Apa itu Investasi Bitcoin dan Bagaimana Caranya?

Nilai Bitcoin yang fantastis kembali menarik perhatian publik. Pasalnya, CEO dari mobil Tesla, Elon Musk mendukung Bitcoin sebagai mata uang virtual. Hasilnya, satu Bitcoin senilai Rp72 juta pada bulan Maret tahun lalu, kini berkembang menjadi lebih dari 700 juta saat ini! Bank of Singapore bahkan menilai, Bitcoin bisa menjadi pengganti investasi emas.

Apa itu Bitcoin?

Berbeda dengan mata uang konvensional, Bitcoin merupakan mata uang digital atau crypto currency yang bukan merupakan produk dari bank atau negara. Menggunakan teknologi peer-to-peer, transaksi Bitcoin dapat dilakukan di seluruh dunia dengan klaim biaya transaksi yang lebih murah.

Bagaimana cara kerja Bitcoin?

Bitcoin sendiri berbentuk file komputer yang disimpan dalam dompet digital di aplikasi gadget-mu atau komputer. Setiap orang bisa mengirimkan dan menerima Bitcoin. Setiap transaksi direkam dalam daftar yang terbuka secara publik bernama blockchain.

Sistem ini mencatat riwayat pergerakan Bitcoin, sehingga hal-hal tak diinginkan seperti penggunaan yang tidak seharusnya, pembuatan produk tiruan, atau pembatalan transaksi tidak terjadi.

Bagaimana cara mendapatkan Bitcoin?

Kamu dapat membeli Bitcoin menggunakan uang konvesional. Selain itu, kamu juga bisa menjual barang dan meminta pembayaran dalam bentuk Bitcoin. Salah satu cara lainnya adalah mining, yang didapatkan dengan bekerja sebagai auditor yang melakukan verifikasi dari transaksi Bitcoin.

Di mana bisa membeli Bitcoin di Indonesia?

Regulasi mengenai aset crypto berada di bawah pengawasan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Untuk kamu yang tertarik berinvestasi di Bitcoin atau aset crypto lainnya dapat mendaftar di perusahaan pedagang yang terdaftar di Bappebti.

Perusahaan-perusahaan tersebut adalah PT Indodax Nasional Indonesia, PT Crypto Indonesia Berkat, PT Zipmex Exchange Indonesia, PT Indonesia Digital Exchange, PT Pintu Kemana Saja, PT Luno Indonesia LTD, PT Cipta Koin Digital, PT Tiga Inti Utama, PT Upbit Exchange Indonesia, PT Bursa Cripto Prima, PT Rekeningku Dotcom Indonesia, PT Triniti Investama Berkat, dan PT Plutonext Digital Aset.

Investasi Bitcoin memang menarik untuk ditelusuri. Namun, sebelum berinvestasi, jangan lupa untuk memiliki tabungan, dana darurat, dan asuransi. Mengembangkan aset itu penting, namun perlindungan masa depan keluarga juga perlu kamu lakukan.

Kamu bisa mulai dengan Asuransi Bebas Rencana Optimal, perlindungan jiwa berjangka komprehensif dengan manfaat hingga 10x Uang Pertanggungan.

Tinggalkan nama dan No. HP kamu di SINI, agar dapat dihubungi oleh Agen FWD Insurance untuk informasi lebih lanjut!

SCOP3, Debutan Baru Ronald Liem dan Rene Mayer

Lahir dari pemikiran visioner seorang profil kawakan di industri media, Ronald Liem bersama rekannya...

Mengenal Kepribadian di Balik Warna Pakaian

Miliki variasi pilihan warna pakaian dari Beatrice Clothing untuk memulai tahun baru yang lebih...

Episode Gading Serpong: Unfolding History, Retelling the Story

JHL Collections yang merupakan hotel management di bawah naungan JHL Group menyongsong harapan baru...

- A word from our sponsor -