Kebiasaan Murah yang Bikin Wajah Kinclong

0
146
Photo by Alexandru Zdrobău on Unsplash.

Wajah yang bersih dan bersinar adalah idaman setiap wanita. Banyak uang yang terbuang untuk memdapatkan wajah yang mempesona – ke salon untuk facial treatment, ke klinik kecantikan untuk menghilangkan flek-flek hitam dengan laser, bahkan ke rumah sakit untuk operasi plastik, yang memang lagi ngetren.

Tapi, sebetulnya ada cara yang lebih murah untuk mendapatkan wajah yang bersih dan kinclong. Cukup dengan mengubah sedikit gaya hidup kamu, dalam hala perawatan diri, dan juga wajah. Apa saja sih?

  1. Basuh wajah dengan air hangat lima kali sehari.

Kalau selama ini kamu memang rajin membasuh wajah, cobalah gani airnya dengan yang suam-suam kuku, hal ini akan membuat wajah menjadi segar dan berseri. Kalau muka tidak terlalu kotor, membasuh wajah tanpa sabun pun bukan soal benar.

Rajin membasuh wajah adalah kebiasaan yang baik bahkan menjadi dasar perawatan wajah – pastikan minimal lima kali sehari, yaitu pada saat mandi, setelah makan siang, lalu sehabis bepergian.

2. Mencuci wajah dua kali sehari.

Membasuh wajah saja sebetulnya belum bisa mengangkat kotoran yang menempel di kulit dan pori-pori. Selain kebiasaan membasuh muka, tambahkan juga dengan ritual mencuci muka dengan sabun yang memang khusus untuk muka – yang ‘PH balanced’. Lakukan pagi hari setelah bangun tidur, dan malam sebelum tidur.

  1. Pakailah masker dua kali seminggu.

Wajah memerlukan perawatan ekstra. Pakailah masker setidaknya dua kali seminggu – niscaya kulit akan menjadi lembab, lembut, bersih, dan cerah. Banyak jenis masker, pilihlah sesuai dengan selera, seperti masker bengkuang, masker air mawar, masker susu murni, dan lain-lain.

  1. Oleskan krim setiap habis mandi.

Krim sangat penting untuk melembabkan wajah, agar tidak kering dan kusam. Pakailah krim yang sesuai dengan kondisi kulitmu setiap habis mandi. Sewaktu mengoles, berikan sedikit pijatan agar sirkulasi darah di wajah menjadi lancar. Krim juga penting untuk melindungi wajah dari sengatan sinar matahai – untuk aktivitas yang banyak di outdoor pakailah sunblock.

  1. Banyak minum air putih.

Saran yang agak klise memang, tapi nyatanya minum air putih adalah obat yang paling mujarab – tidak hanya untuk wajah tapi untuk seluruh tubuh bahkan. Air putih adalah sumber kehidupan, minumlah secukupnya, tapi jangan di kala merasa haus saja.

Minum air putih 15 gelas per hari cukup membantu dalam melancarkan sistem metabolisme tubuh, yang tentu membuat tubuh sehat, dan ujung-ujungnya menjaga kulit bersih dan sehatmu juga.

  1. Minum jus lemon.

Selain air putih, jus lemon segar adalah minuman yang sangat disarankan. Kandungan vitamin C-nya akan menutrisi kulitmu dan membuatnya menjadi segar, cerah, dan berseri-seri. Minumlah jus lemon setidaknya dua kali sehari. Jika bosan, jus lemon ini bisa digantikan dengan jus buah yang lain, yang kandungan vitamin C-nya tinggi – sebutlah kiwi atau apel.

  1. Sayuran sebagai menu makanan wajib.

Sayuran yang masih segar akan menyuplai nutrisi dan vitamin yang penting bagi tubuh, sehingga kulit (dankulit wajah tentunya) akan terjaga kesegarannya. Konsumsilah sayuran, seperti tomat, selada, wortel, mentimun, lobak dan lain-lain – bisa dalam bentuk salada atau jus.

  1. Lindungi wajah dari polusi dan sinar UV.

Polusi sangat berbahaya bagi tubuh dan kulit wajah. Polusi dapat mematikan sel kulit serta memicu timbulnya jerawat pada wajah. Sementara, sinar matahari dapat membakar dan merusak jaringan kulitmu.

Jaga dan lindungi dirimu dari polusi dan sengatan sinar UV dengan selalu memberikan tabir surya, atau masker saat di jalan raya, serta kacamata atau topi agar wajah terlindung dari sengatan matahari.

  1. Kurangi begadang.

Sering melek malam membuat wajah tampak lebih tua. So, kurangi begadang yang “tiada artinya”agar kulitmu juga bisa istirahat, dan tetap sehat. Jatah tidur yang  baik adalah 8 jam per hari, tapi agaknya 8 jam terlalu “mewah” ya – setidaknya minimal 5 jamlah per hari.

Nah, untuk mendapatkan wajah yang kinclong, mudah, bukan?