Aksesoris perkopian: yang romantis dan fungsional

0
221

KOPI  dikenal sebagai salah satu jenis minuman yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Berbagai usaha yang berhubungan dengan dunia perkopian menjamur di berbagai belahan dunia. Mulai dari perkebunan kopi, pengolahan kopi, pengemasan, sampai kafe dan rumah minum kopi. Semua usaha tersebut berjalan dengan inovasi dan keistimewaan masing-masing.

Salah satu usaha dunia perkopian yang marak adalah aksesoris. Berikut ini beberapa aksesoris perkopian yang mudah ditemukan:

Kemasan

Produk kopi dikemas dengan spesialisasi tertentu dengan tujuan agar memiliki masa simpan yang panjang, tanpa mengubah rasa dan aromanya. Nikmatnya kopi sangat dipengaruhi oleh rasa dan aromanya. Jika dalam masa penyimpanan kedua faktor ini hilang, kualitas kopi dianggap rendah. Oleh karenanya, sangat penting mendesain kemasan kopi yang tertutup rapat, dibuat dari bahan yang tidak berbahaya (misalnya dilapisi alumunium foil, bukan plastik), namun tampilannya juga cantik.

Ada banyak variasi kemasan kopi. Cantiknya tampilan bisa dibuat dengan membuat sablon gambar atau stiker yang berkualitas, tanpa menghilangkan identitas kopi. Ada pula yang berkreasi dengan membuat kemasan luar berupa peti kayu berukir dengan ukuran sesuai ukuran kemasan kopi. Namun banyak pula yang mengkhususkan diri dengan membuat kemasan luar berupa tas mungil cantik.

Alat sangrai

Alat sangrai yang baik dapat diatur sedemikian sehingga bisa menghasilkan kopi yang sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, pertimbangkan pula sumber energi dari alat sangrai yang akan dibeli. Alat yang bergantung listrik, kayu, atau gas memiliki keistimewaan masing-masing. Sesuaikan dengan ketersediaan dan kemudahan akses terhadap bahan bakar tersebut.

Secara tradisional, penyangraian kopi dengan menggunakan bahan bakar kayu akan dapat menghasilkan kopi yang lebih nikmat. Namun kembali pada ukuran kepraktisan dan ketersediaan bahan bakar, calon pembeli dapat memilih alat sangrai yang paling fungsional.

Alat penggiling

Alat penggiling tersedia dalam versi elektrik dan manual. Alat penggiling elektrik artinya untuk digunakan hanya perlu disambungkan dengan listrik, pilih ukuran bubuk yang diinginkan, nyalakan, selesai. Alat penggiling manual digerakkan oleh manusia dengan mengayuh sebuah pedal. Hasil penggilingan dapat diatur sesuai kebutuhan.

Penyajian

Perangkat penyajian kopi paling banyak dieksplorasi. Mulai dari cangkir biasa untuk menyajikan kopi tubruk tradisional, french press, drip, aero press, sampai berbagai jenis alat bantu penyaring kopi. Semua alat ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. French press dan aero press menghasilkan kopi dengan citarasa yang sangat kuat. Keduanya mampu membantu ekstraksi dengan maksimal. Minuman yang dihasilkan juga bersih dari ampas. Metode drip menghasilkan minuman kopi dengan citarasa yang lebih ringan. Perangkat penyajian ini yang paling dapat dimodifikasi agar terlihat romantis, terutama saat disajikan bagi pasangan.