luka akibat operasi. Umumnya, keloid lebih beresiko terjadi pada orang yang berusia muda dibandingkan yang lebih tua.  

Keloid yang terlihat di tubuh dapat mempengaruhi kepercayaan diri seseorang, terutama wanita. Jika seseorang sudah pernah terkena keloid, maka kemungkinan untuk mendapat keloid jika ia terluka lagi juga besar.

Jika seseorang mudah terkena keloid karena faktor genetik, maka terdapat tiga cara yang dapat digunakan untuk menghindari timbulnya keloid dari dalam tubuh, yaitu:

1. Berhati-hati saat menggunakan benda tajam

Pastikan menjadi ekstra berhati-hati saat menggunakan benda tajam, seperti pisau saat memasak atau pisau cukur saat bercukur. Karena luka terbuka yang timbul di kulit dapat menjadi keloid.

2. Tidak membuat tato atau tindikan di tubuh

Tato dan menindik adalah tindakan yang dengan sengaja membuat luka di bagian permukaan kulit. Maka jika sudah mengetahui kulit mudah memiliki keloid, sebaiknya hindari membuat tato atau tindikan. 

3. Merawat kulit agar tidak berjerawat 

Bekas jerawat ternyata salah satu penyebab keloid yang umum terjadi di muka. Hal ini karena bekas jerawat yang meradang juga bisa menjadi keloid. Supaya muka tidak timbul jerawat di awal, sebaiknya lakukan perawatan wajah sesuai dengan jenis kulit dan tidak memencet atau memegang jerawat sembarangan. 

Namun, jika bekas luka sudah terlanjur menjadi keloid, maka salah satu perawatan pertama kali yang bisa dilakukan untuk memudarkan keloid adalah dengan menggunakan lembaran silikon gel seperti KeloPlast. KeloPlast adalah penghilang bekas luka, berbentuk lembaran silikon gel yang lembut, elastis, dan menyerupai warna kulit. 

Bahan silikon gel umumnya digunakan dalam dunia medis untuk menghilangkan bekas luka dan melindungi bekas luka agar tidak terinfeksi. Dalam lembaran silikon gel terdapat dua lapisan yaitu lapisan terdalam yang berguna untuk menjaga agar bekas luka tetap lembab yang menghambat pembentukan keloid.

ShopeePay Hadirkan 5 Pilihan Kegiatan dengan Penawaran Menarik Setiap Harinya

Berbagi Kebaikan Ramadan ●  Temukan beragam pilihan kegiatan seru untuk ngabuburit dan promo Cashback...

Adidas Originals dan Nickelodeon Berkolaborasi dalam Sepatu Superstar Spesial

Terinspirasi dari Teenage Mutant Ninja Turtles Musim ini, Adidas Originals, Nickelodeon, dan Paramount Consumer Products...

HatiPlong Membuka Jalan bagi Terapi EMDR Online di Indonesia

Menghancurkan Stigma, Mengubah Hidup Dengan menggunakan aplikasi NiceDay yang inovatif, HatiPlong membawa kekuatan penyembuhan EMDR...

- A word from our sponsor -