LINE Blockchain Developers dan BITMAX Wallet

0
30
Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

LINE Blockchain Developers adalah platform pengembangan layanan blockchain, sedangkan BITMAX Wallet merupakan dompet manajemen aset digital. ​

LVC Corporation (“LVC”), operator aset kripto dan bisnis blockchain LINE, dan LINE TECH PLUS PTE. LTD. ( “LTP”) meluncurkan platform pengembangan layanan blockchain bernama “LINE Blockchain Developers” dan dompet manajemen aset digital, “BITMAX Wallet” di Tokyo, 26 Agustus 2020.

​​Pada April 2018 lalu, LINE membangun “LINE Blockchain Lab” guna mengembangkan dApps yang mengaplikasikan teknologi blockchain. Tak hanya itu, LINE Blockchain Lab juga melakukan penelitian terkait teknologi enkripsi dan sistem distribusi berbasis jaringan P2P. 

Dengan tujuan ini, tim telah mengembangkan ragam proyek blockchain untuk LINE Group, seperti mengembangkan hak milik “LINE Blockchain” (sebelumnya LINK Chain) yang menerbitkan aset mata uang kripto “LINK”, mengoperasikan layanan pertukaran aset kripto “BITMAX” dan “BITFRONT”, serta membangun ekosistem berbasis LINE Blockchain, bertujuan untuk membangun hubungan kreasi bersama antara penyedia layanan dan pengguna di bawah konsep “Ekonomi Token LINE”.

Blockchain merupakan teknologi baru dengan potensi yang sangat besar, tetapi teknologi ini belum diaplikasikan sepenuhnya secara praktis dikarenakan sejumlah hambatan seperti biaya dan kerumitan yang ditemukan pada konstruksi dan penerapannya.

Oleh karena itu, LVC dan LTP memutuskan untuk berbagi teknologi blockchain milik LINE. Dengan ini, LINE mengembangkan platform pengembangan untuk membangun ragam layanan blockchain dari perusahaan bernama “LINE Blockchain Developers” dan dompet manajemen aset digital, “BITMAX Wallet”.

Platform pengembangan layanan blockchain, “LINE Blockchain Developers”

LINE Blockchain Developers merupakan platform pengembangan yang memungkinkan pengguna membangun layanan blockchain secara mudah dan efisien berdasarkan teknologi “LINE Blockchain”.

Pengguna bisa dengan mudah memanfaatkan teknologi blockchain ke dalam berbagai layanan serta membangun konsep ekonomi token mereka sendiri. Lingkungan pengembangannya pun akan berdasarkan pada konsol web pengembang melalui situs portal LINE, “LINE Developers”. Untuk itu, perusahaan dan pengembang bisa fokus meningkatkan UX ketimbang berkutat dalam isu teknis seperti blockchain dan keamanan sehingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan.

Dengan memanfaatkan LINE Blockchain Developers, perusahaan bisa merilis token unik, mentokenkan aset in-game seperti karakter, item, dan mata uang gim, riwayat transaksi yang transparan, monetisasi data, dan aset fisik lainnya. Transaksi token dan item di dalam layanan yang dikembangkan dengan LINE Blockchain Developers bisa terkonfirmasi dengan LINE Blockchain Explorer (sebelumnya: LINK SCAN).

LINE Blockchain Explorer scan.link.network/main

Fitur utama LINE Blockchain Developers

1. Membangun ekonomi token sendiri

Pengguna bisa dengan mudah membangun ekonomi token dengan menggunakan konsol LINE Blockchain Developers. Pengguna juga dimungkinkan untuk merilis token serta mengetesnya terlebih dahulu sebelum kemudian merilis layanannya.

2. Tokenisasi semua aset

Semua aset baik terukur maupun tak terukur bisa ditokenkan sehingga memungkinkan pengguna mengatur aset sendiri dengan ragam layanan blockchain.

3. Perlindungan keamanan aset blockchain

Dengan menggunakan private key, pengguna dapat mengatur aset blockchain secara aman.

4. Implementasi blockchain yang mudah

Fungsi ini menyediakan RESTful API yang memungkinkan pengguna untuk mengintegrasikan layanan mereka dengan blockchain secara mudah meskipun tidak memiliki expertise di dalam smart contracts.

5. Jaringan blockchain yang dikelola sepenuhnya

Tidak perlu mengoperasikan node untuk berpartisipasi dalam jaringan. Buat dan kelola jaringan dengan mudah menggunakan API terbuka.

6. Terhubung dengan LINE

Token yag dikeluarkan dengan LINE Blockchain Developers, bisa ditautkan dan diatur dengan BITMAX Wallet (yang bisa ditautkan dengan ID LINE), membuka kemungkinan untuk membangun dan memperkenalkan layanan dengan memanfaatkan pengguna LINE.

LINE Blockchain Developers

Dompet Manajemen Aset Digital, “BITMAX Wallet”

BITMAX Wallet merupakan dompet blockchain yang dapat mengelola aset digital. Pengguna dapat mengelola aset digital mereka seperti token dan item dalam layanan blockchain secara kolektif. Selain itu, pengguna juga bisa memanfaatkan berbagai layanan blockchain dalam satu dompet atau tempat.

​Dompet blockchain konvensional menjadi salah satu hambatan bagi pengguna yang ingin menggunakan berbagai layanan blockchain karena proses pembuatan dan pengelolaannya yang rumit.

Oleh karena itu, BITMAX Wallet dapat dibuat dengan mudah dan cepat setelah pengguna memiliki ID LINE. Karena menggunakan ID LINE, pengguna dapat mengirim dan bertukar aset digital dengan teman LINE mereka secara mudah. BITMAX Wallet saat ini tersedia dalam format browser dan LINE akan menyediakannya dalam bentuk aplikasi di dalam LINE di masa yang akan datang.

BITMAX Wallet

LINE akan terus berupaya untuk menyediakan berbagai layanan dan teknologi blockchain yang dapat diterapkan ke dalam kehidupan sehari-hari pengguna berdasarkan konsep “LINE Blockchain: Designed For Everyone.”

Tentang LVC Corporation

  1. Nama:LVC Corporation
  2. Lokasi:Sumitomo Fudosan Osaki Garden Tower 22nd floor, 1-1-1, Nishi-Shinagawa, Shinagawa-ku, Tokyo
  3. Perwakilan: Lim Inkyu, President and CEO
  4. Bisnis: Pengoperasian aset kripto, kantor penjualanm, dan holding company bisnis terkait blockchain 
  5. Modal 5,060 million yen (as of October 4, 2019)
  6. Tanggal pendirian: 31 Januari 2018 
  7. Nomor registrasi: Penukar Aset Kriptografi Direktur Biro Keuangan Kanto No. 00017

Tentang LINE TECH PLUS PTE. LTD.

  1. Nama:LINE TECH PLUS PTE. LTD.
  2. Lokasi:10 ANSON ROAD#23-14L INTERNATIONAL PLAZA SINGAPORE(079903)
  3. Perwakilan:Lee HeeWoo, Representative Director
  4. Bisnis: Penerbitan aset kripto “LINK”
  5. Tanggal pendirian: 11 April 2018