Cappucino, si Cantik yang Istimewa

0
290
Photo by Quang Nguyen Vinh from Pexels

SAAT sedang duduk di kafe bersama teman, apa pesanan Anda? Jika Anda memesan cappucino, sudahkah Anda paham apa yang Anda minum? Apa saja kandungan dalam cappucino? Bagaimana cara membuatnya? Bisakah dibuat sendiri di rumah?

Ada banyak cara menyajikan kopi. Ada cara tradisional seperti penyajian kopi tubruk. Ada pula cara tradisional dengan rasa modern seperti kopi tubruk yang disajikan dalam french press. Ada cara penyajian dengan ekstraksi maksimal seperti espresso. Espresso kemudian dicampur dengan susu dan bahan lain sehingga diperoleh berbagai variasi sajian seperti cappucino, latte, Americano, dan lain-lain. Ada pula penyajian dengan cara unik seperti kopi joss.

Cappucino adalah salah satu variasi penyajian kopi (espresso). Espresso dibuat dengan mengalirkan air panas bertekanan tinggi pada bubuk kopi. Metode ini menghasilkan minuman kopi dengan rasa yang kuat dan pekat. Espresso sangat cocok untuk kebutuhan kafein tinggi.

Namun sebagian orang dengan keperluan yang berbeda membutuhkan sajian espresso yang lebih ringan. Maka espresso dicampurkan dengan berbagai bahan, umumnya susu, dengan berbagai variasi.

Photo by Quang Nguyen Vinh from Pexels

Cappucino adalah salah satu variasi penyajian kopi (espresso).

Cappucino adalah espresso yang disajikan dengan susu dan froth (busa susu). Komposisi penyajian cappucino adalah susu sebanyak 1/3 bagian, 1/3 bagian espresso, dan di bagian atas sebanyak 1/3 bagian adalah froth. Dengan komposisi ini, rasa kopi pada cappucino tidak terlalu kuat. Kombinasi susu dan espresso sedemikian cukup bersahabat untuk dikonsumsi sepanjang waktu pertemuan.

Komposisi kopi yang tidak terlalu besar ditambah dengan campuran susu relatif aman bagi Anda yang menderita gangguan asam lambung. Sensasi lain yang disukai dari cappucino adalah lapisan froth yang lebih tebal.

Di kafe, penyajian cappucino umumnya dibuat istimewa. Di atas lapisan froth tebal diberikan taburan bubuk cokelat yang kemudian dibentuk menjadi karakter tertentu, seperti daun, hati, atau kreasi lainnya. Keterampilan membuat karakter dalam penyajian minuman kopi ini menjadi bidang keahlian tersendiri dan sangat mendongkrak penjualan dan popularitas cappucino.

Dapatkah cappucino dibuat di rumah? Tentu saja.

Mesin pembuat espresso dapat dibeli dengan harga terjangkau. Jika tidak menghendaki memiliki mesin sendiri, espresso tetap dapat diperoleh dalam bentuk sudah jadi. Di rumah, cukup siapkan susu dan espresso siap pakai, serta cangkir saji yang telah diketahui volumenya.

Komposisi kopi yang tidak terlalu besar ditambah dengan campuran susu relatif aman bagi Anda yang menderita gangguan asam lambung.

Komposisi cappucino terdiri dari 1/3 bagian espresso, 1/3 bagian susu, dan 1/3 bagian froth. Artinya jika volume cangkir saji adalah 180 ml, maka di bagian bawah campurkan 60 ml espresso dengan 60 ml susu. Setelah tercampur rata, lapisan bawah cappucino Anda telah siap. Saatnya menyiapkan froth.

Froth secara sederhana dapat dibuat dari susu. Susu terbaik yang dapat digunakan adalah susu non fat. Cara membuatnya dengan mengocok susu selama 30-60 detik hingga susu berubah menjadi busa. Pengocokan dapat dilakukan dengan memasukkan susu dalam botol tertutup. Dapat pula dengan menggunakan mixer. Namun jika dibiarkan, busa ini akan kembali turun. Untuk mempertahankan busa, masukkan busa susu ke dalam microwave selama 30-45 detik.

Tuang busa susu ke atas lapisan bawah cappucino dengan menggunakan sendok. Cappucino telah selesai dibuat. Jika menghendaki, lengkapi dengan bubuk cokelat. Namun ini sifatnya sebagai tambahan saja dan tidak termasuk prosedur standar pembuatan cappucino. Anda dapat mengkreasikan aneka gambar pada cappucino buatan Anda sendiri sebagai ajang ekspresi. Undang teman dan sajikan cappucino karya Anda. Pertemanan Anda akan semakin istimewa.