Upnormal Coffee Roaster, warung kopi kekinian

0
323

Warung-warung kopi (modern) mulai bertebaran. Jadi, tidak perlu heran kalau akhirnya Warunk Upnormal, yang biasa dikenal dengan menu utama Indomie, beberapa di antara didirikan sebagai warung kopi. Paling tidak, selain mie instan, minuman kopi pun mendapat perhatian yang istimewa, dan itu tercermin dari penamaannya: Upnormal Coffee Roaster.

Bermula dari Bandung, Juli 2018, kini gerainya mulai tersebar ke kota-kota lain. Di Jakarta, sudah pasti, tapi juga ke kota-kota kecil, sebutlah Cimahi (Jawa Barat) atau Gresik (Jawa Timur) pun, sudah ada.

(Video: Upnormal Coffee Roaster)

Yang menarik, kalau kita amati, gerai-gerai eks Seven Eleven di Jakarta, yang sempat populer, kini banyak tergantikan dengan Upnormal Coffee Roaster. Minimal, brand yang masih satu grup dengan warung itu – sebutlah Bakso Boedjangan, yang juga naik daun.

Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan. (Dewi Lestari)

Nongkrong berlama-lama adalah yang diharapkan oleh pihak pengelola. Itu sebabnya, daya tarik di warung ini adalah selalu tersedia Wi-Fi, dan itu tersedia gratis, dengan kecepatan 250 Mbps pula, minimal itu yang dijanjikan Upnormal – termasuk 100 stop kontak. Well, jelas sangat menarik bagi para milenial yang sangat tergantung pada internet.

Memang, secara umum, menu-menu di sini tidak istimewa, aneka kreasi Indomie dan roti bakar – layaknya di Warunk Upnormal. Ditambah pisang bakar, susu segar, aneka frappe, dan masih banyak lagi. Tapi semuanya sangat populer masyarakat, dan sangat akrab dengan lidah orang Indonesia.

Hanya saja, khusus Upnormal Coffee Roaster, menu kopi yang lebih mendominasi. Dan itu sudah terlihat sejak kita memasuki warung ini, selain terlihat rak-rak toples biji kopi tertata rapi, ada pula layar besar yang menayangkan informasi seputar kopi di Indonesia, khususnya tentang kopi yang diproduksi Upnormal.

Di depan coffee bar, para tamu bisa melihat pengolahan kopi dengan teknik pembuatan manual (V60, syphon, kalita wave, dan cold brew) serta espresso dengan espresso machine. Pilihan biji kopinya variatif, dengan berbagai karakter dan rasa. Tapi yang utama adalah kopi arabika dari Gayo, Sumatra, jenis premium, Fair Trade Certified™ dari International Organization Fair Trade, 27 Mei 2010.

Ada beberapa ruang yang tersedia di sini, untuk yang non smoking, smoking area, maupun private room. Yang jelas, setiap ruangan tampak nyaman dan instagramable. Dengan harga yang affordable, Upnormal Coffee Roaster buka setiap hari mulai pukul 10.00-24.00 WIB. (Burhan Abe)