Manfaat Kumpul-kumpul dan Bersosialisasi

0
18
Photo by Rosie Fraser on Unsplash

Berbahagialah Anda yang memiliki banyak teman dan sahabat. Beberapa penelitian terbaru membuktikan bahwa menikmati kehidupan sosial yang aktif dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Para ilmuwan percaya bahwa menghabiskan sebagian waktu dengan teman atau sahabat akan membuat hidup lebih sehat secara mental dan fisik 

Berikut adalah 5 alasan ilmiah yang menunjukkan pengaruh kumpul-kumpul bersama sahabat pada tingkat kesehatan seseorang:

1) Mengurangi risiko demensia

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of International Neuropsychology Society, memiliki kehidupan sosial yang sangat aktif dengan teman atau keluarga dapat kurangi risiko penyakit Alzheimer 70 persen,

2) Membuat Anda tetap fit

Penelitian terbaru dari Australia yang diterbitkan dalam International Journal of Behavioral Nutrition menemukan  bahwa punya banyak sahabat memiliki pengaruh langsung pada tingkat aktivitas fisik dan kebiasaan makan.

3) Mempertajam otak Anda

Penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari University of Michigan, USA, menunjukkan bahwa  komunikasi yang terjalin dengan baik dengan teman secara langsung atau melalui media sosial akan mendorong fungsi kognitif Anda. Sama seperti otak anda yg dilatih memecahkan persoalan dalam puzzle.

4) Meningkatkan kesehatan jauh lebih baik

Penelitian terbaru dari Brandeis University menemukan bahwa jaringan sosial yang kuat, terutama bila dikombinasikan dengan latihan fisik, dapat menunda penurunan kesehatan hingga sepuluh tahun. Memiliki hubungan yang baik dan positif dapat menunda proses penuaan. 

5) Hidup lebih lama

Penelitian terbaru oleh para ilmuwan dari Universitas Brigham Young, menyimpilkan bahwa hubungan emosional yang kuat dengan sahabat dan keluarga dapat meningkatkan peluang Anda untuk bertahan hidup hingga 50 persen

6. Berjiwa awet muda              

Banyak  bersosialisasi dengan teman sahabat (keep relationship), membuat kita tetap punya jiwa muda atau semangat muda walaupun umur terus bertambah.