Makan Es Krim Bikin Bahagia?

Oleh Suryo Winarno

Benarkah itu? Makan es krim rasa dingin dan manis bisa melupakan kesedihan karena panas pada musim kemarau di rumah tidak punya pendingin.

Selain itu, kepanasan di jalan naik mobil dan motor tanpa pendingin mudah emosi. Karena itu, jika merasa panas masuklah ke ruang berpendingin badan jadi segar.

Kita tahu beberapa minggu terakhir (pertengahan Mei) sejumlah wilayah di Indonesia merasakan suhu terasa lebih panas dari biasanya. Hal itu terjadi pada siang dan malam hari, yang di rumah tanpa kipas angin terasa sangat gerah.

Ahli cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan bahwa suhu panas harian terjadi mengingat kondisi cuaca cerah pada siang dan malam hari posisi semu matahari berada di sekitar ekuatorial.

Posisi semu matahari saat berada di belahan bumi posisi 19 derajat Lintang Utara, memberi petunjuk bahwa wilayah Indonesia Bagian Selatan ekuator akan menjelang periode angin timuran yang identik dengan musim kemarau.

Hasil Pencatatan BMKG, saat panas ini suhu berkisar 33-35,2 derajat Celsius pada tanggal 16 Mei, dengan suhu tertingi 35,2 derajat Celsius terjadi di Surabaya. Kondisi suhu maksimum tersebut masih dianggap kondisi normal sebab perubahan suhu maksimum harian bergantung pada kondisi cuaca wilayah.

Saat ini sebagian besar wilayah Indonesia memasuki awal musim kemarau dimana tingkat perawanan cukup rendah pada siang hari sehingga masyarakat dihimbau mengantisipasi kondisi cuaca cukup panas (terik pada siang hari), dengan meningkatkan ketahanan tubuh dan menjaga kesehatan dan keluarga.

Prediksi musim kemarau tahun ini diperkirakan berlangsung hingga Desember. Berdasakan prediksi tersebut maka musim panas yang akan berlangsung sekitar 6 bulan, sangat bagus untuk melebarkan sayap usaha bidang es krim.

Musim panas setiap orang membutuhkan pendinginan dalam tubuhnya. Pendinginan tubuh melalui berbagai cara. Di antaranya minum es atau air dingin dari kulkas.

Perlu dipehatikan bahwa es dan air dingin bisa diwujudkan dalam bentuk lain yang lebih menarik, punya kandungan nutrizi memadai, dan memenuhi syarat kesehatan berupa es krim (ice cream).

Pemilihan makanan ini di samping memanfaatkan iklim yang mendukung, juga ikut memperbaiki gizi masyarakat, dan menciptakan lapangan kerja di tengah kesejahteraan masyarakat menurun maupun pengangguran meningkat akibat serangan pandemi korona.

Perlu diketahui negara maju dengan empat musim mampu memproduksi eskrim berjuta-juta gallon, kenapa kita tidak bisa? Sebagai gambaran, produksi eksrim Amerika Serikat 830 juta gallon, Kanada 86 juta, Australia 72 juta, Inggris 59 juta, Jepang 158 juta, Jerman 80 juta, Italia 77 juta per tahun.

Pexels

Kenapa bisa sebesar itu produksinya? Ternyata produksi tinggi dipengaruhi konsumsi eksrim yang tinggi. Indonesia termasuk negara yang sangat rendah konsumsi eskrim yaitu 0,6 liter per kaapita per tahun.

Negara tetangga dekat, misalnya Malaysia konsumsi eksrim per kapita per tahun 2,1 liter, Singapura 5,5 liter, Australia 17,6 liter, USA 22 liter. Meski Indonesia konsumsi eskrim tergolong rendah namun omzet per tahun sudah mencapai Rp 4 triliun.

Sejumlah kelebihan makan eksrim, yaitu pertama, memberikan energi instan. Kandungan karbohidrat dan gula dalam eskrim membuat menjadikan sumber energi instan bagi tubuh. Namun, harus dipastikan tidak boleh makan eskrim berlebihan.

Kedua, menurunkan berat badan. Mengkonsumsi eskrim dengan posisi yang pas membantu menurunkan berat badan. Ini berkat tubuh membutuhkan es untuk membakar kalori yang banyak ketika mengkonsumsi sesuatu yang dingin.

Ketiga, kurangi resiko kanker (bukan kantong kering ya). Sejumlah penelitian mengungkap bahwa mengkonsumsi eskrim membantu mencegah penyakit kanker, terutama kanker usus besar.

Keempat, meningkatkan libido tidak hanya dari rangsangan lawan jenis tapi bisa juga makan es krim. Hal ini dipicu oleh kandungan fosfor dan kalsium dari nutrisi susu (sebagai bahan bakunya) berfungsi meningkatkan libido. Semoga langsung dicoba untuk membuktikannya!

Battle Budaya, Kolaborasi 2 Seni Budaya Ditampilkan di 1 Panggung

Indonesia adalah negeri yang kaya. Tak hanya sebatas pada sumber daya alamnya saja, tapi...

Tips Merawat Miss V

Siapa Bilang Menjaga Kesehatan Reproduksi Itu Sulit? Ini Tips #worryVree Buat Jaga Miss V...

Keep On Moving

Lagu Kolaborasi Whisnu Santika dan Souljah Berikan Semangat Baru di Tengah Pandemi Ciptakan lagu pelipur...

- A word from our sponsor -