5 Ritual Minum Kopi Terbaik Sebelum Makan Siang

0
331
Photo by Leah Kelley from Pexels

BANYAK orang yang suka meminum kopi di pagi hari. Selain untuk menambah semangat juga untuk membuat santai sejenak sebelum melakukan berbagai kegiatan yang melelahkan.

Minum kopi kebanyakan memang dilakukan ketika selesai sarapan meski ada yang malam-malam juga meminumnya. Namun sebenarnya kapan waktu terbaik untuk minum kopi. Dan bagaimana saja ritual atau kebiasaan minum kopi yang baik? Informasinya ada di sini.

Biasanya para peminum kopi akan merasa segar, tidak mengantuk, dan lebih semangat untuk bekerja.

Waktu terbaik minum kopi

Minum kopi pada pagi hari dirasa oleh banyak orang sebagai hal yang tepat. Oleh karena sifat kopi yang biasanya memberikan semangat akan sangat pas jika dikonsumsi pagi sebelum melakukan aktivitas. Biasanya para peminum kopi akan merasa segar, tidak mengantuk, dan lebih semangat untuk bekerja.

Namun ada beberapa orang yang bangun tidur langsung meminum kopi. Padahal hal itu tidak baik. Ketika bangun pagi dan Anda sudah sangat ingin minum kopi maka tahan dulu sejenak. Kenapa tidak boleh langsung minum? Oleh karena nantinya Anda akan ketergantungan sekali dengan kafein sehingga jika tidak meminumnya serasa tidak berenergi.

Hal itulah yang menjadi kebiasaan orang-orang, merasa berenergi karena meminum kopi. Padahal masih banyak hal lain yang bisa dilakukan untuk menambah energi.

Jadi waktu yang baik untuk minum kopi adalah ketika ada pada waktu pertengahan pagi, yaitu pukul 10.00. Setelah itu Anda harus berhenti meminum kopi sebelum makan siang atau paling lambat sampai pukul 14.00. Jika ingin mengonsumsi minuman manis maka ganti dengan teh herbal atau berbagai minuman yang tidak mengandung kafein.

Photo by Dominika Roseclay from Pexels

Kenapa tidak boleh minum kopi sesudah makan siang? Oleh karena Anda bisa tidak bisa tidur jika memiliki masalah tidur. Jadi Anda harus benar-benar memerhatikan hal ini.

Ritual minum kopi yang baik

Selain memperhatikan waktu yang benar untuk meminum kopi, Anda juga harus melakukan kebiasaan yang baik. Beberapa kebiasaan baik ketika minum kopi pada pagi hari, antara lain:

  1. Jangan minum kopi ketika perut masih dalam keadaan kosong. Jika tetap melakukannya maka akan menimbulkan dampak yang tidak baik seperti asam lambung jadi naik, membuat cemas dan mudah stres, lalu bisa membuat produksi hormon kortisol jadi terganggu.
  2. Jangan langsung minum kopi ketika bangun tidur tapi lebih baik minum air hangat. Sesudah sarapan baru Anda boleh mengonsumsinya.
  3. Tambahkan satu sendok mentega atau susu ke dalam cangkir kopi hitam Anda. Tujuannya supaya efek buruk kafein bisa hilang dan asupan nutrisi serta vitaminnya bisa tetap didapatkan.
  4. Jenis kopi yang paling menyehatkan untuk dikonsumsi adalah kopi hitam. Bukan kopi susu, espresso, capuccino, dan lain sebagainya. Jadi alangkah lebih baik jika Anda mengonsumsi kopi hitam saja karena masih alami tanpa terlalu banyak campuran.
  5. Apabila akan menggunakan pemanis untuk kopi lebih baik gunakan xylitol atau pemanis stevia. Jenis pemanis ini lebih baik dibandingkan gula jika kopi dikonsumsi pagi-pagi.

Demikianlah informasi mengenai 5 ritual atau kebiasaan minum kopi yang bisa dilakukan sebelum makan siang.