Sekolah Virtual ala “Kelas Bunga Matahari” di Clubhouse

Sudah lebih dari setahun para siswa dituntut untuk beradaptasi dengan cara belajar yang baru, dari pembelajaran tatap muka hingga pembelajaran secara online. Beberapa hal yang rutin dilakukan di sekolah, seperti upacara bendera, study tour, belajar Bahasa Inggris, bermain, dan mengobrol selama jam istirahat sekolah tidak lagi dapat dilakukan selama pembelajaran online ini. Padahal, banyak siswa yang merindukan hal-hal tersebut. 

Seiring berjalannya waktu, banyak orang kreatif di luar sana yang memahami kerinduan para siswa akan pembelajaran tatap muka. Salah satunya adalah Sunny Sofwan, pencetus Klub “Kelas Bunga Matahari” yang mengadopsi konsep belajar sambil bermain layaknya di sekolah, tapi kali ini konsep itu dihadirkan di aplikasi Clubhouse. 

Kami telah mendapatkan kesempatan mewawancarai Sunny untuk mengetahui latar belakang dari Kelas Bunga Matahari, yang merupakan salah satu klub favorit Clubhousers. Yuk mengenal lebih dalam tentang klub ini! 

Hai Sunny! Gimana cerita awal mula terbentuknya Klub “Kelas Bunga Matahari” ini?

Kelas Bunga Matahari ini lahir setelah saya melewati perjalanan yang panjang mendengarkan serta menjadi moderator di banyak room di Clubhouse dan bergabung dengan beberapa klub hingga akhirnya bertemu dengan orang-orang yang seru. Dari sana, saya memutuskan untuk membuat room pertama dengan judul “Kalian Baperan Ga Sih?”, ngobrolin tanggapan kita pada saat menghadapi hal-hal yang terjadi di sekitar kita. 

Room pertama tersebut berhasil menarik banyak audiens, dan berlangsung dari pukul 14.00 WIB hingga 00.00 WIB. Dihadiri oleh 80 pembicara, di room tersebut kami juga bermain games dan seru-seruan bareng. 

Nah, dari sanalah saya berpikir sepertinya room seperti ini akan sangat menarik jika dibuatkan suatu klub yang memiliki ciri khas tersendiri. Dari situ pula saya bertemu banyak orang yang memiliki visi dan sudut pandang yang sama yaitu menciptakan klub yang dapat memberikan kebahagiaan tanpa adanya rasa baper satu sama lain.

Latar belakang “Kelas Bunga Matahari” sendiri berasal dari nama saya Sunny yang artinya matahari dan juga terinspirasi dari nama film kartun legendaris yaitu Crayon Sinchan yang nama kelasnya “Bunga Matahari”. 

Oleh karena itu, nama klub ini memiliki filosofi ingin memberikan kebahagiaan dengan canda tawa yang dikemas seperti waktu kita di sekolah. Selain itu, karena latar belakang klub ini adalah sekolah, membuat saya berpikir untuk memberikan ide agar foto profil setiap anggota yang bergabung dalam klub ini dapat menggunakan seragam sekolah yang bisa di ubah-ubah.

Apa yang membuat orang ingin bergabung dengan klub ini?

Klub ini memiliki karakter yang unik dan menarik dimana Clubhousers dapat belajar dan bermain di satu klub yang sama. Selain itu, klub ini juga telah berkembang dari waktu ke waktu sejak 4 Mei 2021 dan telah mengumpulkan hampir 3.000 anggota klub yang terdiri dari orang-orang berusia 18 hingga 60 tahun. 

Uniknya, aplikasi Clubhouse ini memang merupakan aplikasi audio, namun juga berusaha menarik minat para anggota melalui tampilan visual dengan menyediakan berbagai macam seragam yang dapat diaplikasikan di foto profil para anggota klub. Karena kita semua memakai seragam di foto profil, tidak ada perbedaan yang tampak, meskipun usia & latar belakang kita berbeda-beda.

Selain itu, kami juga mengumpulkan semua anggota klub dalam obrolan grup seperti layaknya sekolah. Jadi ada obrolan “grup kelas”, “ruang guru” (yang diisi oleh moderator klub), hingga “ruang founder” yang diisi oleh para pencetus klub “Kelas Bunga Matahari”.

Klub ini juga membuka pintu bagi ide-ide yang kreatif dari para anggotanya selama ide itu bersifat menghibur dan positif, serta membuka kesempatan bagi para anggota klub untuk mengekspresikan bakat yang dimiliki seperti bernyanyi, public speaking, voice over, dan sebagainya. 

Kegiatan apa yang biasanya dilakukan di klub ini?

Kami memiliki banyak kegiatan yang menyenangkan! Selain itu kegiatannya juga mendidik, mengingat kita memang ingin membawa para pendengar di setiap room kita benar-benar merasa seperti di lingkungan sekolah. Kegiatan seru itu bisa dijelaskan seperti berikut! 

UPACARA BENDERA

Siapa yang kangen suasana Upacara Bendera di sekolah? Mengingat kita masih berada di tengah situasi yang tidak menentu, maka klub “Kelas Bunga Matahari” mencetuskan ide untuk mengadakan upacara bendera secara virtual melalui aplikasi Clubhouse yang terdiri dari pengibaran bendera, menyanyikan lagu kebangsaan, dan juga momen mengheningkan cipta. 

Anda bisa mengikuti upacara bendera setiap hari Senin pukul 19.00 WIB. Selain itu, kegiatan ini juga pernah dihadiri oleh Juru Bicara Presiden Joko Widodo, Fadjroel Rachman dan para Duta Besar Pemerintah Indonesia lainnya. Keren, kan?

STUDY TOUR

Sekolah tidak terasa lengkap tanpa study tour, kan? Dengan bergabung di klub ini, Anda bisa menikmati study tour virtual ke room lain di luar “Kelas Bunga Matahari”, di aplikasi Clubhouse. Uniknya, klub ini memanfaatkan beberapa fitur yang dapat mendukung agar kegiatan study tour terdengar lebih nyata dengan menggunakan backsound seperti suara bus sedang berjalan.

Hal ini semakin didukung dengan adanya fitur terbaru dari Clubhouse yaitu spatial audio yang membuat audio terdengar lebih nyata. Seru banget, kan? Jangan lewatkan room ini, setiap Senin pukul 20.00 WIB.

KELAS BAHASA INGGRIS

Namanya juga mengusung konsep sekolah, tentu ada kelas pembelajaran. Nah, belajar bahasa Inggris adalah salah satu kegiatan favorit di klub ini. Para murid atau para Clubhousers yang bergabung di room ini tidak perlu khawatir untuk malu berbicara dan belajar bahasa Inggris, karena “no judgement please” merupakan peraturan yang berlaku di kelas ini. Belajar bahasa Inggris dengan seru tanpa perlu takut salah dapat Anda ikuti setiap Kamis pukul 19.00 WIB.

TAWA TENGAH MALAM (TTM)

Apa yang Anda lakukan di waktu istirahat sekolah? Berbincang-bincang seru dengan teman-teman bukan?  Nah, di sini Anda bisa berinteraksi dan berdiskusi tentang banyak hal dengan para Clubhousers! Anda bisa bergabung di room ini setiap Jumat pukul 21.00 WIB.

PERMAINAN WEREWOLF

Ada satu permainan yang sudah dijadwalkan di klub ini, yaitu permainan “Werewolf”. Pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan permainan yang satu ini kan? Serunya lagi, klub ini menyediakan template borders selama room permainan ini berlangsung lho! Dan tentunya, permainan ini juga berhasil mengundang para Clubhousers lainnya untuk bergabung.

Yuk bergabung dan ikut seru-seruan bareng setiap Sabtu dan Minggu pukul 20.00 WIB.  

Menarik bukan?! Yuk intip bagaimana cara kita bisa melihat jadwal kegiatan secara lengkap dan ikut ngobrol dengan para anggota Kelas Bunga Matahari!

Bergabunglah di klub “Kelas Bunga Matahari” 

Anda dapat bergabung sebagai anggota atau menghadiri klub secara langsung di sini!

Sampai jumpa di sana! Ohya… kami juga sedang menyiapkan kegiatan baru yang tak kalah menyenangkan lho! 

VIEW di Fairmont Jakarta Buka Kembali dengan Konsep dan Chef Baru

Bar yang menyajikan steak untuk dinikmati bersama!  VIEW Restaurant & Bar di Fairmont Jakarta dibuka...

Dokter Milenial dan Youtuber Clarin Hayes Luncurkan Navana

Duo Serum dan Krim Perawatan Wajah untuk Perempuan Muda Aktif Navana hadirkan serum tunggal multipurpose...

Pengumuman Pemenang SEHAT Impact Accelerator

Johnson & Johnson Foundation dan Intellar telah mengumumkan pemenang program perdana SEHAT Impact Accelerator....

- A word from our sponsor -