Ngopi Pagi is The Best!

0
233
Photo by David Schultz on Unsplash

“Semangat pagi! Sudahkah minum kopi pagi ini?”

Pernahkah mendapatkan sapaan seperti itu dari teman atau orang-orang tersayang? Apakah sehat mengkonsumsi kopi pada pagi hari? Apakah asam pada kopi dapat membahayakan kesehatan lambung? Apa efek konsumsi kopi di pagi hari? Simak yuk.

Kandungan kafein pada kopi umumnya hanya dikenal sebagai zat yang dapat membantu meningkatkan kesegaran tubuh dan menghambat keletihan karena kafein menghambat penyerapan adenosin. Namun kafein juga dapat memperbaiki suasana hati dan melindungi penuaan pada sel otak dengan sistem peningkatan transmisi dopamin. Kafein dapat meningkatkan aktivitas otot dan meningkatkan daya ingat jangka panjang melalui kemampuannya mempengaruhi peningkatan aktivitas asetilkolin.

Photo by Simon Migaj from Pexels

Kafein membantu mengurangi depresi, membuat peminumnya merasa lebaih santai, bersemangat, sekaligus waspada. Bagi penderita migrain, kafein membantu meningkatkan kadar serotonin sehingga gejala migrain mereda.Kafein diyakini dapat membantu meredakan nyeri dan melindungi paru-paru dari komplikasi akibat rokok dan kerusakan akibat stroke.

Efek kafein dengan dosis yang sama akan berbeda untuk setiap individu. Hal ini dipengaruhi oleh kepekaan individu terhadap kafein (hal ini dipengaruhi oleh faktor genetik, jenis kepribadian, kualitas kesehatan individu, dan berbagai faktor lain), laju metabolisme kafein pada individu yang mengkonsumsinya, serta manfaat yang diharapkan dari kafein.

Faktor genetik menentukan kondisi dasar fisik seseorang. Cara mudah mengetahui hal ini adalah dengan melihat kebiasaan keluarga besar terhadap konsumsi kafein. Jika keluarga besar cenderung merasa baik-baik saja mengkonsumsi kafein dalam jumlah besar, kemungkinan Anda juga sedemikian.

Jenis kepribadian ekstrover umumnya membutuhkan dosis kafein lebih besar dari orang introver. Orang yang sedang tidak sehat akan lebih terbantu oleh kafein dibandingkan dengan orang yang baik-baik saja. Kebutuhan Anda termasuk yang mana?

Jumlah kafein yang lebih besar dibutuhkan untuk mengatasi keletihan, atau meningkatkan prestasi olahraga, atau menurunkan berat badan.

Orang dengan laju metabolisme kafein yang tinggi akan dapat menikmati manfaat kafein yang lebih baik daripada orang yang laju metabolisme kafeinnya rendah. Sedangkan tinjauan manfaat kafein adalah apa yang diharapkan dengan meminum kafein. Jumlah kafein yang lebih besar biasanya dibutuhkan pada kondisi mengatasi keletihan atau meningkatkan prestasi olahraga atau menurunkan berat badan.

Patut diingat bahwa kafein tidak untuk setiap orang. Ada sebagian orang yang justru merasa gugup, gemetar, dan tidak dapat tidur dengan baik setelah mengkonsumsi kafein, sekalipun dalam dosis yang rendah.

Terlebih bagi anak-anak. Orang dewasa sekalipun perlu melakukan serangkaian tes individu sebelum memantapkan diri menjadi konsumen kafein.

Cobalah dengan dosis awal 100 mg, yang diasumsikan setara dengan 1 cangkir (180 mL) kopi instan atau setengah cangkir (120 mL) kopi saring. Dosis ini dapat ditingkatkan jika tidak mengalami efek samping seperti gugup, gemetar, dan insomnia. Setelah menemukan dosis yang tepat, konsumen kopi tetap harus mengkonsumsi dengan hati-hati agar tidak mengganggu waktu tidur.