Efektivitas Bekerja dari Rumah di LINE Indonesia

  • LINE Indonesia mendukung program pemerintah dalam upaya pencegahan Covid-19 dengan memberlakukan program WFH
  • ​​Berbagai kebijakan baru diberlakukan untuk memberikan dukungan kerja karyawan

Mendukung progam pemerintah sebagai salah satu upaya dalam pencegahan meluasnya pandemi Covid-19 di Indonesia, LINE Indonesia yang memiliki kantor di daerah Jakarta Selatan memberlakukan program Work From Home yang berlangsung lebih dari satu tahun dimulai pada Bulan Maret 2020.

Program remote working atau bekerja dari rumah dilakukan secara berkelanjutan untuk seluruh karyawan LINE di Indonesia. Mengerti akan banyaknya kendala yang mungkin terjadi dalam dunia tanpa mobilitas secara fisik, berbagai program karyawan dilakukan untuk mendukung terciptanya suasana kerja yang efektif dan kondusif.

​Rina Sartika, Direktur HR, LINE Indonesia mengatakan bahwa, “Keselamatan dan kesehatan para karyawan menjadi prioritas utama kami selama masa pandemik ini. Kami percaya bahwa situasi kerja yang mendukung dan komunikasi yang lancar adalah kunci penting dalam mencapai tujuan pekerjaan dalam berbagai kondisi baik bekerja di kantor ataupun di rumah.”

“Oleh sebab itu kami selalu berupaya untuk memberikan berbagai macam dukungan yang dibutuhkan untuk menjaga tingkat produktifitas mereka dalam melaksanakan kegiatan bekerja sehari-hari.” 

Beberapa jenis dukungan dalam bentuk tunjangan untuk menciptakan suasana kerja di rumah pun diberlakukan selama masa pandemik, di antaranya adalah tunjangan working station seperti pembelian meja, kursi dan peralatan yang dibutuhkan untuk bekerja, tunjangan olahraga untuk menjaga imunitas tubuh di mana karyawan dapat menggunakannya untuk mengikuti kelas olahraga online berbayar, tunjangan kelas online lain yang berhubungan dengan keahlian dan kesehatan mental.

LINE juga secara berkala memberikan program responsif terhadap kesehatan seperti pengiriman paket kesehatan seperti vitamin, masker dan lain-lain juga dilakukan. Kanal komunikasi dengan departemen human resource juga dibuka untuk mendengarkan permasalahan yang dihadapi oleh karyawan untuk mencari solusi yang dapat dilakukan.

Perubahan pola kerja yang terjadi di masa awal pandemi kini telah menjadi kebiasaan baru yang diadaptasi oleh seluruh sebagian besar masyarakat di Indonesia.

“Di awal pandemik dulu, saya termasuk susah untuk mengatur waktu dari bekerja, mengurus pekerjaan rumah, seperti tidak ada me time, waktu cepat sekali berlalu. Tapi dengan komunikasi yang teratur dengan tim dan dukungan working station dari kantor, sekarang terasa jauh lebih efektif karena saya bisa hemat waktu perjalanan pergi dan pulang dari kantor untuk hal lain, saya juga  belajar mengatur prioritas pekerjaan,” ujar Aldo Kelvianto, Software Engineer, LINE Indonesia.

Internal Hack Day 2021

Kiri ke kanan (atas): Farhan Ramadan (Product Designer), Wildan Anky Putra (Product Manager), Nico Dharmaputra (Strategy & New Business).

Kiri ke kanan (bawah): Aldo Kelvianto (Software Engineer), Putu Agya (Product Designer)

Sebagai perusahaan global yang beroperasi di banyak negara seperti Korea, Jepang, Taiwan, Thailand dan lain-lain, LINE juga kerap mengadakan sejumlah program yang memungkinkan karyawan untuk berkompetisi secara aktif demi perkembangan diri dan perusahaan. Salah satunya adalah Hack Day yang diadakan beberapa waktu lalu di mana LINE Indonesia mengirimkan perwakilannya untuk berkompetisi dalam merancang layanan baru bagi pengguna.

LINE pun telah mengadaptasi sistem kerja hybrid dimana karyawan dapat memilih dan mengatur waktu untuk bekerja di kantor atau di rumah. LINE Indonesia pun akan memikirkan pilihan ini untuk pola kerja di masa yang akan datang setelah Indonesia berhasil keluar dari pandemk Covid-19.

Staycation at PHMHotels

Dengan Paket Co-Living & Co-working PHMHotels menawarkan pengalaman menginap baru dengan menghadirkan paket menarik terinspirasi...

Twist Your Day dengan Fruit Fusion Series Baru dari Fore Coffee

Fore Coffee kini meluncurkan rangkaian seasonal menu baru, yaitu Fruit Fusion Series yang memadukan kopi...

“Everything but Quiet”

Kampanye model pertama Mercedes-AMG E Performance: Sebuah hasil kolaborasi yang menarik antara artis dunia...

- A word from our sponsor -