This is the Future, This is Toffin E-Learning Center

0
40
Photo by The Lazy Artist Gallery from Pexels

Dunia perkopian berkembang dengan pesat dalam lima tahun belakangan ini. Tidak hanya penikmat kopi saja yang bertambah – yang dulunya sekadar menikmati kopi instan atau kopi tubruk di rumah, yang kemudian beranjak ke kedai kopi modern. Tapi pengusaha yang terjun ke bisnis kopi atau kedai kopi kekinian dengan mesin espresso, seiring dengan perkembangan zaman, juga makin banyak.

Hanya saja, tidak banyak tempat untuk belajar bagi mereka yang ingin mendalami ilmu perkopian. Dulu, di sebuah pasar di bilangan Jakarta Selatan sempat menjadi sentra kedai-kedai kopi kekinian, termasuk pembelajarannya. Tapi sekarang sudah berakhir. Mungkin saja kini ada beberapa tempat yang pelatihan barista saja, beberapa di antaranya menjadi bagian dari sebuah kedai kopi. Tapi aksesnya terbatas, dengan jumlah peserta dengan sendirinya terbatas pula. 

Yup, kini ada kabar baik. Toffin Indonesia sebagai pemimpin pasar mesin kopi di Indonesia, meluncurkan Toffin E-Learning Center, yaitu platform digital yang menyediakan program pengembangan dan pelatihan di industri kopi. 

Mulai dari kreasi menu, pengembangan bisnis, hingga pelatihan keterampilan, yang difasilitasi oleh mentor berpengalaman di bidangnya melalui daring, baik video maupun workshop. Para mentor ini terdiri dari master kopi internasional, juara kopi Indonesia, ahli teh, pakar kafe dan restoran, konsultan hingga praktisi di industri kreatif.

PT Toffin Indonesia memang nama tidak diragukan lagi. Perusahaan ini adalah penyedia solusi bisnis berupa produk dan jasa di sektor horeka (hotel, restoran, kafe) yang mendistribusikan dan memasarkan merek-merek kelas dunia seperti Nuova Simonelli, Victoria Arduino, Hario, VBM, BWT, Compak, Zicaffe, Comprital, dan masih banyak lagi. Untuk mesin espresso, perlengkapan manual brew, grinder, water filtration, mesin gelato, mesin es krim, hingga bahan baku untuk kreasi minuman. 

Selama lebih dari satu dekade, Toffin dikenal sebagai coffee business platform yang membantu mengakselerasi bisnis dari beragam mitra. Sejak pertama kali berdiri di 2007 Toffin tercatat sebagai market leader dengan 85% untuk kategori mesin kopi dan telah tersebar di 15 kota besar di Indonesia. Wajar saja kalau akhirya perusahaan ini terjun ke bidang pelatihan, tepatnya kursus atau kelas kopi online.

Menurut Ario Fajar, Head of Marketing Toffin, Toffin E-Learning Center hadir sebagai jawaban atas kebutuhan para pebisnis kopi, barista, serta orang yang bergerak di industri kopi, yang membutuhkan media pembelajaran yang praktis. “Pembelajaran jarak jauh ini akan menjadi number one coffee business platform in Indonesia,” katanya.

Gagasan yang brilian tentunya. Apalagi, mengingat saat ini, tidak hanya bisnis coffee shop saja, tapi seluruh industri food and beverage mengalami perubahan yang sangat signifikan. Pemilik bisnis dituntut untuk melakukan strategi pemasaran, penjualan dan promosi yang kreatif.

Sementara itu, para barista juga harus meningkatkan kompetensinya. Toffin E-Learning Center ini adalah kelas online yang tepat untuk menambah dan mengasah kemampuan mereka. 

Hal yang senada juga diungkapkan oleh Andre Eiermann, Coffee Influencer & 1st Place Swiss Championship 2017, dalam acara virtual launching Toffin E-Learning Center, di platform Zoom, Senin (5/10).

“Kehadiran Toffin E-Learning Center memberikan kesempatan kepada para individu maupun pebisnis untuk bisa mengembangkan kemampuan mereka, baik personal maupun profesional. Ke depannya orang-orang inilah yang akan menentukan wajah baru dalam industri ini,” tutur Andre Eiermann.

Dalam virtual launching tersebut, selain Ario Fajar dan Andre Eiermann, hadir pula sebagai pembicara, Willy Sidewalk, Head of Learning & Development Toffin Indonesia dan Mikael Jasin (2019 & 2020 Indonesia Barista Champion).

Gambar oleh StockSnap dari Pixabay

Tiga Program Toffin E-Learning

Lalu, apa aja sih yang ditawarkan Toffin E-Learning? Paling tidak ada 3 program utama, yakni 1) skill, 2) menu creation, dan 3) bisnis.

Program skill diharapkan bisa meningkatkan kemampuan sumber daya manusia di industri kopi atau bisnis food and beverage agar lebih kompetitif. 

Program ini diaplikasikan dalam bentuk video pelatihan barista, bartender, beragam teknik menyeduh kopi, pengoperasian peralatan kopi yang diajarkan oleh coffee dan tea master. Didukung juga dengan keterampilan lainnya seperti fotografi dan videografi mulai dari tingkat dasar hingga advance dari praktisi di industri kreatif.

Program menu creation diciptakan untuk menjadi referensi bagi business owner, barista, bartender, atau departemen pengembangan menu untuk mengkreasikan minuman yang inovatif dan kompetitif. Program ini dibuat dalam bentuk video menu tutorial yang dikembangkan oleh Toffin product development specialist, coffee, dan tea master mulai dari minuman berbahan dasar kopi, teh, rempah, cocktail, mocktail, dan bahan baku lainnya,” jelas Willy Sidewalk.

Sementara di program bisnis dibentuk untuk memperluas wawasan, pengetahuan, strategi, bisnis industri kopi. Sama dengan kedua program yang lain, program bisnis diaplikasikan melalui video pembelajaran, mulai dari tahap perencanaan, operasional, hingga ekspansi bisnis seperti marketing, branding, sales, keuangan, kepuasan pelanggan, tren pasar, sumber daya manusia, success story, hingga product specification, yang dipresentasikan oleh ahli di bidangnya. 

Yang Gratis dan Yang Berbayar

Sesuai karakternya, semua pelatihan di Toffin E-Learning Center adalah kelas online. Semua orang bisa mengakses dengan mudah, hanya saja ada yang gratis, ada yang berbayar. Fitur-fitur programnya, antara lain: 

  • Free Access Video 

Video pembelajaran dan pelatihan yang dapat diakses oleh siapapun secara gratis.

  • Paid Access Video 

Video berbayar yang diisi oleh master dan expert yang membahas topik atau pelatihan tingkat advance. Pembayaran fitur ini bisa melalui bank transfer, kartu kredit, Gopay, dan OVO. 

  • Paid Seminar Class

Seminar online interaktif yang diselenggarakan secara langsung yang difasilitasi oleh mentor profesional berdurasi 2 – 3 jam. 

  • On Demand Video & Class 

Fitur ini mengajak publik untuk berpartisipasi mengajukan topik sesuai minat. Atau jika Anda termasuk profesional, master, expertise, bisa bergabung di platform ini.

Willy Sidewalk, target Toffin E-Learning Center adalah para entrepreneur start-upcafe & restaurant owner, barista, bartender, tea & coffee specialist, F&B enthusiast, serta masyarakat umum yang ingin belajar mengenai bisnis kopi. 

“Edukasi berbasis digital kini menjadi cara baru untuk belajar berbagai bidang baru. Mulai dari upskill untuk profesi hingga menambah berbagai ilmu aktual untuk menambah wawasan, apalagi di masa pandemi seperti ini,” tambah Mikael Jasin. 

Indonesia Barista Champion 2019 & 2020 inimelihat bahwa Toffin E-Learning Center memiliki berbagai konten edukasi yang sangat menarik mulai dari dunia kopi hingga industri food & beverage

Apalagi sejak pandemi terjadi berbagai perubahan yang cukup signifikan. Edukasi berbasis digital, selain ramah lingkungan juga menghemat waktu. Apalagi Toffin E-Learning Center juga memungkinkan kita untuk belajar kapan saja dan di mana saja. Kita bisa membuat jadwal belajar mandiri. Setiap kontennya dipandu oleh para expertise di masing-masing bidang yang memiliki pengaruh dalam industri ini.

Toffin menyiapkan Toffin E-Learning Center sebagai masa depan dunia pendidikan agar siapapun bisa ikut berpartisipasi di dalamnya. “Ke depannya, siapapun bisa ikut berkontribusi. Kami percaya setiap orang berhak mendapatkan pembelajaran dan setiap orang juga dapat berbagi ilmu tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu. This is the future, this is Toffin E-Learning Center.” 

Well, platform pembelajaran kopi serta bisnisnya sudah hadir di Indonesia. Jangan sia-siakan kesempatan ini, silakan mendaftarkan diri di Toffin E-Learning Center dan langsung bisa mendapatkan akses ke berbagai ratusan video dan workshop, di mana saja serta kapan saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here