Luna Maya dan Rio Dewanto, Nespreso Tastemaker dari Indonesia

Nespresso bekerja sama dengan Luna Maya dan Rio Dewanto sebagai Nespresso Tastemaker untuk mendukung komitmen Nespresso menerapkan karbon netral secara menyeluruh di seluruh produk dan rantai pasokannya. 

Nespresso Indonesia untuk pertama kalinya mengumumkan Luna Maya dan Rio Dewanto sebagai Nespresso Indonesia Tastemaker dari Indonesia. Selain sebagai aktris dan aktor multitalenta, Rio dan Luna juga terkenal sebagai sosok yang kerap peduli akan kelestarian alam, di mana hal ini sesuai dengan komitmen Nespresso sebagai brand mesin dan kapsul kopi yang kerap menggaungkan pesan zero waste sebagai komitmen utama Nespresso. 

Sejak memulai bisnisnya di Indonesia, Nespresso sudah bekerja sama dengan Waste4Change, sebagai perusahaan daur ulang yang akan memisahkan alumunium dengan ampas kopi dari sampah kapsul kopi itu sendiri.

Setelah melalui proses pemisahan, ampas kopi akan dikirimkan ke perkebunan kopi Nespresso di Jawa Barat untuk dijadikan pupuk kompos. Pupuk kompos tersebut akan digunakan oleh petani kopi Nespresso sebagai media tanam demi meningkatkan kualitas hasil panen biji kopi Nespresso. 

Nespresso menunjukkan kemungkinan tanpa batas dari hasil daur ulang alumunium dengan tujuan dapat menginspirasi konsumen dan menunjukkan bahwa kontribusi mereka sangat berarti untuk membawa dampak positif untuk jangka panjang. 

Khususnya di tahun ini, Nespresso berkomitmen memulai penerapan karbon netral yang akan terlaksana secara menyeluruh di tahun 2022 untuk seluruh produk, baik produk rumahan maupun produk untuk konsumen bisnis.

Komitmen ini diambil setelah Nespresso telah menerapkan pengurangan emisi karbon dan limbah dengan cara agroforestri. 

“Perubahan iklim merupakan hal yang nyata dan masa depan kita juga sangat bergantung pada komitmen berkeberlanjutan yang dilakukan secara lebih lagi. Karena itu, kami mengakselerasi komitmen kami dengan harapan konsumen kami dapat menikmati secangkir kopi berkarbon netral di tahun 2022. Secangkir kopi dari biji kopi langka dan terbaik, yang diolah secara berkelanjutan. Saya percaya bahwa bisnis ini beserta industri kopi dapat bersatu untuk mengatasi isu global ini,” jelas Guillaume Le Cunff, CEO Nespresso

Setelah mencapai netralitas karbon di operasi bisnis (tahap 1 & 2) sejak 2017, kali ini Nespresso kembali berkomitmen untuk mengurangi emisi karbon yang muncul di rantai pasokan dan siklus hidup produk (tahap 3). 

Nespresso akan mencapai netralitas karbon melalui inisiatif-inisiatif berikut: pengurangan emisi karbon; penanaman pohon di sekitar ladang kopi di mana Nespresso mengolah kopinya (insetting); serta melalui dukungan dan investasi terhadap proyek pengimbangan berkualitas tinggi. 

1. Pengurangan emisi karbon: Elemen krusial di dalam visi Nespresso untuk mendekarbonasi rantai nilai (value chain). Inisiatif ini terdiri dari: 

  • Penggunaan energi berkelanjutan di dalam operasi Nespresso: Bertujuan untuk 100% penggunaan energi terbarukan di seluruh butik Nespresso dan meningkatkan penggunaan biogas dalam proses manufaktur. 
  • Memperluas sirkulasi produk dan kemasan Nespresso: Meningkatkan penggunaan plastik daur ulang untuk mesin Nespresso, serta aluminium rendah karbon untuk kapsul kopi agar mudah di daur ulang 

2. Penanaman pohon di ladang kopi dan sekitarnya (insetting): Pohon merupakan cara terbaik untuk menangkap karbon di atmosfer sekaligus untuk perbaikan alam dan membangun sistem pertanian regeneratif. Penanaman pohon juga menciptakan udara teduh yang dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas panen kopi. Akar pohon juga dapat mencegah erosi tanah dan tanah longsor, serta meningkatkan regenerasi tanah.

Bekerja sama dengan Pur Projet, Nespresso akan meningkatkan kapasitas penanaman pohon (dengan teknik insetting) sebanyak tiga kali lipat di negara-negara yang memproduksi kopi, seperti Kolombia, Guatemala, Etiopia, dan Kosta Rika. 

3. Program akselerasi untuk memperoleh dampak positif secara langsung (inisiatif menyeimbangkan): Nespresso juga akan berinvestasi di dalam proyek-proyek yang mendukung konservasi dan restorasi hutan, sekaligus mengimplementasikan solusi energi bersih bagi komunitas petani. 

Komitmen karbon netral ini merupakan salah satu dari visi Nespresso dalam program berkelanjutan yang akan terus dijalankan di tahun ini: yaitu untuk melestarikan kopi, membangun pertanian kopi yang kuat dan regeneratif, menciptakan mata pencarian berkelanjutan bagi petani, serta bisnis berkelanjutan. 

About Nestlé Nespresso SA  

Nestlé Nespresso SA is the pioneer and reference for highest-quality portioned coffee.  The company works with more than 110,000 farmers in 15 countries through its AAA Sustainable Quality™ Program to embed sustainability practices on farms and the surrounding landscapes.  

Launched in 2003 in collaboration with the NGO Rainforest Alliance, the program helps to improve the yield and quality of harvests, ensuring a sustainable supply of high quality coffee and improving livelihoods of farmers and their communities.  

Headquartered in Lausanne, Switzerland, Nespresso operates in 82 countries and has over 13’900 employees. In 2020, it operated a global retail network of 816 boutiques.

For more information, visit nestle-nespresso.com

VIEW di Fairmont Jakarta Buka Kembali dengan Konsep dan Chef Baru

Bar yang menyajikan steak untuk dinikmati bersama!  VIEW Restaurant & Bar di Fairmont Jakarta dibuka...

Dokter Milenial dan Youtuber Clarin Hayes Luncurkan Navana

Duo Serum dan Krim Perawatan Wajah untuk Perempuan Muda Aktif Navana hadirkan serum tunggal multipurpose...

Pengumuman Pemenang SEHAT Impact Accelerator

Johnson & Johnson Foundation dan Intellar telah mengumumkan pemenang program perdana SEHAT Impact Accelerator....

- A word from our sponsor -