Women Leaders Forum Vol. 4

0
27
Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash

Sebagai bagian dari AccorHotel yang berkomitmen untuk merubah mentalitas dalam sektor industri perhotelan dengan mempromosikan pemberdayaan perempuan, Fairmont Jakarta menggelar Women Leaders Forum Vol. 4: Finding Your Career Purpose pada 2 Desember 2019 di Ballroom Hotel. 

General Manager Fairmont Jakarta, Carlos Monterde mengatakan “Fairmont Jakarta berkomitmen penuh dalam hal pemberdayaan wanita dan kami ingin membantu mereka mencapai potensi maksimal dalam berkarier. Dengan tujuan tersebut, kami mengusung Women Leaders Forum, sebagai bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan. Acara ini mengumpulkan para pemimpin inspirasional untuk berbagi ide dan pandangan mereka terhadap topik-topik yang berkaitan dengan women empowerment. Diawali dengan event kecil untuk karyawan internal, kini kami telah membuka kesempatan pada publik untuk berpartisipasi dan bangga dengan animo yang luar biasa dari para partisipan yang bersal dari berbagai industri”.

Diluncurkan pada tahun 2017, Fairmont Jakarta Women Leaders Forum telah memasuki edisi ke-4 dan mengusung tema Finding Your Career Purpose. Forum ini menghadirkan beberapa pembicara yang memiliki reputasi pada bidangnya untuk berbagi pengentahuan dan pengalaman perjalanan hidup mencari passion dan membentuk tujuan dalam karier hingga menjadi seorang pemimpin saat ini. Selain itu, para pembicara juga mediskusikan tentang peran laki-laki sebagai pendukung kesetaraan gender.

Adapun yang menjadi speaker dalam forum kali ini adalah Shinta Dhanuwardoyo, atau yang dikenal sebagai Shinta Bubu, pendiri Bubu.com dan chairwoman dari IDBytes Esports 2019, dengan Bubu Esports Tournament (B.E.S.T) yang memberikan total hadiah terbesar untuk turnamen Esport perempuan di Asia Tenggara. 

Fifi Henirawati adalah pendiri dan CEO dari We+, sebuah platform pintar untuk asuransi. Sebelumnya, Fifi Henirawati menjabat sebagai Direktur Eksekutif dari BP Castrol Indonesia, dia terpicu dengan masih rendahnya penetrasi asuransi di Indonesia. Ia kemudian menciptakan sebuah platform asuransi mikro yang mudah dan tidak rumit untuk mengklaim asuransi tersebut dalam bentuk asuransi retail. 

Irma Erinda, adalah seseorang yang percaya dengan hal yang berkaitan dengan makna atau purpose, orisinalitas, dan pelatihan. Sebagai praktisi, dia telah menghabiskan 13 tahun untuk mengasah global leaders di Unilever Indonesia, dan kini meneruskan perjalanan kariernya sebagai Purpose Coach di @purposefinderid yang telah membantu lebih dari 500 orang untuk mencari makna dalam kehidupannya. 

Forum ini juga menghadirkan pandangan mengenai women empowerment dari kaum laki-laki yang diwakilkan oleh Handry Satriago, CEO dari General Electric Indonesia. Dia bergabung pada tahun 1997 sebagai Business Developer Manager. Sebelum bergabung di GE, dia berkerja untuk beberapa perusahaan di Indonesia sebagai Head of Business Development.

Forum dipandu oleh Hessy Aurelia, CEO dari The Editors Club – sebuah platform digital di Indonesia untuk fashion kelas atas dan kehidupan sosialita. Sebuah platform yang mengumpulkan fashion dan lifestyle dari editor terbaik di Indonesia dan Asia Tenggara yang memberikan opini mereka secara reguler, menuliskan sebuah ulasan, laporan dan analisis tentang tren dengan cara berkomunikasi yang chic dan elegan.

Fairmont Jakarta meluncurkan Women Leaders Forum pada tahun 2017, yang didorong dengan semangat Accor dalam pemberdayaan perempuan. Accor berkomitmen untuk kesetaraan para pemimpin-pemimpin perempuan. Accor adalah satu-satunya perwakilan dari industri perhotelan yang diundang sebagai salah satu pendiri dari gerakan ‘HeforShe’ dari Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tahun 2015. ‘HeForShe’ diresmikan oleh PBB Perempuan (UN Women) sebagai salah satu gerakan solidaritas untuk kesetaraan gender. Gerakan ini mengundang orang-orang di seluruh dunia – laki-laki maupun perempuan – untuk bersama-sama memiliki visi yang sama dalam kesetaraan gender di seluruh dunia.

Sebelum bergabung dengan ‘HeForShe’, Accor telah mempunyai gerakan inisiatif pemberdayaan perempuan yang bernama WAAGs (Women At AccorHotels Generation) dengan tujuan untuk pemberdayaan perempuan dan memberikan pemimpin-pemimpin perempuan baru didalam grup AccorHotels.

Enam tahun kemudian, pada tahun 2018 Accor memberikan WAAGs sebuah wajah baru bernama RiiSE – dengan huruf “I” sebagai simbol kesetaraan dua gender untuk mempromosikan perbedaan, solidaritas dan melawan stereotype yang ada. Sekarang, Accor mempunyai target untuk mempunyai 35% general manager adalah perempuan.