Mesin Single-Serve Espresso Membuat Lebih Mudah

0
146

PECINTA kopi pastinya ingin selalu bisa meminumnya setiap saat dan kapan saja. Maka dari itu banyak yang memilih membeli mesin pembuat kopinya sendiri. Salah satu jenis mesin pembuat kopi adalah Single-Serve Espresso.

Mesin ini cocok dipakai untuk pribadi atau disimpan di rumah karena hanya bisa menyajikan secangkir espresso. Mesin ini dapat menjadikan espresso yang dibuat memiliki ekstraksi yang tepat. Hanya dengan memasukkan kopi berbentuk kapsul atau polong kemudian tekan tombol. Dengan demikian espresso sudah jadi.

Industri Mesin Single-serve Espresso

Cara menggunakan mesin ini telah mengalami perubahan karena cara untuk meminum kopi pun mengalami perubahan. Contohnya cara minum kopi orang Amerika. Tadinya, sangat jarang orang yang tahu ada kopi yang dibuat dari sistem penyeduhan single-serve. Namun sekarang banyak orang Amerika yang bisa menghabiskan waktu untuk meminum kopi di rumah karena mesin tersebut.

Mesin itu sangat mudah digunakan, hanya dengan memasukkan biji kopi berbentuk kapsul atau apa pun dan air. Kemudian dengan sekali menekan tombol semuanya akan menyatu di dalam filter. Sesudah itu beberapa detik kemudian kopinya sudah jadi. Dengan demikian, siapa pun bisa mendapatkan kopi segar.

Mesin kopi ini berukuran kecil sehingga tidak akan memakan tempat di dapur. Tentu saja memiliki kelebihan dibandingkan mesin pembuat kopi besar. Beberapa kelebihannya antara lain bisa menghasilkan kopi dengan kualitas yang bagus, bisa menyediakan kopi secara cepat, dan memiliki harga yang terjangkau. Selain itu karena memang digunakan untuk menyeduh secangkir kopi maka ukurannya akan pas sekali tidak ada kopi tidak terpakai yang terbuang.

Meski namanya Single-serve Espresso tapi mesin ini dapat digunakan juga untuk membuat cokelat panas, kopi, bahkan berbagai macam jenis teh.

Tidak heran jika sekarang membuat perkembangannya semakin besar. Meski bagi sebagian penggemar fanatik kopi, dengan adanya mesin single-serve espresso ini cita rasa dari kopi yang dihasilkan akan berbeda dibandingkan dengan menggiling biji kopinya lebih dulu. Bahkan bagi  para ahli kopi pun mengatakan bahwa apa yang terjadi dalam hal penyeduhan kopi menggunakan mesin otomatis ini adalah hal yang “konyol”.

Memperlihatkan bahwa tidak sepenuhnya kemajuan mesin pembuat kopi ini ditanggapi dengan baik. Oleh karena nilai estetika dari sebuah penyeduhan kopi menjadi tidak ada lagi.

Mesin pembuat kopi yang kecil terbagi atas tiga jenis. Pertama single cup coffee maker yang lebih kecil dibandingkan dengan mesin pembuat kopi secara tradisional. Fungsinya sama dengan mesin untuk menyeduh kopi biasanya.

Lalu ada mesin pembuat kopi espresso yang memberikan aroma dan rasa kuat. Mesin pembuat espresso ini akan membuat hasilnya memiliki tekstur krim yang berbusa. Bisa digunakan untuk membuat cappuccino, latte, dan espresso.

Terakhir ada mesin kopi bubuk kemasan. Mesin ini dibungkus dengan sebuah vakum yang tertutup. Tujuannya adalah agar mencegah terjadinya oksidasi.

Jadi, dengan adanya mesin ini cara meminum kopi mengalami perubahan. Ada baiknya tapi ada kekurangannya juga. (Burhan Abe)

Photo by Oziel Gómez from Pexels