5 Tren Hobi dan Kebiasaan Baru di era New Normal

0
31

#PilihCeritamu dukung konsumen Lazada tetap positif dalam masa transisi era ‘New Normal’

Seiring penerapan tatanan normal baru, masyarakat Indonesia kembali harus menyesuaikan gaya hidup dan rutinitas sehari-hari dengan tetap menerapkan physical distancing sebagaimana yang dianjurkan. Berdasarkan tren pembelian konsumen di Lazada selama masa ‘self-quarantine’, Lazada merangkum 5 hobi atau aktivitas yang banyak dilakukan di rumah dan akan menjadi tren di era new normal. New normal, cara hidup baru, dan ke ‘bisa’ an baru.

Berkebun

Di awal masa PSBB, salah satu yang menjadi kendala adalah akses bagi bahan makanan segar. Jadi  banyak yang mulai menyiasati dengan membuat kebun lahan terbatas sendiri (urban farming) di rumah dan akhirnya menjadi salah satu hobi yang paling diminati oleh masyarakat. Tanaman bumbu, sayur mayur dan buah merupakan sebagian tanaman yang banyak dicari untuk pemenuhan kebutuhan pangan sekaligus menghias rumah.

Berbagai metode berkebun seperti sistem hidroponik, vertical garden, menanam dalam pot memungkinkan kita untuk melakukan aktivitas berkebun di lahan apapun, seperti pekarangan rumah, pagar, dinding rumah, bahkan dalam ruang rumah sekalipun. Walaupun ada himbauan untuk tetap di rumah, Anda tetap bisa menikmati keindahan alam dengan berkebun.

Mendekorasi rumah

Selain berkebun, Anda juga bisa mempercantik rumah dengan mendekorasi ulang atau menata ulang furnitur atau bahkan mengecat ulang dinding dengan warna-warna baru. Menurut data dari Lazada, kategori ‘Outdoor & Garden’ meningkat sebesar 38%.

Dalam masa new normal, sebagian mungkin akan tetap berada di rumah. Banyak konsumen yang mengambil kesempatan untuk mendapatkan suasana baru di rumah dengan harga yang lebih terjangkau dan membuat rumah lebih nyaman, baik untuk belajar, bekerja maupun untuk bercengkrama bersama keluarga.

Memasak

Salah satu perubahan perilaku yang terjadi adalah bagaimana masyarakat mulai kembali ke masakan rumah. Segala tips, trik, resep memasak sudah siap sedia melalui akses di smartphone. Ini dapat dilihat dari adanya peningkatan di beberapa kategori seperti ‘Large Appliances’ meningkat 22%, ‘Small Appliances’ meningkat 46%, dan ‘Kitchen and Dining’ meningkat 28%.

Data ini menunjukkan bahwa semakin banyak konsumen yang memilih untuk memasak di rumah. Untuk mendukung konsumen dalam meningkatkan kemampuan memasak, di Lazada juga tersedia program memasak bertajuk Dapur Lazada yang bisa dinikmati konsumen melalui program LazLive, di mana konsumen bisa mendapatkan tips dan resep-resep terkini dari berbagai juru masak, atau bahkan sesama konsumen. 

Olahraga di Rumah

Tinggal di rumah selama PSBB bukan berarti melupakan kebugaran tubuh. Menjaga kesehatan badan merupakan salah satu prioritas tertinggi selama masa pandemi. Banyak konsumen yang mulai membuat gym pribadi di rumah agar tetap dapat berolahraga dengan maksimal.

Peralatan olahraga seperti barbel, resistance bands, yoga mat adalah beberapa peralatan populer dan banyak dicari dan dibeli dalam kategori alat-alat olahraga di Lazada. 

Gaming

Absennya kegiatan nge-mall dan hangout di coffee shop membuat banyak konsumen beralih ke gaming sebagai entertainment utama dalam menghalau kebosanan. Bahkan tidak sedikit yang mungkin mulai melihat gaming sebagai salah satu hobi dan mungkin bisa menjadi profesi di masa depan. Lazada optimis, pembelian voucher, gaming gear dan aparel di official store EVOS terus mengalami peningkatan di era new normal. 

Hal ini didukung oleh WHO di mana bermain game sangat dianjurkan untuk menjaga kondisi mental dan mengusir kebosanan selama melakukan aktivitas di masa pandemi. 

Selain 5 hobi ini, Lazada juga melihat peningkatan penjualan barang-barang elektronik untuk mendukung kegiatan konsumen seperti meeting online, virtual schooling dan video conference yang dapat dilakukan di rumah.

Kebutuhan barang-barang elektronik tidak hanya untuk aktivitas penunjang bekerja dan belajar – banyak pula yang mulai belajar memanfaatkan teknologi dan barang-barang elektronik selama PSBB dan kebiasaan yang sudah terbangun selama masa-masa ini memiliki potensi untuk terus dikembangkan di masa depan. Misalnya memasak yang membutuhkan mixer dan oven; ataupun kulkas untuk menyimpan produk-produk olahan. 

Jangan biarkan cerita baru selama transisi ke era ‘new normal’ terhenti. #PilihCeritamu lanjutkan kebiasaan baru di era ‘new normal’ dengan melengkapi kebutuhan penunjangnya dalam Lazada Mid Year Super Sale tanggal 7-9 Juli nanti.

Dapatkan perlengkapan rumah tangga, peralatan olahraga hingga barang-barang elektronik dari merek-merek favorit dengan harga banting mulai dari Rp3.000. 

Untuk menambah kemeriahaan Lazada Mid Year Super Sale tahun ini, Lazada meluncurkan De Kost, sebuah program live-streaming extravaganza yang ditayangkan di channel LazLive. Program ini terdiri dari dua segmen: pertama, komedi sketsa parodi kehidupan kota dan budaya kontemporer; kedua, tutorial produk berupa tips dan trik untuk menggunakan suatu barang.

Tak hanya itu, penonton De Kost punya kesempatan untuk memenangkan 500 voucher Lazada dan beragam produk senilai Rp50.000 di setiap episodenya.

Tentang Lazada

Didirikan pada tahun 2012, Lazada Group adalah pemimpin platform eCommerce di Asia Tenggara. Mereka mempercepat kemajuan di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam melalui perdagangan dan teknologi.

Dengan jaringan logistik dan pembayaran terbesar di kawasan ini, Lazada adalah bagian dari kehidupan sehari-hari konsumen kami di kawasan ini dan mereka menargetkan melayani 300 juta pembeli pada tahun 2030. Sejak 2016, Lazada adalah platform terbaik di Asia Tenggara untuk Alibaba Group yang didukung oleh infrastruktur teknologinya yang mutakhir.

Lazada Indonesia sendiri telah meraih penghargaan Platinum Award sebagai e-Commerce terbaik pilihan konsumen Indonesia untuk kategori Business to Customer (B2C) dari idEA pada tahun 2016. Lazada juga memperoleh penghargaan Wow Brand sebagai Brand terbaik untuk e-commerce dari Marketeers pada awal tahun 2017. Lazada Indonesia juga didaulat oleh LINE sebagai official account dengan kampanye terbaik.

Di awal tahun 2018 Lazada berhasil memperoleh 3 penghargaan sekaligus dari Marketeers sebagai: Branding Campaign of the Year for Above the Line category, Branding Campaign of the Year for Digital category dan Brand of the year 2018 untuk kategori e-commerce and marketplace.