Menyeduh kopi? Inilah perlengkapannya

0
150

UNTUK membuat kopi pastinya diperlukan persediaan untuk membuatnya. Membuat kopi dari bijinya tentunya lebih sulit dibandingkan hanya menuangkan kopi yang ada dalam bentuk sachet. Maka dari itu dibutuhkan persediaan yang tepat.

Apabila Anda seorang pemula dalam membuat kopi pastinya akan bingung mengenai apa saja bahan yang diperlukan untuk membuat kopi. Jika ingin tahu mengenai bahan-bahannya maka bisa lihat pembahasannya di sini.

Bahan dan perlengkapan membuat kopi

Untuk pembuatan kopi sebenarnya bahannya tidak terlalu banyak. Beda lagi dengan perlengkapannya. Ada beberapa jenis perlengkapan yang harus dimiliki ketika Anda akan membuat atau menyeduh kopi. Untuk bahannya Anda hanya membutuhkan biji kopi.

Supaya menghasilkan cita rasa yang enak maka butuh memilih biji kopi terbaik. Cara yang bisa dilakukan untuk memilih yang paling bagus dan enak adalah sebagai berikut.

  • Aroma kopi

Untuk menentukannya Anda harus mencium aromanya dulu. Ciri biji kopi yang baik adalah memiliki aroma tebal. Apabila tidak ada aromanya maka sudah pasti biji kopi itu jelek.

  • Tanggal sangrai

Sebelum memilihnya, Anda harus tahu tanggal sangrainya. Tujuannya supaya Anda bisa tahu apakah kopi masih segar atau tidak.

  • Kualitas biji kopi

Untuk pemula mungkin agak sedikit sulit untuk mengerti akan hal ini. Maka dari itu Anda harus cari banyak referensi.

Nah, sesudah mendapatkan biji kopi yang baik maka sekarang tinggal persiapkan alat-alatnya. Antara lain sebagai berikut.

  1. Peralatan dan filter brewing

Anda harus memilih peralatan untuk brewing sesuai dengan rasa kopi seperti apa yang diinginkan. Juga harus sesuai dengan kegunaannya, apakah ingin yang lebih mudah digunakan atau lainnya. Untuk jenis filter, Anda mungkin bisa mempertimbangkan memilih merek yang sudah terkenal.

Beberapa merek filter paling terkenal adalah Hario V60, Chemex, dan Kalita Wave.

Grinder atau penggiling biji kopi juga harus dimiliki. Supaya kesegaran kopi bisa lebih baik dibandingkan membeli biji kopi yang sudah dijadikan bubuk.

  1. Grinder

Grinder atau penggiling biji kopi juga harus dimiliki. Supaya kesegaran kopi bisa lebih baik dibandingkan membeli biji kopi yang sudah dijadikan bubuk. Jika Anda punya budget lebih maka disarankan membeli alat ini. Citarasa kopi juga jadi bisa berbeda karena jenis grinder yang digunakan.

  1. Timbangan

Untuk apa kegunaan alat ini? Tentu saja untuk mengukur jumlah kopi dan air yang digunakan. Semakin Anda tahu takarannya maka semakin bisa menentukan rasa kopi seperti apa yang akan dihasilkan. Ada dua cara untuk menentukan timbangan bahan-bahannya, yaitu dengan berat dan volume.

  1. Termometer

Kegunaannya adalah untuk mengetahui temperatur air yang akan dipakai. Temperatur air akan berpengaruh kepada rasa kopi. Temperatur terbaik untuk kopi adalah 90,5 sampai 96 derajat Celcius atau 195 sampai 205 derajat Fahrenheit. Namun, temperatur ini bisa disesuikan dengan jenis biji kopi yang digunakan.

  1. Timer

Waktu penyeduhan kopi juga sangat memberi dampak signifikan kepada rasa kopi. Kopi dengan resep apa pun harus dihitung waktunya. Namun untuk mendapatkan ini Anda tidak perlu membelinya secara khusus. Timer yang ada di smartphone juga sudah cukup.

Itulah dia daftar berbagai alat dan bahan untuk menyeduh sebuah kopi bagi para pemula.