Ekosistem Laut Berkembang Saat Lockdown

0
53

Beragam spesies langka berkerumun di tepi laut S Hotels & Resorts Thailand dan Maladewa

Penampakan pertama yang terlihat adalah penyu-penyu Olive Ridley yang membuat sarang, sementara hiu blacktip tumbuh subur di Teluk Maya Thailand, sementara Pusat Penemuan Laut SHR terus melestarikan ekosistem mereka yang kaya dan beragam.

Kembali ke awal 2020 dengan pantai-pantai indah di Maladewa yang dipenuhi para turis yang ramai berlibur. Para pasangan yang sedang berbulan madu dan bersantai di bawah cabana, para keluarga yang berlayar dengan berwisata snorkeling dan anak-anak bermain di air jernih berwarna biru turkois.

Nature Rebound: spesies laut yang jarang terlihat berenang di perairan properti S Hotels & Resorts di Thailand dan Maladewa

Namun, sejak Covid-19, sebagian besar dunia telah sepertinya berhibernasi dan pantai-pantai yang sama sepi dari pengunjung manusia. Pada akhir Maret, anggota tim dari SAii Lagoon Maldives yang baru saja dibuka melihat beberapa jejak kaki yang sebelumnya belum pernah ada di sepanjang pantai utama resor.

Setelah dicari, kura-kura laut Olive Ridley ditemukan bersarang di pantai – penampakan pertama yang tercatat dari spesies ini bersarang di Maladewa.

“Kami cukup terkejut menemukan spesies ini di pantai kami. Itu hanya menunjukkan betapa cepatnya lingkungan laut beradaptasi dan berkembang dalam situasi yang nyaman,” komentar Aladin Pakbara, pemimpin proyek untuk pembangunan resor.

Tim keberlanjutan di SAii Lagoon Maldives akan bekerja dengan pihak berwenang dan lingkungan otoritas setempat untuk melihat bagaimana mereka dapat mendukung penyu-penyu Olive Ridley di masa depan.

Para anggota tim sedang dilatih oleh para ahli kelautan di Marine Discovery Centre untuk mengidentifikasi kura-kura ini dan spesies baru dan langka lainnya, dan apa yang harus dilakukan jika terjadi pengamatan
lainnya.

Penurunan kedatangan wisatawan juga menyebabkan peningkatan penampakan spesies laut asli lainnya di dalam dan sekitar komunitas CROSSROADS Maladewa S Hotels & Resorts, yang meliputi SAii Lagoon Maldives, Hard Rock Hotel Maldives dan The Marina @ CROSSROADS, tempat rekreasi ‘one-stop, non-stop’ yang beragam.

Ini termasuk penyu sisik, pari elang dan ikan pari. Cerita tentang pemulihan satwa liar selama lockdown baru-baru ini telah muncul di seluruh dunia.

Sebuah video yang dirilis oleh penjaga taman di Pulau Phi Phi yang terkenal di Thailand bermunculan hiu blacktip di perairan dangkal Maya Bay, yang terkenal di film “The Beach”.

Sebagai bagian dari proyek keberlanjutan global SHR, tim Pusat Penemuan Kelautan di Phi Phi Island Village Beach Resort bekerjasama dengan taman nasional dalam berbagai pekerjaan konservasi, termasuk pembiakan karang, penanaman bakau dan proyek penyelamatan untuk hiu karpet.

Ini diprakarsai oleh Kullawit “Um” Limchularat, pakar internasional yang sangat dihormati yang mengepalai proyek pembangunan berkelanjutan perusahaan SHR.

“Komitmen SHR terhadap keberlanjutan telah ditanam dalam jalinan perusahaan kami. Sejalan dengan etos kelompok induk kami, Singha Estate PCL, kami memahami bahwa kami adalah wali yang memiliki tugas untuk melindungi dan melestarikannya untuk generasi mendatang,” kata Dirk De Cuyper, Chief Executive Officer, S Hotels & Resorts.

“Kami mengoperasikan semua resor kami sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (UN Sustainable Development Goals SDGs) PBB, terutama yang berkaitan dengan SDG14, ‘Kehidupan di Bawah Air’, dan kami berusaha untuk melestarikan ekosistem laut dan pesisir kami. Kehadiran penyu Olive Ridley di SAii Lagoon Maldives adalah contoh luar biasa lain tentang bagaimana kita memungkinkan alam untuk berkembang,” tambahnya.

Pusat Penemuan Kelautan SHR adalah fasilitas bebas masuk yang menampilkan berbagai pameran interaktif dan pameran pendidikan yang menjelaskan siklus hidup dan kebiasaan spesies laut unik yang endemik di setiap wilayah.

Pusat pertama dibuka di Resor Pantai Desa Pulau Phi Phi pada 2018, dan yang kedua diluncurkan pada 2019 di CROSSROADS Maldives. Pusat Penemuan Kelautan ketiga telah direncanakan di Santiburi, resor netral karbon di Koh Samui.

Untuk mengetahui lebih lanjut, silakan kunjungi shotelsresorts.com.