Sifat diuretik dalam kopi alami yang punya banyak manfaat

0
180

KOPI termasuk minuman favorit oleh berbagai kalangan. Jenisnya pun ada sangat banyak. Kopi memiliki banyak sekali kebaikan untuk tubuh, salah satunya karena memiliki sifat diuretik. Anda harus tahu mengenai hal ini karena manfaatnya untuk tubuh ada banyak sekali.

Pengertian sifat diuretik

Diuretik merupakan sebuah zat yang akan bermanfaat untuk membuat jumlah urin menjadi meningkat. Jadi air yang berlebih di dalam tubuh bisa dihilangkan. Hal ini sangat bagus karena air yang berlebihan bisa membuat tubuh, seperti kaki dan tangan menjadi bengkak.

Air yang berlebihan itu bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya karena adanya masalah kesehatan yang sangat serius. Misalnya gagal jantung dan penyakit ginjal. Pastinya sangat berbahaya jika dibiarkan.

Biasanya diuretik akan digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit yang penyebabnya adalah penumpukan cairan di dalam tubuh.

Diuretik juga efektif sekali untuk digunakan sebagai obat hipertensi atau darah tinggi. Bisa juga mengobati glaukoma, dan diabetes insipidus.

Sifat diuretik dalam kopi

Kopi memiliki banyak sekali sifat-sifat baiknya sehingga akan membuat kesehatan bisa menjadi baik. Namun jangan terlalu berlebihan juga.

Kopi merupakan bahan diuretik alami, yaitu berasal dari kandungan kafeinnya. Di dalam kopi terdapat sekitar 250 sampai 300 mg kafein. Setara dengan dua atau tiga cangkir kopi. Oleh karena memiliki sifat ini maka apabila Anda minum beberapa cangkir maka akan membuat produksi urine meningkat.

Namun jika hanya mengonsumsi secangkir saja tidak akan memberikan efek ini. Oleh karena kandungannya tidak cukup. Apabila Anda mengonsumsi kopi secara biasa atau tidak terlalu banyak maka perlu untuk mengembangkan toleransi untuk menghadapi sifat diuretiknya. Namun tidak akan ada efek yang dialami.

Jika Anda mengonsumsi kopi secara biasa atau tidak terlalu banyak maka perlu untuk mengembangkan toleransi untuk menghadapi sifat diuretiknya.

Informasi mengenai kopi yang memiliki sifat diuretik telah ada sejak tahun 1928 yang lalu. Meski bukan dari hasil sebuah penelitian yang benar-benar “serius” karena hanya tiga orang yang melakukan penelitiannya. Semenjak saat itu, hasil penelitian ini dengan cepat menyebar dan membuat banyak orang tahu bahwa kopi punya sifat diuretik.

Namun ada yang mengatakan bahwa sebenarnya informasi ini tidak akurat, jadi kopi sebenarnya tidak mengandung sifat diuretik. Jadi mana yang benar?

Telah ada penelitian kembali oleh American Journal of Clinical Nutrition. Mereka mencoba membandingkan beberapa jenis minuman yang bisa memberikan efek hidrasi air. Hasilnya memang dengan mengonsumsi kopi Anda akan mendapatkan efek hidrasi tapi yang paling lemah.

Jadi kesimpulannya, kopi memang memiliki sifat diuretik tapi tidak terlalu banyak. Butuh mengonsumsi beberapa cangkir untuk sampai mendapatkan efeknya. Akan tetapi jangan sampai Anda sering mengonsumsi kopi terlalu banyak, seharinya maksimal tigacangkir.

Meski tidak terlalu efektif tapi jika tidak ada salahnya mengonsumsinya secara rutin karena kopi masih bisa memberikan efek baik yang lain bagi kesehatan.