Fitur LINE Group Call

0
12
Photo: Stock Snap (Pixabay)

Bisa Digunakan untuk Panggilan Konferensi Hingga 200 Orang 

Kerja remote menjadi tren yang semakin populer di beberapa tahun belakang. Di Indonesia, sekitar 34% pekerja memilih untuk menjadi tenaga kerja remote. Indonesia juga menjadi negara kedua terbesar setelah India (56%) dalam hal telecommuting/remote work (sumber: logique.co.id).

Namun, kerja remote tentu memiliki tantangannya sendiri. Salah satu tantangan dalam kerja remote adalah melakukan panggilan konferensi yang efektif dan mudah dijangkau banyak orang. Fitur LINE Group Call bisa menjadi solusi yang tepat dan mudah untuk hal ini. LINE Group Call dapat menampung hingga 200 orang secara bersamaan, dan tersedia baik untuk mobile maupun PC. 

Panggilan konferensi cukup dilakukan langsung dari aplikasi LINE. Disediakan secara gratis, LINE Group Call pertama kali diluncurkan pada Maret 2016 lalu. Awalnya hanya menyediakan panggilan suara, tetapi pada Desember 2016 sudah dilengkapi dengan fitur panggilan video. Oleh karena itu, dengan LINE Group Call pengguna bisa melakukan panggilan konferensi baik dengan menggunakan panggilan video maupun panggilan suara secara gratis.

Cara Menggunakan LINE Group Call 

Agar bisa menggunakan fitur ini, aplikasi LINE yang harus dimiliki oleh pengguna harus memiliki versi seperti di bawah. 

  • LINE Group Voice Call: LINE iOS 5.11.0 atau di atasnya, LINE Android 5..1.1.0 atau di atasnya, LINE Desktop (Windows/macOS) 4.5.0 atau di atasnya. 
  • LINE Group Video Call: LINE iOS 6.9 atau di atasnya, LINE Android 6.9.2 atau di atasnya, LINE Desktop (Windows) 5.0.0 atau di atasnya. 

Mulai melakukan panggilan 

Untuk memulai panggilan konferensi, pengguna harus mengetuk tombol panggilan langsung dari dalam ruang percakapan. 

Melihat siapa yang sedang berbicara 

LINE Group Call juga mempermudah siapa yang sedang berbicara di dalam grup. Pengguna bisa melihatnya melalui simbol bar hijau ketika orang bersangkutan tengah berbicara. 

Lebih seru dengan efek emosi 

Pengguna juga bisa menunjukkan emosi mereka dengan menggunakan efek emosi yang terletak di dekat gambar profil saat panggilan sedang berlangsung. Cukup mengetuk ikon wajah untuk memilih salah satu efek emosi yang diinginkan. 

Layout dua panggilan grup 

Pengguna juga bisa memilih dua layout panggilan video yang berbeda, yakni pilihan satu yang membuat orang yang sedang berbicara tampak lebih besar ketimbang yang lain atau semuanya memiliki ukuran yang sama. Untuk berganti layout ini cukup mengetuk ikon panah yang terletak di sudut kiri atas. 

Diharapkan dengan fitur LINE Group Call ini, LINE dapat mendukung para penggunanya yang lebih menyukai kerja secara remote untuk bekerja dan berkomunikasi lebih efektif lagi. Sejalan dengan misinya yaitu ‘Mendekatkan Jarak’, LINE akan selalu menghadirkan berbagai layanan yang bisa mendekatkan jarak antar pengguna dalam situasi apa pun. 

Tentang LINE Corporation 

Berbasis di Jepang, LINE Corporation (NYSE:LN/TSE:3938) memiliki misi untuk ‘Mendekatkan Jarak” dan menghubungkan informasi, layanan, dan pengguna. Aplikasi pesan LINE diluncurkan pada Juni 2011 dan sejak saat itu telah berkembang menjadi ekosistem global yang beragam, termasuk teknologi AI, teknologi keuangan (FinTech), dan lainnya.