Rapid Test Antigen dengan Abbott Panbio Antigen Nasal

Nyaman dan Tidak Invansif

Lebih dari akurasinya yang tinggi, proses pengambilan sampel sekresi dengan Abbott Panbio antigen nasal tidak menimbulkan rasa sakit sama sekali. Proses usap hidung untuk mengumpulkan spesimen tidak berlangsung invansif karena pengambilan sampel hanya dilakukan sedalam 2 cm dari permukaan lubang hidung.

Sebagai  pegawai pada sebuah lembaga independen pengawas persaingan usaha, Nugraheni mendapat jadwal dinas keluar kota minimal sekali sebulan. Sesuai aturan pemerintah, ia pun harus selalu menunjukan surat keterangan hasil negative rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1 x 24 jam sebelum keberangkatan.

“Waktu awal-awal sih suka agak cemas, tapi lama-lama jadi biasa. Tapi yang kadang kadang bikin males, karena skill petugas yang menangani beda-beda. Ada yang lembut jadi tidak terasa sakit, tapi banyak juga yang nyolokinnya ‘sadis’ sampai keluar air mata. Ada juga yang nyoloknya secukupnya sehingga terasa lebih nyaman,” kisah wanita berperawakan mungil itu tentang proses rapid test antigen yang sering ia alami.

Tak beda jauh dengan Nugraheni, Dwi dan Mayra juga mengaku proses rapid test antigen sering menjadi momok tersendiri karena ketidaknyamanan yang mereka rasakan.

“Sakit banget karena nyoloknya sampai ke belakang hidung, aku sampai sering nangis,” ujar Dwi, jurnalis yang selama masa pandemi covid ini sempat mendapatkan tugas  liputan keluar kota.

Selain untuk keperluan bepergian, beberapa kali rapid test antigen juga harus ia alami saat masuk sebuah perkantoran/instansi untuk keperluan terkait tugas jurnalistiknya.

“Kalau nggak pinter nakesnya dan terlalu dalam nyoloknya, memang suka sakit. Makanya, kalau ada alternatif rapid test yang lebih nyaman, saya mau juga,” timpal Mayra, pegawai Ditjen Migas yang hampir tiap minggu melakukan perjalanan dinas keluar kota.

Metode swab antigen bertujuan untuk mencari atau mendeteksi adanya protein dari virus SARS-CoV-2 yang menyebabkan COVID-19. Selain mengungkapkan bila seseorang terinfeksi patogen seperti virus SARS-CoV-2, rapid test antigen juga bisa digunakan sebagai tes skrining, sehingga tindakan pencegahan penularan infeksi dapat segera dilakukan.

Abbott Panbio Antigen Nasal, Solusi Kenyamanan Rapid Test Antigen

Proses pengambilan sampel sekresi dalam rapid test antigen dengan memasukan alat test yang cukup panjang sampai ke bagian paling atas tenggorokan yang posisinya di belakang hidung memang sering dikeluhkan oleh banyak pasien khususnya bagi yang baru pertama kali menjalani tes swab antigen. Sampel kemudian diletakan ke dalam botol untuk uji selanjutnya.

Pada kasus tertentu, sejumlah pasien bahkan mengalami luka berdarah pada hidung pasca tes swab antigen berlangsung. Tidak heran kalau proses tersebut bisa menimbulkan trauma tersendiri, apalagi bagi anak-anak yang kulit hidungnya relative lebih sensitif dibandingkan orang tua.

Namun Tri Laksono, seorang karyawan swasta yang tertempat tinggal di Bogor menemukan solusinya beberapa waktu lalu. Pertengahan April, saat akan melakukan perjalanan keluar kota dengan kendaraan pribadi bersama keluarganya, ia melakukan rapid test antigen sekeluarga di sebuah klinik yang menyediakan drive thru di Bogor.

Di klinik lab tersebut, Tri mendapatkan 2 jenis tawaran swab rapid test antigen yaitu paket standar dan premium.

“Kami memilih yang premium menggunakan Panbio Antigen Nasal dari Abbott karena tingkat akurasinya tinggi. Apalagi dibandingkan dengan paket yang standar, selisih biayanya tidak terlalu jauh, tidak sampai 50 ribu rupiah,” ujarnya.

Sekilas informasi, alat rapid tes Panbio™ COVID-19 Ag adalah alat uji aliran lateral untuk deteksi cepat kualitatif virus SARS-CoV-2 yang andal, praktis dan terjangkau.

Panbio COVID-19 Ag bertanda CE, telah menerima Emergency Use Listing (EUL) atau Daftar Penggunaan Darurat dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan sudah tentu telah memiliki ijin edar dari Kemenkes hingga memenuhi syarat penggunaan yang ditetapkan oleh Kemenkes.

Tes rapid Abbott Panbio antigen nasal tidak memerlukan instrumentasi dan memberikan hasil sekitar 15 menit. Dengan proses yang simple, alat ini sangat cocok untuk pengujian dalam skala besar pada berbagai keadaan dan kondisi masyarakat. Tes Panbio COVID-19 Ag telah digunakan secara luas di Eropa, Asia, dan Afrika.

Hasil studi klinis oleh Abbott terhadap 585 sampel menunjukkan bahwa uji Panbio COVID-19 Ag memiliki sensitivitas (kecocokan positif) sebesar 98,1% dan spesifisitas (kecocokan negatif) 99,8% pada orang yang diduga terpapar COVID-19 atau mengalami gejala-gejala akibat virus tersebut dalam tujuh hari terakhir.

Lebih dari akurasinya yang tinggi, Tri Laksono tidak menduga, proses pengambilan sampel sekresi dengan alat dari Abbott Panbio antigen nasal ternyata tidak menimbulkan rasa sakit sama sekali. Proses usap hidung untuk mengumpulkan spesimen tidak berlangsung invansif karena hanya membutuhkan pengambilan sampel sedalam 2 cm dari permukaan lubang hidung.

Tri hanya perlu memiringkan kepala ke belakang kira-kira 70 derajat, lalu kapas bertangkai dimasukkan ke lubang hidungnya sambil diputar dengan hati-hati sampai kedalaman lebih kurang 1 inci (sekitar 2cm). Setelah itu ia rasakan kapas diputar lima kali mengelilingi dinding hidung. Dengan menggunakan kapas yang sama, prosedur diulangi pada lubang hidung kedua, sebelum akhirnya dikeluarkan dari lubang hidung secara perlahan.

Tri merasa nyaman sehingga ia pun tidak khawatir terhadap reaksi anak-anaknya yang terlihat tenang ketika diambil sampel sekresinya. Produk ini cocok digunakan oleh siapa saja, termasuk anak-anak yang memiliki kondisi hidung cenderung lebih sensitif dibandingkan orang dewasa, remaja, hingga lansia.

“Sebelumnya saya sudah beberapa kali melakukan swab test antigen, dan rasanya memang lebih sakit. Swab dengan Panbio nasal ini ternyata tidak sakit,” ujarnya.  

Tri Laksono menyatakan, ia akan memilih Panbio dari Abbott kalau lain waktu memerlukan rapid test antigen lagi. “Ya (alasannya) karena nggak sakit, tingkat akurasinya tinggi dan harga (relatif) murah. Jadi manusiawi lah kalau lain kali saya pilih lagi Panbio antigen nasal ini,” ujarnya.

Perkara teknik ini, Hilda, tenaga kesehatan yang menangani lab drive thru Halodoc di Tomang, Jakarta sejak Januari 2021 menjelaskan, efektivitas dan kenyamanan pasien dalam proses pengambilan sampel sekresi merupakan salah satu kelebihan metode dan teknologi dari Panbio Abbott antigen nasal. 

Berbeda dengan alat lain yang proses pengambilan sampelnya sampai ke nasofaring (sampai ke pangkal tenggorokan), Abbott Panbio antigen nasal ini mudah dilakukan yaitu hanya di dinding hidung dengan kedalaman 2cm dari ujung hidung.

“Sejauh ini tidak ada kata lain selain nyaman dibandingkan alat lain yang membuat pasien merasa kurang nyaman karena pengambilan sampelnya lebih dalam,” ujarnya

Pasien Nyaman, Nakes Aman

Hilda mengakui, sejauh ini permintaan swab antigen dengan metode nasofaring memang masih lebih banyak dibandingkan metode nasal di lab Tomang. Namun menurutnya,  setelah diberi tahu kelebihan teknik nasal baik dari sisi kenyamanan maupun efektivitas serta akurasinya yang tinggi, pasien-pasien tersebut biasanya memilih beralih ke Panbio antigen nasal.

Tak hanya memberikan rasa nyaman kepada pasien, proses pengambilan sampel sekresi yang simpel juga memberi kemudahan kepada tenaga kesehatan (nakes) yang bertugas. Nakes tidak perlu waktu lama untuk berinteraksi dengan pasien sehingga meminimalkan risiko yang mengganggu seperti batuk dan bersin.

Dengan waktu pengambilan sampel yang lebih singkat, berarti tindakan menggunakan Panbio antigen nasal ini juga mengurangi risiko nakes tertular virus COVID-19.

So, penanggulangan pandemi COVID-19 merupakan tanggungjawab kita semua. Demi Indonesia bebas Corona, tidak ada yang perlu dikhawatirkan dengan uji sampel antigen Covid. Pilih alat yang tepat, akurat serta memberikan rasa nyaman bagi Anda.

Golden Property Awards 2021

Setelah lebih dari satu tahun persiapan, 99 Group bersama Indonesia Property Watch (IPW) sukses...

Temple of Learning Summit 2021: Evolving the Future-Proof Organization

Banyak hal terjadi setelah era pandemi. Khususnya soal bagaimana sebuah perusahaan dan sumber daya...

Rayakan Ultah ke-75 InterContinental Hotels & Resorts dengan Pengalaman Ultra-eksklusif di Danang

Tahun ini, InterContinental Hotels & Resorts merayakan ulang tahun berliannya, mengundang para tamu untuk...

- A word from our sponsor -