Menjadi Kaya dari Menulis?

0
87
Photo by freestocks.org from Pexels

Oleh Satrion

Bisakah kaya dari profesi penulis? Atau, benarkah menulis bisa memberikan penghasilan yang besar? Kalau yang dimaksud menulis secara offline (dunia nyata) saya kurang tahu, mungkin saja menulis karya sastra, kemudian bukunya menjadi best seller terjual hingga ratusan ribu kopi.

Tapi kalau yang saya maksud di sini adalah menulis secara online (di internet). Saya tahu caranya, berdasarkan pengalaman, ada dua cara yaitu:

  • Menulis di HubPages, khusus bagi yang pandai berbahasa Inggris, bisa menghasilkan uang dari menulis artikel di sini. Syaratnya, artikel harus berbahasa Inggris, berkualitas, anti copy paste, dan bayarannya tergantung view-nya, misalnya 2.000 views x CPM $2 = $4/ artikel, pendapatan jutaan akan didapat jika Anda sudah punya 25 artikel x $4 = $100. Butuh usaha.
  • Menulis di Blog/Website, selain bisa menjadi tempat melatih menulis, karya Anda juga bisa menghasilkan uang dari sini. Caranya adalah dengan memasang iklan AdSense atau sejenisnya, dengan syarat blog Anda berisi artikel bermanfaat, berkualitas, banyak pengunjung, dan muncul di pencarian teratas Google, pendapatan jutaan akan didapat jika rate iklan dan view-nya tinggi. Butuh waktu.

Tapi saya sendiri mempunyai cara lain selain dua cara di atas. Saya lebih memilih menulis di PickyDomains karena tulisannya tidak sampai 30 huruf tapi dibayar $20-$75, kok bisa?

Photo by cottonbro from Pexels

Ya, karena di situs tersebut saya hanya perlu menulis nama domain, contoh: BestGuitarStore.com (cuma 15 huruf). Bagaimana cara kerjanya?

Oke, inilah cara saya mendapatkan $20-$75 dengan menulis nama domain di PickyDomains.

1) Saya mendaftar sebagai kontributor di PickyDomains, kemudian saya memilih order dari klien yg tersedia, khusus order yang berwarna “kuning” itu hanya bisa dikerjakan oleh kontributor top rank 1 dan 2 saja, sedangkan yang saya beri tanda kotak “merah” itu bebas dikerjakan termasuk kontributor baru.

2) Sekarang saya pilih order yang menurut saya mudah. Well, supaya lebih mudah dipahami, saya akan ambil SS dari orderan yang sudah pernah saya menangkan sebelumnya sebagai contoh saja.

Karena brief-nya berbahasa Inggris jadi saya perlu menerjemahkannya ke bahasa Indonesia:

3) Setelah tahu apa yang dimaksud di brief, saya mencatat informasi penting seperti negara asal si klien (Jerman), jenis bisnisnya, target pelanggannya, spesifikasi domain-nya seperti “maks 8 huruf/no dashes/no slang”, saya juga mencatat keyword utama seperti Financial, Digital Tax, Advisory, Insurances, kemudian saya langsung melakukan pencarian data di Google dan situs sebagai referensi nama domain yang pas dan sesuai permintaan si klien.

4) Setelah terkumpul semua data dari berbagai referensi, kemudian saya tulis nama domain yang menurut saya pas dan sesuai dengan keyword-nya, lalu saya cek ketersediaannya di InstantDomainSearchjika nama domain masih tersedia saya akan menulisnya di buku terlebih dahulu supaya bisa pilah-pilih sebelum men-submit

5) Dari sekian banyak nama domain yang terkumpul dari beberapa keyword, saya pilih 27 terbaik lalu saya submit, saya tunggu respon klien dan hasilnya salah satu saran nama domain saya dipilih, dari situ saya mendapatkan reward $75 USD, kalkulasi $75 x Rp14.000 = Rp1 juta lebih saat itu.

Dan ini bukti pembayaran terbaru dari mereka bulan Maret 2020 atas terpilihnya saran domain saya dari order lain:

Jika Anda tertarik silahkan mendaftar sebagai Kontributor PickyDomains, klik disini.

Tutorial dan Tipsnya:

  1. Mendaftar sebagai “Contributor”.
  2. Klik menu “Available Order”.
  3. Pilih order yang background-nya “Warna Putih/Abu-abu”, bisa yang “Kuning” kalau sudah masuk rank 1 dan 2.
  4. Translate dan pahami brief-nya.
  5. Cari perusahaan yang sama di Google sebagai gambarannya.
  6. Misalnya perusahaan keuangan, nama domain-nya juga harus sesuai dengan keuangan.
  7. Kalau sudah dapat nama domain, cek dulu di InstantDomainSearch.
  8. Fokus saja di keyword-nya, submit nama domain 3 atau 5 dulu.
  9. Tunggu respon klien, kalau di-Liked berarti dia minta yang seperti itu, kalo Disliked berarti saran domain Anda tidak sesuai.
  10. Kalau statusnya Picked, berarti saran domain Anda dipilih dan Anda menang.
Foto oleh mentatdgt dari Pexels

Bagi yang mendaftar di PickyDomains silahkan fokus dengan tugasnya, yakni cuma mencarikan nama domain yang sesuai brief bukan membeli domain baru, jadi silahkan submit nama domain sebanyak yang Anda bisa.

*Update 21/06/2020 untuk PickyDomains, ini contohnya:

Begitulah cara saya mendapatkan pendapatan ratusan ribu hingga jutaan dari menulis yaitu dengan cara menulis domain.

Sebenarnya masih sangat banyak cara selain dua di atas dan PickyDomains, tapi ilmu dan pengetahuan saya hanya sebatas ini yang bisa saya share.

Sumber: QUORA