Fakta Google dan Facebook yang Jarang Kita Sadari

0
67

Google dan Facebook, siapa yang tidak tahu. Bersiaplah untuk ‘merinding disko’, karena Anda akan tahu seberapa banyak informasi yang disimpan kedua raksasa ini tanpa kita sadari. Mulai dari ada di mana kita sampai data yang kita unduh dan simpan.

1. Google tahu Anda pernah ke mana saja.

Kalau Anda menyalakan tracking location ketika ponselmu menyala, Anda bisa melihat linimasa di manapun kamu pernah berada mulai dari hari pertama Anda menggunakan Google di ponselmu, karena Google menyimpan data tersebut.

Untuk mengeceknya, Anda bisa lihat di Sign in – Google Accounts

2. Google tahu apa saja yang Anda pernah cari dan hapus.

Tahukah Anda, ketika memasukkan keyword ke mesin pencari Google, mereka menyimpan data apa saja yang Anda cari, bahkan sudah terintegrasi dengan semua gawai yang Anda punya. Misalkan nih, Anda habis search di ponsel, pencarian itu juga muncul di komputermu. Bahkan kalau histori pencarian itu sudah di-delete, datanya masih tersimpan. Hmmm…. Pantas saja Tiongkok memblokir Google di negaranya.

Untuk mengeceknya, silakan lihat di Welcome to My Activity

3. Google membuat iklan berdasarkan profil Anda.

Iklan dibuat Google berdasar semua informasi Anda meliputi lokasi, jenis kelamin, hobi, karier, ketertarikan, status hubungan, penghasilan, bahkan berat badan Anda (pantesan ada iklan penurun berat badan). Data ini juga yang dipakai pengiklan digital agar pemasaran produknya tepat sasaran (berlaku juga di IG dan tempat lain).

Untuk mengeceknya, Anda bisa lihat di Your browser is not supported.

4. Google menyimpan informasi tiap aplikasi yang Anda pakai.

Google bisa tahu seberapa sering Anda memakai aplikasi tersebut, di mana Anda menggunakannya, dan dengan siapa Anda berinteraksi melalui aplikasi tersebut. Artinya, dengan siapa Anda menngobrol di Facebook, dengan orang dari negara mana, bahkan bisa tahu jam tidurmu. Ngeri-ngeri sedap, kan? Akses data informasi dari aplikasi games pun bisa diolah lho.

Untuk mengeceknya, lihat saja di Sign in – Google Accounts

5. Google juga punya semua histori YouTube.

Semua data dan histori dari YouTube Anda disimpan semua oleh Google. Jadi mereka bisa tahu apakah Anda akan segera menjadi orang tua, kamu konservatif, progresif, agamamu apa, Anda merasa depresi, ingin bunuh diri, dan seterusnya.

6. Mau tahu seperti apa data Anda yang disimpan Google

Google menawarkan pilihan untuk mengunduh semua data yang mereka simpan tentang Anda. Data ini bisa diunduh dalam bentuk file word dan ukurannya besar sekitar 5,5 GB, yah kira-kira 3 m dokumen Word.

Dari mana datanya? Yah seperti disebut di atas. Termasuk juga bookmark, e-mail, file Google Drive, video YouTube, foto dari ponselmu, bisnis yang Anda geluti, produk yang Anda beli, kalender, riwayat lokasi, situs yang Anda buat, ponsel yang pernah dipunya, page atau tulisan yang pernah di-share, hingga berapa langkah yang Anda lalui dalam satu hari.

Jadi, kalau mau punya akses data orang, sudah gumpang banget yak.

Untuk mengeceknya, Anda bisa lihat di Sign in – Google Accounts

7. Facebook pun juga begitu.

FB juga memberi piihan untuk men-download semua data dan informasimu. Ini semua termasuk tiap pesan yang pernah Anda kirim, FB Messenger, file yang Anda kirim, kontak dari ponselmu dan audio yang pernah Anda kirim.

Parahnya, FB bisa akses webcam dan mikropon Anda. Data yang mereka kumpulkan juga termasuk di mana Anda berada, aplikasi yang Anda install dan di mana serta buat apa Anda memakainya. FB juga bisa akses email, kalender, games yang Anda mainkan, foto, video, musik, histori pencarian dan radio yang Anda denger

Accessing & Downloading Your Information

Jejak digital memang kejam, gunakanlah dengan bijak. (Fathur R. – QUORA)