Geliat Industri Fashion

Kreativitas Para Pelaku Industri Fashion Indonesia di Tengah Pandemi

Yusuf Ramdhani dan Ria Miranda berdiskusi mengenai strategi dan cara kreatif industri fashion lokal beradaptasi pada BincangShopee 3.3 Fashion Sale.

Shopee, platform e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan, menghadirkan BincangShopee 3.3 Fashion Sale: Cara Kreatif Industri Fashion Beradaptasi di Pandemi bersama Yusuf Ramdhani, Owner & CMO Geoff Max Footwear dan Ria Miranda, Fashion Designer & Creative Director brand RiaMiranda. 

Inisiatif ini dihadirkan sebagai wadah dan sarana berdiskusi mengenai berbagai tantangan yang dihadapi industri fashion Indonesia serta mengupas tuntas beragam kreativitas para pelaku usaha dalam melakukan adaptasi bisnis di tengah pandemi.

Sudah hampir satu tahun lamanya kita semua dihadapi dengan kondisi pandemi yang tak kunjung usai. Hal ini memaksa berbagai lini industri untuk menyusun kembali strategi agar dapat bertahan dengan keadaan yang ada, tak terkecuali industri fashion yang cukup terdampak akibat terjadinya pandemi saat ini.

Para pelaku industri fashion pun dituntut untuk dapat menyesuaikan dengan perubahan perilaku masyarakat Indonesia, seperti dengan maraknya tren quarantine fashion yang memunculkan berbagai jenis pakaian dengan desain santai namun tetap dapat digunakan saat work from home. 

Dengan adanya keterbatasan mobilitas, digitalisasi juga menjadi kunci penting dalam melakukan pemasaran, memperluas jangkauan, serta sebagai media komunikasi dengan target pasar secara keseluruhan.

Daniel Minardi, Director of Business Partnership Shopee Indonesia mengatakan, “Pandemi memberikan dampak signifikan terhadap berbagai lini industri, termasuk industri fashion. Shopee berkomitmen untuk selalu menjadi perpanjangan tangan para pengguna kami untuk melengkapi kebutuhan fashion dari rumah selama masa pandemi.”

“Lebih dari itu, kami juga senantiasa terus berusaha menjadi pendukung para pelaku usaha industri fashion untuk berkembang bersama kami melalui rangkaian inovasi, salah satunya seperti kampanye Shopee 3.3 Fashion Sale. BincangShopee kali ini kami harapkan dapat menjadi wadah edukasi serta inspirasi bagi para pegiat industri fashion lokal Indonesia untuk berdiskusi dan tetap terus berkarya memunculkan inovasi-inovasi kreatif meski dihadapkan dengan berbagai tantangan.”

Yusuf Ramdhani, Owner & CMO Geoff Max Footwear, menambahkan, “Saya senang sekali telah diberi kesempatan untuk berpartisipasi di acara ini, untuk membahas mengenai kreativitas industri fashion lokal Indonesia selama masa pandemi.”

“Sebagai platform e-commerce dengan jutaan pelanggan setia, Shopee telah menjadi bagian besar dari suksesnya perkembangan bisnis fashion lokal Indonesia selama masa pandemi dengan memberikan kesempatan untuk memaksimalkan potensi penjualan produk dengan jangkauan pasar yang lebih luas.”

“Saya harap dengan pengetahuan yang telah saya bagikan bersama dengan BincangShopee bisa dijadikan inspirasi serta motivasi bagi para pegiat industri fashion lokal di luar sana untuk bisa bangkit dan tetap sukses di tengah keterbatasan.”

Ria Miranda turut memberikan rahasianya bagi para pegiat industri fashion Indonesia agar bisa sukses beradaptasi di tengah pandemi, antara lain:

  1. Mengatur ulang skenario keuangan. Dengan adanya kondisi pandemi, tentu terjadi perubahan yang signifikan terhadap operasional bisnis secara keseluruhan dan diperlukan adanya penyesuaian akan hal ini. Yang terpenting dan harus dikonsiderasi adalah usaha untuk merestrukturisasi ulang cash flow serta target bisnis agar bisa sesuai dengan keadaan yang sedang dihadapi.
  2. Membangun komunikasi yang baik dengan tim internal. Karena kita tidak mungkin menjalankan bisnis secara sendiri, penting untuk adanya arus komunikasi yang baik antar tim internal agar semuanya bisa saling membantu memahami kondisi yang ada serta beradaptasi bersama dengan tujuan akhir yang sama.
  3. Mengatur jumlah produksi. Kondisi pandemi mempunyai pengaruh yang cukup besar terhadap menurunnya penjualan produk-produk bisnis fashion. Maka dari itu, kita harus bisa pintar mengatur jumlah produksi seefisien mungkin, hanya sesuai dengan apa yang kita butuhkan dengan jumlah yang terbatas.
  4. Mengoptimalkan kesempatan untuk digitalisasi. Dengan kebanyakan masyarakat Indonesia yang mulai mengandalkan platform digital, kita bisa memanfaatkan momentum ini untuk lebih menginvestasikan bisnis kita dari segi digital, seperti dengan melakukan virtual trunk show, live shopping ataupun sebagai sarana komunikasi dengan target pasar. Kami juga bisa memanfaatkan platform e-commerce seperti Shopee untuk bisa menjangkau lebih banyak lagi pelanggan dari seluruh Indonesia.
  5. Menjadi brand yang solutif. Agar bisa menjadi brand yang sukses, penting sekali memiliki value untuk selalu menjadi solusi bagi setiap permasalahan pelanggan dan juga menjadi brand yang baik untuk sesama. Ini semua bisa kita cerminkan melalui koleksi yang kita luncurkan dengan terus berinovasi menghasilkan produk-produk yang bernilai kebaikan.

Shopee senantiasa terus menghadirkan berbagai kampanye-kampanye baru yang menarik dan inovatif serta menguntungkan bagi para seller dan juga pembeli.

Dalam kemeriahan Shopee 3.3 Fashion Sale, terdapat berbagai macam promo yang dapat dimanfaatkan seluruh pecinta fashion di Indonesia, seperti Gratis Ongkir XTRA, Late Night Sale Semua Di Bawah 33RB dan Beli 3 Ekstra Diskon 30%. 

Nikmati pula periode kampanye ShopeePay Mantul Sale yang akan berlangsung pada 25 – 27 Februari 2021 yang akan menghadirkan banyak penawaran menarik lainnya antara lain, Gratis Ongkir Rp0, ShopeePay Deals Rp1 dan Serba Seribu.

Untuk info lebih lanjut mengenai Shopee 3.3 Fashion Sale, kunjungi shopee.co.id/m/3-3.

Unduh aplikasi Shopee secara gratis di App Store atau Google Play Store, dan segera aktifkan ShopeePay.

Belanja Skin Care di Official Store

Perawatan Kulit Antipanik dengan Belanja Online Kulit merupakan organ terbesar yang memiliki peran penting untuk...

The Unconventionals

Oleh Eileen Rachman & Emilia Jakob Bisnis mulai berkembang dan saatnya bagi perusahaan untuk mempersiapkan...

Accor Adakan Pekan Keberagaman dan Inklusif

Accor mengadakan pekan Keberagaman dan Inklusif (Diversity & Inclusion) melalui kegiatan talk show bertema...

- A word from our sponsor -