Kacamata, Fungsional atau Fashion Statement?

0
140

Kacamata resminya adalah alat kesehatan, fungsinya untuk menormalkan dan mempertajam penglihatan. Tapi lensa tipis tersebut tidak hanya berguna secara fungsional tapi juga untuk memperindah penampilan pemakainya.

Bahkan untuk orang-orang tertentu, kacamata juga sebagai fashion statement. Maka, tidak heran, misalnya Helmy Yahya, selalu memakai kacamata, meski mata minusnya sudah dilasik. Tanpa kacamata, Direktur TVRI ini merasa tidak pede, karena sudah menjadi ciri khasnya.

Contoh lain adalah vokalis Radja, yang merasa nyaman dengan kacamata hitamnya. Kalau ditarik ke belakang ada Deddy Dores, Farid Harja — keduanya sudah almarhum, atau lady rocker Atiek CB. Kalau selebs mancanegara ada Elton John, yang dikenal sebagai pemakai sekaligus kolektor berat kacamata. Jangan lupa juga, ada Jacky O’ yang punya karakter kuat dengan kacamata lebarnya.

Berikut beberapa fungsi kacamata secara umum:

Silau, Man!

Kacamata fungsinya memang membantu penglihatan, tapi kacamata sekarang ada yang didesain hanya untuk menghalangi silaunya sinar Matahari. Kacamata semacam ini, yang biasa disebut sebagai sunglasses, biasanya dipakai di pantai pada saat Matahari menyengat bumi – pagi, siang, atau sore.

Dengan kacamata, mata jadi terasa ‘adem’. Dulu ada istilah ‘cengdem’ (seceng adem) untuk kacamata yang harganya ‘seceng’, alias murah meriah.

Menormalkan Pandangan

Yup, fungsi kacamata pada dasarnya adalah membantu orang-orang yang bermasalah pada pandangannya, entah itu mata minus, positif, silinder, dan lain-lain. Kacamata, yang dibikin pas dengan jenis gangguan mata tersebut, setelah dikonsultasikan dengan dokter mata tentu, akan menormalkan pandangan pemakainya.

Meski berfungsi untuk kesehatan, tapi tidak ada salahnya memilih yang stylish, sesuai dengan bentuk wajah tentunya.

Fashion Statement

Nah, fungsi berikutnya adalah, seperi disebut di muka, kacamata sebagai fashion statement. Fungsi kacamata tentu bukan sekadar untuk menormalkan dan mempertajam penglihatan, tapi juga dipakai sebagai aksesoris yang melengkapi penampilan. Pada saat ini banyak desainer busana, yang juga terjun sebagai desainer kacamata, sebutlah Donna Karan, Calvin Klein, dan lain-lain, yang membuat harga kacamata bisa selangit. Produk mereka sangat modis, dan selalu mengikuti perkembangan zaman.