Mencoba Persinggahan Berunsur Budaya di Dubai

0
114
Gold Souk

Temukan sisi otentik dari kota menawan ini yang tidak dapat Anda temukan di tempat lain selama transit di Dubai

TIDAK dapat dipungkiri bahwa Dubai sekarang merupakan salah satu destinasi wisata yang paling populer di dunia. Meskipun Dubai terkenal dengan hal-hal yang memesona, dan mewah, sebenarnya ada banyak budaya di dalamnya yang dapat dinikmati untuk dijadikan pengalaman bersama seluruh keluarga pada kunjungan Anda berikutnya. Di bawah ini merupakan beberapa rekomendasi bagi Anda yang ingin menjelajahi warisan budaya di Dubai.

Spice Souk

Memahami Budaya Emirati

Kebanyakan orang memiliki sudut pandang tersendiri mengenai budaya Timur Tengah. Sheikh Mohammed Centre for Cultural Understanding (SMCCU) bisa menjadi tempat persinggahan pertama untuk Anda kunjungi untuk mendapatkan kesempatan bertanya hal apapun terkait dengan budaya dan adat istiadat di UEA. Dengan slogan ‘Open Doors, Open Minds’, seluruh pertanyaan akan diterima dan dijawab, tak peduli sesensitif apapun pertanyaannya. Sejak dibuka pada tahun 1998, SMCCU telah membantu para pengunjung untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai kehidupan di emirat. Berikut adalah empat tur terpandu yang ditawarkan kepada Anda untuk lebih mengenal budaya Emirat:

Tur Cultural Heritage

Ikutilah tur bersama seorang Emirati mengunjungi Mesjid Diwan dan wilayah bersejarah Al Fahidi. Al Fahidi merupakan salah satu kawasan tradisional tertua di Dubai. Tur ini akan diakhiri dengan diskusi terbuka dimana Anda akan disuguhkan satu secangkir kopi Arab dan kurma. Jadwal Buka: Sabtu, 09:00 / Minggu, Selasa, dan Kamis, 10:30

Unta merupakan sajian khas tradisional Emirat yang hanya dihidangkan di acara pernikahan dan acara spesial pada zaman modern saat ini.

Tur Creekside (sungai kecil)

Tur ini akan mengajak Anda untuk menaiki abra (perahu tradisional yang terbuat dari kayu) untuk menyebrangi Dubai Creek, mengunjungi pasar emas tradisional, pasar rempah-rempah tradisional dan pasar kain tradisional, serta mengunjungi mesjid di sekitarnya. Tapi perlu diingat, Anda harus membuat reservasi terlebih dahulu sebelum Anda bisa bergabung dengan tur ini. Di samping itu, tur ini hanya tersedia untuk minimal 10 orang dalam satu grup. Harga: AED 275 / IDR 1.076.000 per orang / Durasi: 2 jam

Desert Dubai

Santapan Khas

Berbincanglah sembari menikmati makanan dan budaya Emirat. Anda dapat memilih untuk sarapan, makan siang, brunch, makan malam atau afternoon tea.

Cultural Breakfast: AED 120 / IDR 470.000 (Senin dan Rabu, 10:00) / Cultural Lunch: AED 130 / IDR 508.500 (Minggu hingga Kamis, 13:00) / Cultural Brunch/Dinner: AED 150 / IDR 587.000 (Sabtu, 10:30 dan Minggu, Selasa dan Kamis, 19:00) / Fuala (Afternoon Tea): AED 150 / IDR 587.000 (Selasa hingga Jumat, 16:30)

Mencicipi Daging Unta 

Unta merupakan hewan yang memegang peranan penting di sejarah Emirat, dimulai dari fungisnya sebagai alat transportasi, hingga busana, dan tentunya penyedia bahan pangan. Unta merupakan sajian khas tradisional Emirat yang hanya dihidangkan di acara pernikahan dan acara spesial pada zaman modern saat ini. Meskipun sudah tidak terlalu umum seperti dahulu, pengunjung tetap dapat mencoba hidangan unta ketika berkunjung ke Dubai. Berikut ini adalah beberapa tempat untuk mencoba hidangan unta di Dubai:

Camel koftah (bakso)

Lokasi: Local House, Al Fahidi Historical Neighborhood

Local House telah lama menyajikan santapan otentik khas Arab selama lebih dari satu dekade. Mereka menyajikan sup, burger, steak, kebab, dan biryani dimana Anda bisa memilih daging yang diinginkan, mulai dari yang tidak biasa dikonsumsi seperti unta, zebra, dan bahkan daging rusa hingga daging yang umum dikonsumsi seperti sapi, ayam, dan domba. Harga: AED 75 / IDR 294.000

Susu Unta

Lokasi: Majlis, Dubai Mall

Susu unta mengandung sangat banyak vitamin dan dapat mengurangi resiko kanker usus besar, namun rasanya yang cukup kuat mungkin tidak selalu cocok bagi selera setiap orang. Harga: AED 18 – AED 26 / IDR 70.500 – IDR 102.000

Camel Burger

Burger Unta

Lokasi: Switch, Dubai Mall

Untuk makanan cepat saji yang tidak berkalori tinggi, ganti burger yang biasa Anda makan dengan burger daging unta. Rasanya sangat mirip dengan daging domba, dan Switch menawarkan beberapa topping tambahan untuk membuatnya lebih lezat lagi. Harga: AED 81 / IDR 317.000

Camel Race

Lomba Balap Unta

Di jaman yang sudah modern ini, Anda masih bisa menemukan tradisi Dubai jaman dahulu, yakni Balapan Unta. Anda dapat menemukan tradisi ini di beberapa lapangan perlombaan unta, tapi Al Marmoon Racetrack di Jalan Al Ain merupakan salah satu yang terbesar di kota.

Catatan: Antara Oktober dan April atau setiap Jumat dan Sabtu pagi

Seni Berburu dengan Elang

Falconry adalah salah satu tradisi tertua paling membanggakan di Dubai. Bahkan, pelatihan dan perburuan dengan burung pemangsa telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan Emirat sejak abad ke 13. Di jaman sekarang ini, falconry telah menjadi olahraga bernilai jutaan dollar dimana beberapa elang bahkan harganya lebih tinggi dibandingkan dengan harga Porsche.

Dubai Falconry

Dubai’s Falcon and Heritage Sports Centre di Nad Al Sheba adalah tempat yang paling tepat untuk dikunjungi untuk semua hal yang berhubungan dengan falconry di Dubai. Pasar tradisional pusat adalah satu-satunya tempat dimana burung dapat diperjualbelikan secara legal di emirat dan juga merupakan tempat dimana para falconers pergi berbelanja untuk membeli peralatan khusus di toko khusus yang ada di pasar itu.

Para pemilik toko di pasar tradisional disana dengan senang hati berbagi pengetahuan mengenai falconry dengan para pengunjung dan di sana juga ada tempat pelatihan outdoor yang bisa digunakan para falconers untuk mencoba menerbangkan burung mereka. Di sana ada juga Falcon Museum yang berlokasi di pusat, yang menampilkan warisan elang Arab kuno.

Untuk mempelajari lebih banyak tentang Dubai dan untuk merencanakan liburan Anda selanjutnya, silakan kunjungi Visit Dubai