Resep Dulce de Leche Iced Coffee Float Shake

0
262

APAKAH Anda termasuk pecinta minuman yang bahan-bahannya terbuat dari kopi? Jika ya pastinya Anda ingin selalu mendapatkan informasi mengenai tempat yang menjual berbagai minuman tersebut. Atau sering ingin membuatnya sendiri di rumah dengan cara mengikuti resep yang ada.

Apabila bosan dengan minuman kopi yang biasa saja, bagaimana jika Anda coba untuk membuat Dulce de Leche Iced Coffee Float Shake?

dulce de leche adalah gula-gula susu, sebuah kata dari bahasa Spanyol. Tepatnya, sirup yang bahannya adalah dari susu.

 

Apakah Anda tahu apa itu Dulce de Leche? Jika diartikan maka menjadi gula-gula susu, yaitu sebuah kata dari bahasa Spanyol. Jadi Dulce de Leche ini adalah sirup yang bahannya adalah dari susu. Cara untuk membuatnya adalah dengan merebus susu manis menggunakan api kecil sampai berbentuk mirip karamel.

Jika di Argentina maka Dulce de Leche menjadi pelengkap dari hidangan roti. Namun di sini akan dimodifikasi sebagai salah satu bahan minuman coffee float shake. Penasaran bukan bagaimana cara membuatnya?

Sebelumnya ada informasi dulu cara untuk membuat dulce de leche, yaitu dengan cara direbus. Anda hanya perlu menggunakan satu kaleng susu kental manis. Anda harus merebus semua susu tersebut berserta kalengnya. Pastikan semua bagian kaleng terendam dengan air. Lalu rebus selama tigajam dengan menggunakan api kecil.

Jangan takut meledak, asal airnya tidak kosong maka tidak akan terjadi hal seperti itu. Jika ingin hasilnya lebih encer maka waktu rebusnya kurangi saja.Resep Dulce de Leche Iced Coffee Float Shake

Betapa menyegarkannya jika kita membuat minuman dengan campuran es krim vanila, half and half, es, dan seduhan kopi. Apalagi dengan diberikan toping berupa dulce de leche. Tentunya rasa kopi akan menjadi sangat lezat dan berbeda.

Ingin tahu bagaimana cara membuatnya? Berikut ini bahan-bahan dan cara pembuatannya.

Bahan-bahannya antara lain;

  • 2 ons half and half (krim dengan kadar lemak 10 sampai 12 persen yang berasal dari campuran susu dan krim). Jika tidak menemukannya bisa diganti dengan susu cair ditambah dengan mentega tawar dicairkan. Bisa juga menteganya diganti dengan heavy cream.
  • 2 ons double strong coffee (kopi dengan aroma dan rasa yang kuat).
  • 3 sdm dulce de leche.
  • ½ cangkir es batu.
  • 2 skup es krim vanilla.

Cara membuatnya sebagai berikut:

  • Buat double strong coffee dengan cara penyeduhan yang Anda sukai. Kemudian isi setengah dari gelas tinggi dengan es batu.
  • Selanjutnya tuangkan kopi secara perlahan-lahan di atas es batu. Kemudian tambah 3 sdm dulce de leche, 2 ons half and half lalu berikan 2 skup es krim vanilla.
  • Banyaknya half and half dan gula disesuaikan dengan selera Anda.

Selesai, resep ini bisa untuk membuat satu gelas Dulce de Leche Iced Coffee Float Shake. Mudah, bukan?