Shopee Ajak Berdonasi untuk Bencana Nasional

Donasi yang terkumpul dari pengguna dan Shopee akan disumbangkan ke bencana banjir dan longsor yang tersebar di Sumedang, Kalimantan, Majene, dan Manado.

Pandemi COVID-19 masih berlangsung sejak 2020 hingga sekarang di dunia, termasuk di Indonesia. Namun belum selesai musibah wabah penyakit COVID-19, pada awal tahun 2021 ini, Indonesia kembali berkabung dengan adanya berbagai bencana alam yang tersebar di beberapa titik.

Termasuk diantaranya bencana nasional seperti longsor di Sumedang, Jawa Barat, banjir di Kalimantan, gempa bumi di Majene, Sulawesi Selatan, banjir dan longsor di Manado, Sulawesi Utara, dan lainnya. Hingga saat ini, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatatkan adanya ribuan korban terdampak dari bencana-bencana tersebut.

Handhika Jahja, Direktur Shopee Indonesia mengatakan, “Di tengah situasi genting saat ini, penting bagi setiap individu, pemerintah, serta berbagai lembaga untuk bekerja sama membantu daerah serta korban terdampak bencana alam yang tersebar di Indonesia.”

“Shopee selalu berkomitmen untuk meningkatkan kehidupan semua orang Indonesia, dan kami bertekad untuk memainkan peran kami untuk mendukung dan membantu semua masyarakat yang terkena dampak untuk dapat bertahan dan membangun kembali kehidupan mereka pascabencana yang tidak menguntungkan ini. Oleh karenanya, kami mengajak para pengguna untuk menyalurkan sedikit rezekinya berdonasi bagi mereka yang membutuhkan, yang terdampak dari bencana alam ini bersama Shopee.”

Pada tahun lalu, Shopee Indonesia telah menghadirkan inovasi terbaru sebagai hasil kolaborasi bersama Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui fitur Peringatan Dini Bencana Alam. Dengan diresmikannya kerja sama ini, pengguna Shopee Indonesia dimanapun mereka berada dapat mengakses informasi dan peringatan bencana alam khususnya gempa bumi dan tsunami, melalui tampilan push notification sesuai dengan lokasi tempat tinggal.

Hal ini merupakan upaya Shopee dalam berperan sebagai penyalur informasi dari BMKG untuk para pengguna Shopee yang tersebar di Indonesia agar lebih waspada terhadap potensi bencana di wilayah masing-masing. 

Selain meluncurkan fitur inovasi push notification peringatan bencana alam bersama BMKG, Shopee kini juga mengajak pengguna untuk menyalurkan donasi bagi korban terdampak dari berbagai bencana nasional yang tercatat sejak awal bulan Januari 2021 hingga hari ini.

Bekerja sama dengan berbagai lembaga penyalur donasi seperti Rumah Zakat, Baznas, Dompet Dhuafa, Kitabisa.com dan Rumah Yatim, pengguna dapat memilih paket dan tujuan donasi yang sesuai dengan preferensi masing-masing. Bersama dengan mitra-mitra terpercaya, diharapkan donasi yang terkumpul dapat disalurkan secara tepat guna ke para korban terdampak bencana di awal tahun 2021 ini.

Adapun cara untuk berdonasi pada program donasi melalui aplikasi Shopee; 

  1. Buka aplikasi Shopee 
  2. Pilih button Pulsa, Tagihan, dan Hiburan pada halaman utama 
  3. Pilih menu donasi 
  4. Pilih lembaga penyalur donasi atau paket donasi yang dituju
  5. Masukkan nominal donasi
  6. Check-Out
  7. Nikmati proses pembayaran lebih mudah dengan ShopeePay

“Besar harapan kami dengan adanya inovasi fitur push notification bersama BMKG, dan dengan digalangnya donasi melalui aplikasi kami, akan lebih banyak masyarakat Indonesia yang dibantu dan waspada akan potensi bencana yang ada. Semoga korban yang terdampak dari berbagai bencana nasional ini dapat cepat pulih dan bangkit dari musibah yang baru saja dialami, dan dapat melanjutkan kehidupannya kembali dengan normal,” tutup Handhika.  

Untuk mengaktifkan peringatan bencana alam di aplikasi Shopee, silakan kunjungi shopee/waspada-shopee.

Untuk informasi mengenai donasi di aplikasi Shopee, silakan kunjungi shopee/produk-digital/donation.

Zack Snyder’s Justice League

Trailer resmi Zack Snyder’s Justice League kini telah tersedia dengan pengantar oleh Zack Snyder. Dalam Zack Snyder’s Justice...

Taste of Seoul

HARRIS Hotels meluncurkan kampanye food and beverage bertajuk Taste of Seoul​. Sebuah kampanye F&B...

Refleksi Setahun COVID-19 di Indonesia

Pandemi COVID-19 sudah berlangsung setahun di Indonesia. Selama itu, jutaan orang telah terinfeksi, puluhan...

- A word from our sponsor -