Wajah Baru Segafredo: Coffee & Bar dalam 1 Atap

0
154
  • PT Deli Boga Rasa, master franchisor Segafredo Zanetti Espresso membuka gerai terbaru kedai kopi asal Italia tersebut dengan brand Segafredo Cafe & Bar di Kota Kasablanka, Jakarta.
  • Segafredo Cafe & Bar menjadi labuhan bagi para pecinta kopi autentik Italia sekaligus menikmati cita rasa cocktail yang unik.

Hadir di Indonesia sejak tahun 2002, jaringan kedai kopi global asal Italia Segafredo Zanetti Espresso mengumumkan wajah barunya di tanah air dengan nama dan tampilan baru yang menyegarkan, yaitu Segafredo Cafe & Bar. Tampilan teranyar ini kini dapat ditemui di gerainya di Kota Kasablanka Lantai Dasar, Jakarta Selatan. Gerai ini memiliki 20 area tempat duduk indoor dan 15 tempat duduk untuk outdoor

Dengan tetap menawarkan varian kopi khas Italia yang autentik, Segafredo kini merambah segmen yang lebih luas dengan menyajikan aneka jenis minuman yang lengkap, mulai dari cocktailwine, hingga gin, wiski, rum, dan vodka.

Pembaruan yang dilakukan Segafredo ini pada dasarnya sejalan dengan perkembangan gaya hidup perkotaan yang membutuhkan ruang santai untuk menghabiskan malam bersama pasangan dan rekan kerja. Apalagi, konsep hybrid yang diusung Segafredo, yaitu menggabungkan kedai kopi dengan bar, tengah menjadi tren di industri food & beverage dunia. Di tengah rutinitas yang padat serta mobilitas yang tinggi, publik menginginkan tempat yang mampu memenuhi kebutuhan bersantai mereka, dari pagi, siang, hingga malam hari. 

Sasha Safira, Co-Founder & CMO PT Deli Boga Rasa, perusahaan yang mengelola dan memiliki hak waralaba Segafredo di Indonesia berkomentar, menyeruput kopi adalah pilihan tepat bagi para pekerja kantoran untuk memulai aktivitasnya pada pagi hari atau ketika melakukan pertemuan bisnis pada sore hari. 

“Namun, pada malam hari, kelas pekerja membutuhkan ruang yang dapat membuat suasana menjadi lebih cair. Karena itulah, kami hadir dengan konsep bar,” papar Sasha saat membuka grand launching Segafredo Cafe & Bar perdananya pada Kamis, (27/06/2019).

Konsep cafe & bar ini juga semakin diperkuat dengan dukungan sajian makanan yang lengkap, mulai dari aperitivo (pembuka), primo (utama), dan dolce (penutup). Segafredo pun memanfaatkan keahlian chef kawakan yang sudah malang-melintang meracik menu-menu bergaya fusion, alias memadukan khazanah kuliner Eropa dengan Asia. 

Bukan Sekadar Bar

Yang unik dari Segafredo Cafe & Bar adalah kehadiran signature cocktail Segafredo Episodio’ yang diracik khusus oleh tangan mixologist berbakat dan sulit ditemui di bar manapun di Jakarta. Misalnya saja Freddo Jelly Shot. Ini adalah minuman Signature Special yang dibuat khusus bagi para penikmat minuman jenis cocktail. Bukan hanya Anda sendiri saja yang bisa menikmati minuman ini, akan tetapi teman-teman Anda pun dapat minikmatinya karena minuman ini termasuk kategori Sharing Cocktail. 

Freddo Jelly Shot merupakan cocktail yang sangat unik dan menarik dari segi presentasi dan juga penyajiannya di mana terdapat side-dish berupa jelly yang dibuat dengan campuran tequila, terutama bagi para Instagrammers yang biasa memposting hasil jepretannya dan mengunggahnya ke media sosial. 

Selain dari segi penampilan dan penyajiannya yang unik dan menarik, cocktail ini dibuat dari bahan-bahan pilihan yang dapat memanjakan lidah bagi peminumnya. Bahan dasar spirit alkohol dari cocktail ini menggunakan tequila, yang di-mix dengan coffee liqueur dan juga liquid cream sehingga minuman ini menjadi sangat lembut dan halus saat di mulut.

Ada juga Segafredo Crunch, sebuah inovasi dessert cocktail yang mana pelanggan menikmati koktail layaknya mengkonsumsi sereal. Bedanya, susu yang biasa dituang ke dalam cawan berisi butiran gandum yang crunchy, diganti dengan basic spirit Vodka yang di-mix dengan cacao white liqueur disertai dengan es krim vanila yang menambah kesegaran minuman. Menarik bukan? Minuman ini pun juga dapat di-sharing dengan teman ataupun pasangan Anda.

Septian, mixologist Segafredo Cafe & Bar mengatakan, menu-menu cocktail mengacu pada esensi dari minuman tersebut, yakni cocktail dibuat untuk dinikmati oleh penikmatnya secara perlahan-lahan. Ragam-ragam cocktail pun mesti disesuaikan dengan karakter pelanggan yang datang ke bar tersebut.

Belum lengkap rasanya apabila sebuah Cafe & Bar tidak menyajikan minuman liquor berbahan dasar kopi. Adalah Chocolate Oz yang merupakan cocktail yang berbahan dasar spirit alkohol Vodka vanilia, yang di-mix dengan coffee liqueur dan cacao brown liqueur (chocolate liqueur). Yang menarik dari cocktail ini adalah ia dibuat dari perpaduan antara alkohol dengan espresso Segafredo, salah satu kopi terbaik dan terenak yang ada di dunia. Campuran rasa kopi dalam minuman ini dijamin akan membuat seseorang tetap terjaga saat malam tiba.

“Di situlah, mixologist ditantang untuk meracik minuman yang tidak hanya nge-blend di lidah pelanggan, namun juga cantik secara visual karena cocktail menunjukkan kepribadian dari penikmatnya,” papar dia.

Untuk urusan perut, banyak menu lezat yang bisa dipesan pelanggan. Seperti Truffle Garlic Butter Rice; paduan garlic butter rice yang dikombinasikan dengan daging sapi bagian short plate (otot perut) yang diiris tipis dan disajikan dengan side-dish berupa salad. Semua dimasak menggunakan truffle oil dan diakhiri dengan taburan truffle zest. Rasanya? Nasinya yang gurih begitu pas dengan tekstur daging yang berserat.

Harga segelas cocktail di Segafredo & Bar berkisar Rp85.000 hingga Rp250.000. Sementara untuk menu makanan, harga yang diberikan berkisar Rp200.000 untuk dua orang. Sementara secangkir kopi berkisar Rp20.000 – Rp70.000.

Sasha menambahkan, setelah melakukan grand launching Segafredo Cafe & Bar di Kota Kasablanka, pihaknya telah merenovasi dan membuka gerai dengan konsep yang sama di gerainya yang lain. Gerai Kemang Village telah beroperasi sementara Gandaria City akan segera dibuka dalam waktu dekat. 

“Kami ingin menjadi barometer baru di dunia F&B Indonesia untuk konsep coffee shop dan bar dalam satu atap. Kami juga membuka peluang bagi para entrepreneur untuk bergabung dalam membesarkan merek tersohor Segafredo di Indonesia,” tutup perempuan 25 tahun ini.

Tentang PT Deli Bogarasa

Berdiri pada 2017 oleh tiga entrepreneur muda Indonesia; M. Adil Triansyah, Andree Djayaprawira, dan Sasha Safira, PT Deli Bogarasa bergerak di bidang food & beverage yang menjadi master franchisor dari dua merek F & B internasional, yaitu jaringan kedai kopi Segafredo Zanetti Espresso dan toko roti asal Prancis Délifrance. Saat ini, Segafredo memiliki tiga gerai yang mana seluruhnya bertransformasi menjadi Segafredo Cafe & Bar. 

Tentang Segafredo Zanetti Espresso

Menjadi “Ambassador of Italian Coffee Culture” hampir selama tiga dekade, Segafredo Zanetti Espresso adalah kedai kopi yang didirikan oleh pengusaha berkebangsaan Italia Mr. Massimo Zanetti. Kedai kopi pertamanya hadir di Paris pada tahun 1988. Di bawah naungan Massimo Zanetti Beverage Group (MZBG), Segafredo telah berkembang di 100 negara dunia. MZBG pun menjadi perusahaan kopi (private company) terbesar di dunia dengan pendapatan tahunan mencapai US$1,2 triliun.