Kopi Sang Primadona

Nadia’s Note

Kopi menjadi salah satu komoditi penting di Indonesia. Perkembangannya sangat pesat, dari hulu ke hilir. Hal itu terungkap dalam sebuah diskusi “Kopi Sang Primadona” yang diadakan Cibinong, Bogor, Sabtu, 20 Maret 2021.

Mengutip Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian Kementerian Pertanian, konsumsi kopi nasional pada 2016 mencapai sekitar 249.800 ton, dan tumbuh menjadi 314.400 pada 2018. Pada 2021 konsumsi kopi diperkirakan naik hingga 370.000 ton.

Yang menggembirakan, Indonesia berhasil masuk sebagai salah satu produsen biji kopi terbesar keempat di dunia (2019). Dengan jumlah rata-rata kopi yang dihasilkan adalah sekitar 742.000 ton.

Tidak salah, kopi Nusantara sudah menjadi primadona di negeri sendiri. Tempat-tempat ngopi banyak bertebaran, sekarang ini, dari coffee shop mewah hingga kedai kopi sederhana.

Bogor, misalnya, punya segudang tempat ngopi yang asyik dikunjungi, banyak yang kekinian dan instagramable, sehingga menarik perhatian para pecinta kopi dari mana-mana.

Salah satunya Kopi Daong. Berlokasi di Pancawati, Caringin, Bogor, venue ini sangat populer, tidak hanya oleh warga setempat tentunya, tapi juga warga Jabodetabek.

Menuju ke sana, para pecinta kopi harus menempuh perjalanan yang cukup panjang. Namun semua itu akan terbayarkan dengan pemandangan indah yang menyegarkan mata.

Kopi Daong, seperti disebut Kevov Rhamli, manajer operasionalnya, memang bukan sekadar tempat ngopi, tapi juga menjadi sarana yang tepat untuk memperkenalkan Bogor sebagai destinasi wisata yang indah dan menarik.

Industri pariwisata di Bogor saat ini terus berkembang, diimbangi oleh anak-anak muda yang banyak membangun kedai dan kafe yang menjual kopi Nusantara.

Well, kopi memang tidak sekadar komoditi, tapi budaya kopi sendiri dapat dikembangkan menjadi destinasi wisata, dengan catatan, para pelaku usaha bisa mengelola dan menghasilkan kopi yang khas dan unik.

Sebagai penghasil kopi terbesar keempat di dunia, kita memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan dalam hal pariwisata. Kopi bisa menjadi salah satu daya tarik wisata Indonesia.

Kolom Nadia Hasna Humaira

Nespresso Master Origin Nicaragua La Cumplida Refinada

Hasil Kolaborasi Nespresso dengan Pengrajin Lokal Nespresso mengajak penikmat kopi merasakan keahlian istimewa dan kerajinan...

3 Kandungan Jitu Kembalikan Kelembaban Bibir Saat Berpuasa

Tak terasa, bulan Ramadan telah memasuki minggu terakhirnya di tahun ini. Setelah berpuasa selama...

Serial HBO In Treatment Hadir Lagi, Season Keempat

Season 4 Dibintangi Aktris Peraih 3 Emmy® Uzo Aduba Serial drama pemenang Emmy® In Treatment akan hadir...

- A word from our sponsor -