Kopi Lagi, Lagi-lagi Kopi

0
146
Thanks to Hannah Busing for sharing their work on Unsplash

Dari Timur Tengah Menyebar ke Seluruh Dunia

TANAMAN kopi pertama tercatat ditemukan di wilayah Afrika dan Ethiopia. Di Ethiopia kopi ditanam oleh penduduk dataran tinggi. Meluasnya interaksi antar wilayah, memungkinkan kopi dikenal oleh masyarakat Arab sebagai minuman pembangkit energi sehingga mereka bisa berdagang dengan baik. Sebagai masyarakat pedagang, bangsa Arab berdagang sambil menyebarkan ajaran agama Islam, sekaligus membawa pula kopi sehingg dikenal ke wilayah lainnya.

Pada tahun 1.000 M, penyelidikan terhadap kopi dilakukan oleh Ibnu Sina. Hasil penelitian ini menjadi catatan pertama tentang kopi dari sudut pandang kedokteran dan kesehatan. Pada abad ke-14, di wilayah Mekah dan Madinah telah bermunculan kedai kopi. Penyebaran kopi meluas ke wilayah Konstantinopel pada abad yang sama. Tercatat kedai kopi pertama bernama Kiva Han dan dibuka tahun 1475.

Kopi juga bersentuhan dengan dunia politik. Pada tahun 1669 duta besar Turki memperkenalkan kedai kopi di paris kepada raja Louis XIV. Raja Charles II menutup seluruh kedai kopi di London pada tahun 1675 dengan tuduhan utama kedai kopi dijadikan tempat pemufakatan makar.

Kopi juga bersentuhan dengan musik. Salah satunya musisi terkenal Johann Sebastian Bach membuat komposisi Coffee Cantata pada tahun 1732 di Leibzig.

Karya ini menggambarkan perjalanan spiritual seseorang, sekaligus sebagai sebuah parodi ketakutan masyarakat Jerman atas berkembang pesatnya popularitas kopi. Sebelumnya, masyarakat Jerman dikenal sebagai penggemar bir.

Pada tahun 1802, istilah cafe mulai dikenalkan sebagai petunjuk atas sebuah tempat yang menyajikan menu utama minuman kopi. Sebelumnya istilah yang digunakan adalah coffee house. Kata cafe berasal dari bahasa Perancis ‘eafe’ dan bahasa Italia ‘caffe’.

Photo by Leah Kelley from Pexels

Pada tahun 1820, kafein sebagai zat utama dalam kopi ditemukan secara bersamaan oleh tiga penelitian di tempat yang berbeda. Penelitian ini dilakukan oleh Runge, Robinquet, dan Pelletier yang bekerja bersama Caventou.

Sebagai masyarakat pedagang, bangsa Arab berdagang sambil menyebarkan ajaran agama Islam, sekaligus membawa pula kopi sehingg dikenal ke wilayah lainnya.

Dalam perkembangannya, teknologi pengolahan kopi juga berkembang. Di tahun 1822 prototipemesin espresso dibuat di Perancis.

Cara penjualan kopi juga mengalami perkembangan. Kopi dalam kemasan mulai dikenalkan pada tahun 1873 di Amerika oleh John Arbukle.

Tahun 1910 Jerman membuat kopi decaf (kopi dengan kadar kafein yang telah diturunkan) dan dikenal dengan nama dekafa. Kopi instan mulai diperkenalkan oleh Nestle pada tahun 1938 di Brazil.

Salah satu gerai kopi terbesar di dunia adalah jaringan Starbucks. Gerai pertama Starbucksdibuka di Seattle pada tahun 1971. Dalam kurun waktu 27 tahun (1998), Starbuckstelah memiliki 2.000 gerai di wilayah Amerika saja. Di seluruh dunia, gerai pada tahun tersebut telah mencapai 5.715 buah, 11 di antaranya berada di Indonesia.