Cold brew buatan rumah lebih terpercaya

0
134

KOPI enak itu tidak harus mahal. Pecinta kopi, sesekali bolehlah menikmati kopi versi kafe atau griya kopi tertentu. Tempat-tempat sejenis biasanya memiliki spesialisasi jenis kopi yang disajikan, yang bisa jadi secara normal tidak bisa kita jangkau keberadaannya. Menikmati kopi Toraja, misalnya, tidak harus datang ke tempat asalnya. Cukup cari tempat nongkrong yang menyediakan, lalu nikmatilah. Jika memungkinkan jadwalkan datang sendiri ke lokasi. Tetapi jika masih juga tidak memungkinkan, gunakan sistem kunjungan kafe, griya kopi, penjual online atau nitip teman yang sedang berada di sana.

Sayangnya, sebagian besar kafe mematok harga kopi yang cukup tinggi. Bisa jadi hal ini berhubungan dengan layanan dan stok kelas tinggi yang disediakan. Anekdotnya jika kopi hitam di warung harganya Rp5.000 maka black coffee di coffee shop modern bisa Rp50.000 dengan bahan kopi yang sama. Kopi hitam yang bisa dibuat dengan sederhana, harganya bisa tinggi. Apalagi jenis sajian kopi yang prosesnya lebih rumit, seperti cold brew.

Kopi hitam sederhana harganya bisa tinggi. Apalagi jenis sajian kopi yang prosesnya lebih rumit, seperti cold brew.

Cold brew adalah jenis sajian kopi yang dibuat dengan mencampur bubuk kopi dan air dingin pada suhu ruang, kemudian proses ekstraksi dibiarkan terjadi selama 12-16 jam. Waktu yang dibutuhkan memang lama. Tetapi hasilnya diperoleh ekstrak kopi yang kuat, namun lembut, tidak mengandung rasa pahit dan asam.

Prosedur pembuatan cold brew kurang lebih seperti ini:

  1. Pertama siapkan wadah (bisa berupa botol selai dari kaca berpenutup), bubuk kopi, dan air dingin atau air biasa.
  2. Tuang bubuk kopi.
  3. Tuang air dan aduk rata.
  4. Biarkan dalam suhu ruang selama 12-16 jam.
  5. Saring untuk memisahkan ampas.
  6. Simpan dalam wadah tertutup di lemari pendingin. Cold brewbisa bertahan sampai 10 hari.

Cold brew dapat pula ditambahkan dalam sajian minuman yang disukai, misalnya es campur atau cocktail. 

Cold brew bisa disajikan begitu saja. Sebagai variasi, dapat disajikan bersama es batu dan tambahan gula bila diperlukan. Dapat pula ditambah dengan krim, susu, atau campuran lain sesuai selera. Cold brew dapat pula ditambahkan dalam sajian minuman yang disukai, misalnya es campur atau cocktailCold brew akan menambahkan rasa sehingga sajian semakin istimewa.

Membuat cold brew sendiri di rumah bukan hanya mudah, tetapi juga lebih terpercaya. Asal, jenis kopi, dan kualitas air yang digunakan diketahui dengan pasti. Prosesnya dapat diamankan dengan seksama, sehingga tidak khawatir minuman yang sedang dibuat tercampur dengan hal-hal yang tidak diinginkan. Tingkat kepekatan cold brew juga bisa diatur sesuai selera dan kebutuhan. Bahkan bisa jadi cold brew dijadikan campuran kue, sehingga diperoleh kue dengan rasa dan aroma kopi istimewa buatan sendiri.

Menikmati kopi dapat dilakukan di rumah. Perkaya referensi, perbanyak latihan, dan berani mencoba teknik atau peralatan baru. Perkaya pengalaman perkopian.