Insiders’ Guide to Jakarta Startups

0
159

Peluncuran Buku Petunjuk untuk Memulai dan Mengembangkan Bisnis  yang Berkelanjutan di Bidang Teknologi di Jakarta

TANGGAL 6 Juni 2018 merupakan peluncuran buku “Insiders’ Guide to Jakarta Startups”yang ditulisdengan harapan dapat menjadi buku petunjuk bagi para pengusaha yang tertarik untuk bergabung dengan ekosistem startup yang terus berkembang. Buku ini berisi tips, sarana, dan inspirasi bagipembaca untukmengembangkan bisnisnyadi Jakarta. Bertempat di Starbucks Arteri Pondok Indah, peluncuran buku ini mempertemukan para pengusaha, media, investor di bidang teknologi, sekolah bisnis, pendiri co-working space, pimpinan perusahaan, dan pendiri komunitas dalam suasana yang santai, dengan pembicara utama Irzan Raditya, Norman Sasono, Rifki Pratomo, dan Boye Hartmann.

Sebagai ibukotanegara dengan perekonomian terbesardi Asia Tenggara, Jakarta seolah menjadi sarang berkumpulnya para pengusaha dari negara tetangga dan rumah bagi sebagian besar startup yang beroperasi di Indonesia. Startup-startup ini berkontribusi besar dalam mendatangkan investasi senilai 4 miliar dollar Amerika pada sektor digital Indonesia pada tahun 2017 lalu. Hal tersebut mengindikasikan bahwa para pengusaha industri teknologi yang mengembangkan bisnisnya di Jakarta telah membangun sebuah ekosistem yang kuat berkatkolaborasi dari pengusaha, investor, media, dan tentunya pemerintah yang mendukung perkembangan industri startup Indonesia sebagai pihak yang membuka jalan kepada berbagai sarana dan prasarana lokal yang bisa membantu startup untuk tumbuh dan berkembang.

startup Indonesia membuka jalan kepada berbagai sarana dan prasarana lokal yang bisa membantu startup untuk tumbuh dan berkembang.

Dalam “Insiders’ Guide to Jakarta Startups”, 32 pengusaha startup yang berpengaruh di ekosistem teknologi Indonesia secara eksklusif berbagi pandangan pribadi, pengalaman yang dirasakan sendiri, dan pengetahuan yang telah terbukti di pasaran – semuanya untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan paling penting ketika kita ingin mendirikan bisnis sendiri, seperti “Bagaimana saya memvalidasi ide-ide saya?”, “Apa cara terbaik untuk membangun sebuah tim yang kuat?”, “Saluran promosi apa yang harus saya gunakan untuk mempromosikan bisnis di Indonesia?”, atau “Investor mana yang cocokmenjadi rekanansaya?”

Terdiri dari 13 bagian yang secara khusus dirangkai sebagai langkah-langkah untuk memulai bisnis, mulai dari mencari co-founder yang tepat hingga cara mengumpulkan dana dan melindungi hak-hak intelektual, buku petunjuk ini berisi berbagai wawasan yang tidak akan Anda temukan di buku bahkan kelas mana pun yang ditawarkan di luar sana. Para pengusaha yang berkontribusi dalam buku ini membagikan berbagai saran-saran teknikal sertainspirasi bersamaan dengan cara mengenali kekuatan dan kelemahan, mendidik diri sendiri, dan menjaga agar semua hal tetap seimbanguntuk memastikan perjalanan bisnis yang mulus.

Sebagai tambahan, “Insiders’ Guide to Jakarta Startups” menyediakan informasi terkait berbagai co-working space, program, acara, dan investor di Jakarta yang bisa menjadi bahan pertimbangan pembaca sebagai strategi pendekatan sebelum terjun ke pasar. Buku ini ditulisuntuk siapa pun yang ingin melakukan hal yang berbeda dalam hidupnya; buku ini cocok untuk para inovator, para pecinta dunia startup, pemikir kreatif, penggemar teknologi, dan orang-orang yang ingin terjun ke dunia bisnis dan dansaran sekaligusinspirasi; buku ini juga cocok untuk para pekerja profesional yang bertekad merintisusahanyasendiri; dan untuk semua orang yang mencoba memahami apa saja yang dibutuhkan sebelum mendirikan bisnis di ibukota Indonesia.

Buku “Insiders’ Guide to Jakarta Startups” diterbitkan oleh PT Phoenix Communications. “Begitu banyak anak muda yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, tapi banyak juga yang mudah iri atau bahkan putus asa. Kenapa? Karena mereka melihat berbagai kisah sukses terjadi di depan mata mereka sendiri tapi mereka tidak tahu bagaimana untuk mulai menulis kisah sukses mereka sendiri. Mereka ingin mencoba, mereka siap bekerja, tapi mungkin mereka tidak tahu langkah pertama apa yang harus diambil. Di dalam buku ini, semua rahasia diungkapkan oleh para pemimpin industri. Visi yang luar biasa dari Dila Karinta dan Bettina Herz. Kami sangat bangga telah menjadi bagian dari proyek ini,” ujar Alistair Speirs, OBE, Founderdan Managing Directordari PT Phoenix Communications dan Chairmandari Most Valued Business Indonesia.