The Maserati White Book (2)

0
8

Era baru Maserati telah dimulai. Lampu-lampu telah menyala di atas tahapan mobilitas dunia dan logo Trident bersinar di sana dengan mobil baru yang revolusioner, inovasi-inovasi dan pembangunan; untuk Merek tersebut, fokusnya sangat kuat ke masa depan.

Menyusul percikan yang disulut oleh Ghibli Hybrid, yang diperkenalkan bulan Juli, kekuatan dari Koleksi Trofeo yang diluncurkan bulan Agustus, dan pemunculan perdana MC20 di dunia, diperlihatkan kepada dunia dengan acara yang belum pernah terjadi sebelumnya di sirkuit Modena, telah tiba waktunya bagi sebuah perjalanan nyata ke masa depan.

Inovasi, gairah dan keunikan memandu Maserati dalam fase pembaruan total ini.

Era baru memperkenalkan sebuah nada suara Merek baru dan sebuah identitas Merek baru yang ditandai dengan pernyataan global Master of Italian Audacity (Empu dari Keberanian Italia), di mana kata benda “master” dikonotasikan dengan sebuah pesan dari sebuah semangat inkonvensional dan sebuah pendekatan keberanian untuk hidup, untuk memandu perubahan tanpa rasa takut dan mendorong Merek itu ke masa depan. 

Lambang Maserati juga dibenahi. Ini bukan revolusi, tetapi lebih kepada sebuah evolusi, yang membuat logo Trident, lambang Merek sepanjang sejarahnya, lebih kontemporer, dengan lebih modern, anggun, secara grafis berkelas, dengan tetap melestarikan sejarahnya. Sejumlah besar perubahan kecil membuat lambang ini sangat berbeda dibandingkan dengan pendahulunya, yang terakhir dibenahi tahun 2005.

Panah-panah di samping sekarang membulat untuk memberikan keseimbangan yang lebih besar dan kesinambungan antara bagian atas dan bawah. Jarak antara Trident dan latar belakang biru tua telah dimodifikasi untuk memberikan efek yang secara menyeluruh lebih dinamis. Evolusi ini telah membuat bentuk ovalnya lebih ringan, baik dari segi layout maupun warna. Logo kini hanya terdiri dari dua warna, putih dan biru tua, yang berubah menjadi bayangan yang sangat dalam dengan efek pernis, sebuah warna yang dapat digambarkan sebagai Maserati Blue, birunya Maserati. 

Kantor Pusat Maserati

Jantung Maserati dengan kokoh berlokasi di Modena, di mana kantor pusat bersejarah itu berada, di mana mobil-mobil di jajarannya dikembangkan dan diuji (Lab Inovasi Maserati), dan di mana mobil sport super baru akan dibangun. Bagi Maserati, Modena merupakan tempat bersejarah di mana mobil-mobil luar biasa selama 80 tahun ini dibuat, yang semuanya tidak ada bandingannya dalam kemewahan, keanggunan, gaya, performa dan kualitas, serta terjual di lebih dari 70 pasar. 

Maserati dan Modena berbagi sejarah selama 81 tahun: menyusul akuisisi Merek oleh keluarga Orsi, pekerjaan untuk mempersiapkan kantor pusat Maserati yang baru dimulai pada akhir September 1939 dengan pembangunan jalur-jalur produksi untuk membuat model-model baru.

Maserati didirikan pada tahun 1941 oleh Alfieri Maserati bersama dengan kakak-kakaknya Ettore dan Ernesto, berpindah dari Bologna (Pontevecchio) ke Modena, di mana bisnis keluarga Orsi berpusat, untuk membuat mobil-mobil baru, berinvestasi dalam riset dan inovasi serta menjadi Merek yang paling dikenal secara global dari Modena.

Tempat produksinya di Viale Ciro Menotti, di mana pabrik dan markas besarnya berlokasi hingga saat ini, secara resmi dibuka pada tanggal 1 Januari 1940. 

Beberapa dari mobil terpenting dan terobosan di dalam sejarah otomotif diproduksi di pabrik Viale Ciro Menotti, termasuk 250 F, sebuah ikon dalam sejarah Formula 1, juara dunia di tahun 1954 dan 1957, dan Quattroporte, sedan pertama yang menggunakan mesin berperforma tinggi.

Dari tahun 1939 hingga 2019, sekitar 90.000 mobil jalan raya dan 420 mobil balap telah dibuat, dan hingga kini pabrik itu masih merupakan jantung dari pengerjaan Merek itu, dan mempekerjakan sekitar 600 orang.  

Di dalam gerbang pabrik Viale Ciro Menotti, beberapa bagian terbaru, dibangun pada awal dimulainya milenium baru, mencakup show room, kantor-kantor dan area parkir karyawan, sementara bagian bersejarah, berasal dari akhir 1930-an, tempat area produksi, jalur-jalur produksi, area pengujian, bagian penyelesaian, serta Lab Mesin dan tempat pengecatan yang baru, sebuah tambahan yang benar-benar baru di pabrik itu, dilengkapi dengan teknologi yang inovatif dan ramah lingkungan.

Di tahun 2020, lokasi di Modena itu menjadi jantung dari era baru Maserati; sebagai lokasi jalur produksi mobil sport super terbaru Maserati MC20, duta besar dari fase baru dalam sejarah Merek itu, jalur pengecatan tercanggih, serta area yang diperuntukkan bagi pembangunan dan perakitan mesin baru Maserati Nettuno.

Kantor Pusat Maserati dalam angka:

  • 81 tahun beroperasi
  • sekitar 90,000 mobil jalan raya diproduksi 
  • sekitar 420 mobil balap diproduksi
  • total luas area pabrik 50,581 m2 (luas bangunan 29,152 m2) 
  • menara Maserati setinggi 40 m 
  • 600 pekerja di pabrik Viale Ciro Menotti 322 (angka Juli 2020)

Hal-hal penting

  • Sebuah perjalanan ke masa depan Maserati: Pembangunan masa depan Merek dimulai dari akarnya.
  • Maserati secara global menyingkap supercar baru MC20, yang merupakan model pertama dari Era baru, 100% dikembangkan, direkayasa dan diproduksi di Modena.
  • Sebagai penerus dari MC12, MC20 akan menandai kembalinya Merek ke area balap.
  • Pabrik bersejarah Viale Ciro Menotti telah dimodernisasi secara menyeluruh untuk menjadi rumah dari produksi MC20. Lengkap dengan paintshop (tempat pengecatan) tercanggih dan Lab Mesin yang baru.  
  • Folgore: Pendekatan Maserati ke arah elektrifiksasi (electrification) menyulut sebuah energi yang akan memproyeksikan logo Trident ke dalam tahap mobilitas dunia.
  • GranTurismo dan GranCabrio akan menjadi model-model mobil listrik Maserati yang pertama, dan MC20 juga akan memiliki versi listriknya.  
  • Grecale: adalah nama Maserati SUV masa depan.
  • Ghibli Hybrid yang diluncurkan bulan Juli adalah langkah pertama Maserati masuk ke jajaran elektrifikasi.
  • Koleksi Trofeo yang diperkenalkan di bulan Agustus sekarang sudah lengkap. Setelah penampilan pertama Levante dua tahun lalu, Ghibli dan Quattroporte kini juga muncul dalam versi Trofeo dan merupakan sedan Maserati yang tercepat (terkencang) yang pernah dibuat.
  • Era baru Maserati juga merangkul kustomisasi dari mobil-mobilnya (mobil-mobilnya bisa dibuat berdasarkan pesanan pembelinya): persembahan dari Maserati FUORISERIE.  
  • Program Maserati Classiche diciptakan untuk memberikan keunggulan baru pada mobil-mobil yang menjadi ciri masa lalu Merek itu melalui serangkaian layanan khusus.