Ananda Sukarlan, “Asian Most Influential 2020”

Grup media besar Mobiliari Group telah memasukkan pianis dan komponis kawakan Indonesia, Ananda Sukarlan dalam 100 tokoh seniman Asia paling berpengaruh tahun 2020 “Asian Most Influential (AMI)”.

100 nama ini akan diumumkan lewat group media majalah tersebut, yang tergabung dalam payung Tatler Asia edisi Maret, untuk di tanah air dikenal dengan majalah Indonesia Tatler.

Majalah Tatler sendiri, tersebar di 8 negara yakni Hong Kong, Singapore, Malaysia, Filipina, Mainland China, Taiwan, Thailand dan Indonesia.

Ananda Sukarlan lebih difokuskan karirnya lebih sebagai komponis daripada pianis di penghargaan bergengsi ini, dimana karya-karyanya telah dimainkan, dipelajari dan dijadikan penelitian oleh para musikus di 8 negara Asia bahkan negara-negara lain.

Karya paling populer di antara para musikus Asia adalah karya-karyanya untuk grup musik kecil (trio dan quartet) serta karya piano solonya Rapsodia Nusantara.

Meskipun demikian Tatler Asia juga mengapresiasi dampak konser-konser Ananda di beberapa situs bersejarah di Indonesia yang diproduksi dan ditayangkan melalui kanal YouTube “Budaya Saya”, dari Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan & Kebudayaan RI.

Photo: Peter S. Momor

Video-video ini telah sukses memperkenalkan bukan hanya musik, tapi juga sejarah kejayaan Nusantara ke seluruh dunia.

Selain Ananda Sukarlan, pihak Tatler Asia baru mau “membocorkan” nama seniman Filipina yakni penyanyi Lea Salonga dan seniman instalasi dan seni rupa dari Cina, Xu Bing.

Penghargaan untuk 2020 selain mengapresiasi karier sepanjang hidup para seniman juga difokuskan kepada eksistensi seniman dan karyanya di era pandemi, serta inspirasi atau pengaruh kepada para seniman dalam membawa budaya negeri asalnya ke dunia global. 

Photo: Peter S. Momor

Xu Bing sendiri pernah diadakan pameran karyanya di Museum Macan, Jakarta, awal 2020 lalu. Sedangkan Lea Salonga yang baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke 50, pada Februari 2021 dan sukses dengan album “Bahaghari” membawa lagu-lagu tradisional Filipina menjadi mendunia.

Salonga sejak beberapa tahun terakhir fokus mengembangkan dan mempromosikan budaya negaranya setelah bertahun-tahun berkarir di Broadway serta menjadi aktris Asia pertama yang meraih Tony Awards.

Asia’s Most Influential merupakan segmen dari payung besar daftar “International Who’s Who” di wilayah Asia , termasuk “Impact List” (dipublikasikan Desember 2020) dan sekarang “Culture List” (dipublikasikan Maret 2021).

Photo: Chelsea Pearl Weber

Adapun pianis Ananda Sukarlan, untuk penghargaan ini akan ditampilkan profilnya di majalah Tatler di 8 negara, dengan foto hasil pengambilan fotografer Chelsea Pearl Weber yang mengambil lokasi pemotretan di Dermalounge, Rumah Daksha, Jakarta. (lin)

Sumber: Insert Kabar

Penting, 5 Manfaat Self-esteem Bagi Perkembangan Anak!

Self esteem merupakan kunci terhadap perkembangan anak yang wajib orang tua berikan. Hal tersebut...

ShopeePay Hadirkan Keuntungan Berlipat di 10.10 ShopeePay Double Deals

ShopeePay sediakan promo Buy 1 Get 1 Deals, Voucher Cashback 100%, Flash Sale Rp1,...

5 Inspirasi Aktivitas Seru Selama di Rumah Aja Agar Tetap Produktif

Berada di tengah situasi pandemi yang tidak menentu seperti sekarang ini merupakan tantangan tersendiri...

- A word from our sponsor -