Program CSR Shopee

Shopee Resmikan Pembangunan Pompa Air di NTT bersama Panglima Kodam IX/UDAYANA dan Yayasan Nekmese Mitulu Thalinto 

Dukung Upaya Pemenuhan Kebutuhan Air Bersih, Shopee Bangun Pompa Air di Desa Toi, Desa Watunggene, Desa Sadi, Desa Pana dan Desa Dafala 

Kemarau berkepanjangan yang terjadi sejak Maret 2020 menyebabkan beberapa titik di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) mengalami krisis air bersih.

Shopee bersama Maruli Simanjuntak selaku Pangdam Udayana yang membawahi Bali, NTT dan NTB melakukan peresmian pembangunan pompa air di beberapa titik desa yang terdampak antara lain Desa Toi Kabupaten TTS, Desa Watunggene Kabupaten Manggarai, Desa Sadi di Kabupaten Belu, Desa Pana di Kabupaten TTS dan Desa Dafala Kabupaten Belu dengan total ribuan jiwa penduduk.

Inisiatif pembangunan pompa air merupakan upaya dalam memberikan solusi serta mengambil peran dalam mengatasi krisis air bersih guna memenuhi kebutuhan dasar sehari-hari masyarakat setempat. 

Air yang merupakan kebutuhan esensial bagi kehidupan mulai dari keperluan sehari-hari hingga penentu produktivitas perkebunan karena salah satu mata pencaharian utama diperoleh dari jagung dan bawang.

Terlebih lagi, air bersih sangat diperlukan di tengah pandemi sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19. Berbagai pengalaman serta kesulitan harus dihadapi oleh masyarakat setempat untuk memenuhi kebutuhan air bersih. 

Masyarakat yang tinggal di sebagian besar kabupaten di NTT harus menempuh jarak yang tidak dekat dan medan yang tidak mudah untuk mengakses sumber air bersih yang digunakan untuk kegiatan rumah tangga.

Salah satu cerita datang dari Desa Pana, Kecamatan Kolbano, TTS, NTT dengan total 1.717 penduduk, yang menjadi salah satu desa yang mengalami krisis air. Dalam kesehariannya, warga harus berjalan hingga 1 km lebih dengan menuruni bukit yang curam dan licin.

Seperti yang dilakukan oleh Mama Eda, seorang ibu berumur 52 tahun yang harus memulai harinya dari pukul 3 pagi untuk mengambil air bersih, guna memenuhi kebutuhan air minum, mencuci, mandi dan memasak untuk keluarganya. 

Handhika Jahja, Direktur Eksekutif Shopee Indonesia mengatakan, “Salah satu misi Shopee di Tanah Air adalah membantu meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat dan memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi sehari-hari terutama kebutuhan dasar seperti air bersih. Kami senang sekali mendapat kesempatan untuk bekerjasama dan mendukung program Panglima Kodam IX/Udayana dalam memberikan solusi dengan membangun pompa air di titik-titik desa yang sangat terdampak.”

“Ke depannya, dengan terpenuhinya kebutuhan sumber air bersih, kami berharap warga di NTT semakin dapat mandiri dalam mencapai kebutuhan lainnya yang dapat dimulai dengan air bersih, seperti sistem irigasi dan pengairan perkebunan yang lebih baik serta pemeliharaan peternakan hewan yang lebih memadai.” 

Mayor Jenderal TNI Maruli Simanjuntak mengatakan, “Kami sangat mengapresiasi dukungan dari Shopee Indonesia sejak awal hingga saat ini berhasil untuk membangun pompa air di beberapa titik desa terdampak. Inisiasi ini telah disambut dengan baik oleh tim Shopee dan kami telah melakukan berbagai proses pembangunan pompa air bersama, langsung di NTT.”

“Tentu kami berharap cerita keseharian Mama Eda dan warga lain yang terdampak segera mendapatkan solusi dan tidak lagi mengalami kesusahan dengan adanya inisiasi penyediaan pompa air bersih serta berkelanjutan dengan pertanian dan peternakan bersama Shopee.” 

Shopee meresmikan pembangunan pompa air bersama Panglima Kodam IX/UDAYANA dan Yayasan Nekmese Mitulu Thalinto ditandai oleh pembangunan sumur di Desa Pana, Kecamatan Kolbano, Kabupaten TTS.

Dengan diresmikannya inisiasi ini, pembangunan pompa air dapat berlanjut dan diselesaikan dalam waktu dekat, sehingga banyak warga yang dapat terbantu lebih cepat.

“Sebelumnya untuk mencapai sumber air bersih, kami harus bangun pagi dan menempuh jarak jauh menggunakan tenaga kami untuk mendaki gunung baru kami tiba. Sejak saat itu kami hanya bisa berdoa dan penantian panjang kami sejak awal krisis air bersih melanda akhirnya sebentar lagi berakhir. Kami sangat bersyukur terhadap kepedulian Shopee, karena pembangunan pompa air telah membantu masyarakat khususnya di desa terdampak. Semoga pembangunan pompa cepat usai sehingga kami bisa kembali menjalankan kehidupan normal dan terbebaskan dari krisis air bersih. Terima kasih sekali lagi untuk Shopee, Panglima Kodam IX/UDAYANA dan Yayasan Nekmese Mitulu Thalinto atas inisiasi baiknya, sangat berarti bagi kehidupan kami”, tutup Mama Eda, salah satu warga terdampak krisis air bersih di NTT. 

Serial HBO In Treatment Hadir Lagi, Season Keempat

Season 4 Dibintangi Aktris Peraih 3 Emmy® Uzo Aduba Serial drama pemenang Emmy® In Treatment akan hadir...

Jababeka Berkomitmen Wujudkan Sport City

Siap Helat Turnamen Golf dan Duathlon Nasional Jababeka, sebuah mega-cluster seluas 34 hektare berkonsep sport...

ii-Motion 2021

Pacu Ekspor Produk Fesyen Muslim Kementerian Perindustrian gencar mendorong pelaku industri feysen muslim di tanah...

- A word from our sponsor -