Alat pembuat kopi, pilihlah yang non plastik

0
256

PERNYATAAN bahwa “Ngopi itu sehat” telah banyak diteliti dan terbukti. Kandungan kopi tidak hanya kafein, melainkan juga mengandung antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan. Dengan kadar minum yang tepat bagi individu, minum kopi dapat meningkatkan performa dan kesehatan tubuh.

Nikmatnya kopi dipengaruhi oleh bahan baku kopi, proses pengolahannya, dan air yang digunakan menyeduh. Kopi mahal dengan label produksi terbatas belum tentu akan menjadi kopi nikmat bila air yang digunakan air biasa. Air dengan kandungan mineral tertentu dapat memunculkan rasa unik pada kopi.

Tidak kalah penting adalah alat yang digunakan untuk menyeduh kopi. Secara tradisional, cara menyeduh kopi adalah dengan menuang air panas ke bubuk kopi, kemudian didiamkan sejenak agar zat-zat dalam bubuk kopi dapat terekstrak. Setelah didiamkan, di bagian bawah gelas atau cangkir akan muncul endapan biji kopi. Kafein dan bahan kimia lain terlarut dalam air, sehingga dapat dikonsumsi.

Namun cara ini umumnya tidak maksimal mengekstrak zat kimia dalam kopi. Oleh karenanya, pecinta kopi membutuhkan alat bantu dalam membuat kopi. Alat pembuat kopi yang baik tidak hanya dilihat dari mahalnya harga dan kecantikan modelnya. Pertimbangkan alat yang mudah dipakai, awet, mudah dirawat, serta tidak mengandung plastik.

Sebagaimana kita ketahui, plastik adalah satu produk yang diperoleh dari minyak bumi dan bahan sintetis lainnya. Sebagian plastik bersifat tahan panas. Namun tetap saja bahan plastik tahan panas mengalami kerusakan bila terus-menerus terkena panas. Saat rusak, menurut pengamatan mata bisa saja tidak ada yang berubah pada tampilannya. Namun bisa saja ada lapisan plastik yang berkurang tipis dan langsung terlarut dalam larutan kopi. Sementara telah diketahui bahwa plastik yang masuk ke dalam tubuh dapat menjadi pemicu kanker dan gangguan tubuh lainnya.

Alat pembuat kopi yang baik tidak hanya dilihat dari mahalnya harga dan kecantikan modelnya.

Oleh karenanya, saat akan membeli alat pembuat kopi, usahakan datang ke tempat yang menyediakan banyak pilihan. Banyaknya pilihan memungkinkan menyeleksi mana yang paling memenuhi kriteria. Contoh berikut bisa dijadikan referensi.

  • Teko kopi; gunakan teko yang bagian terbesarnya terbuat dari kaca. Jikapun ada plastik, hanya sebagai pegangan dan tutup yang tidak bersentuhan langsung dengan minuman.
  • Mesin espresso; pilih mesin espresso yang seluruh bagiannya terbuat dari stainless steel. Umumnya masih sulit dicari, namun sudah ada.
  • Cangkir: cangkir saji kopi sebaiknya menggunakan bahan keramik yang tidak mudah terkelupas. Jikapun menggunakan gelas plastik, pastikan kualitasnya bahannya bagus dan memang dibuat untuk alat bantu minum. Sebisa mungkin hindarkan gelas plastik terkena air panas, untuk menghindari terlepasnya zat kimia pemicu kanker.
  • Saat membuat minuman kopi dengan sistem drip, pastikan bahan pembuat alat drip dari bahan yang terpercaya. Untuk alat drip, umumya seluruhnya terbuat dari stainless steel. Namun tidak ada salahnya untuk tetap waspada.