Durasi Panggilan Grup di LINE Meningkat Hingga 100%​

Panggilan Grup di LINE Menjadi Salah Satu Layanan Panggilan yang Paling Sering Digunakan Pengguna

  • Desember 2020: Kenaikan durasi panggilan grup di LINE meningkat sebanyak 100% jika dibandingkan periode yang sama tahun 2019
  • ​​Desember 2020: Kenaikan durasi penggunaan layanan panggilan video mengalami kenaikan sebanyak 68% jika dibandingkan periode yang sama tahun 2019
  • ​Desember 2020: Kenaikan rata-rata durasi panggilan 1:1 sesama pengguna meningkat sebanyak 90%

Pandemik Covid-19 yang masih terjadi di berbagai negara di dunia mendorong masyarakat untuk menggunakan berbagai aplikasi komunikasi agar tetap terhubung satu sama lain dengan aman dan mudah.

Sebagai aplikasi komunikasi yang menyediakan beragam fitur menarik, sepanjang tahun 2020 LINE terus memperbarui layanan miliknya sehingga bisa beradaptasi dengan kondisi pandemik.

Pada akhir tahun 2020 lalu, LINE melihat adanya kenaikan penggunaan dari salah satu layanan miliknya, panggilan grup. Dibandingkan Desember 2019, durasi penggunaan panggilan grup LINE meningkat sebanyak 100% pada Desember 2020 kemarin.

“Kondisi pandemik yang mendorong kita untuk tinggal di rumah dan tetap terhubung melalui layanan aplikasi komunikasi menjadi salah satu faktor meningkatnya penggunaan layanan panggilan di LINE,” kata Matthew Tanudjadja, Product & Engineering Lead LINE Indonesia.

“Selain itu, sepanjang tahun 2020 lalu LINE juga terus berinovasi dengan mengeluarkan ragam pembaruan untuk layanan panggilan miliknya yang bermanfaat bagi pengguna, seperti Watch Together di mana pengguna bisa menonton konten YouTube bersama-sama saat melakukan panggilan grup, LINE Meeting yang memungkinkan bertatap muka secara online hingga 500 orang, dan LINE Avatar yang membuat pengguna bisa berkomunikasi di grup dengan menggunakan avatar yang mereka buat di LINE,” jelasnya.

Photo by Laura Chouette on Unsplash

Layanan komunikasi lain yang juga mengalami peningkatan adalah panggilan 1:1 jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Rata-rata durasi panggilan antar sesame pengguna LINE meningkat sebanyak 90% di akhir tahun 2020.

Pun demikian, puncak penggunaan kedua fitur ini tidak terjadi pada bulan Desember. Angka tertinggi penggunaan panggilan grup di LINE terjadi pada Agustus 2020. Sementara durasi tertinggi panggilan 1:1 dan panggilan grup di LINE terjadi pada Desember 2020.

Setali tiga uang, durasi penggunaan layanan panggilan video pada tahun 2020 juga mencapai puncaknya pada bulan September.​

Selain karena situasi pandemik Covid-19, kehadiran sejumlah fitur baru pada layanan panggilan di LINE juga menjadi faktor penggunaan layanan yang lebih tinggi. Sejumlah fitur baru seperti fitur Watch Together memungkinkan penggunanya untuk bersama-sama menonton konten YouTube di panggilan grup tanpa harus berpindah platform.

Selain itu, kebutuhan untuk rapat online yang meningkat juga mendorong LINE Corporation untuk merilis fitur LINE Meeting yang bisa menampung hingga 500 orang. Kehadiran LINE Avatar baru-baru ini yang memungkinkan pengguna untuk memiliki panggilan di grup secara lebih menarik dengan menggunakan avatar juga menjadi faktor unik yang membedakan layanan ini dengan layanan serupa lain.

Melalui misinya, CLOSING THE DISTANCE, LINE akan terus menghadirkan pembaruan terbaru berdasarkan kebutuhan pengguna dan tetap berpegang teguh pada nilai-nilai utama kami yang bertujuan untuk menyediakan layanan komunikasi antar keluarga, teman, dan kerabat.

LINE sekaligus akan menyediakan ragam layanan komunikasi lain serta ragam cara baru dalam mendapatkan informasi yang dioptimalkan bagi pengguna.

Belanja Skin Care di Official Store

Perawatan Kulit Antipanik dengan Belanja Online Kulit merupakan organ terbesar yang memiliki peran penting untuk...

The Unconventionals

Oleh Eileen Rachman & Emilia Jakob Bisnis mulai berkembang dan saatnya bagi perusahaan untuk mempersiapkan...

Accor Adakan Pekan Keberagaman dan Inklusif

Accor mengadakan pekan Keberagaman dan Inklusif (Diversity & Inclusion) melalui kegiatan talk show bertema...

- A word from our sponsor -