Tas, Antara Gegsi dan Kebutuhan

0
70
Pixabay

Tas mempunyai arti yang sangat penting bagi wanita. Bukan hanya fungsinya untuk menaruh barang-barang berharga, tapi sudah menjadi bagian dari style yang tak terpisahkan dari kehidupan wanita. Tas juga menunjukkan personaliti pemakainya, termasuk ada gengsi di dalamnya – sehingga tidak heran kalau ada tas yang sangat mahal harganya.

Pada dasarnya kebutuhan akan tas meliputi fungsi dan kenyamanan pemakainya. Tapi di atas itu ada faktor tren dan merek, yang keduanya menjadi penting dalam pergaulan modern.

Para desainer saat ini berlomba-lomba untuk menciptakan tas dengan aneka gaya, juga dengan bahan-bahan yang makin bervariasi, mulai dari kanvas, kulit aneka binatang, kulit imitasi, plastik, bahkan bahan kertas. Sangat beraneka ragam, dan kita bisa memilihya sesuai selera kita.

Tapi yang jelas, harga mahal belum tentu menentukan kualitas tas itu baik atau tidak. Merek luar negeri juga tidak selamanya bagus, ada merek-merek lokal yang eksotik bahkan kualitas tidak kalah bagusnya dengan international brand.

Berikut panduan memilih tas:

1. Bahan

Bahan tas bermacam-macam, pakailah yang sesuai dengan kebutuhan dan selera. Tas berbahan kanvas, misalnya, cocok dipakai untuk acara yang tidak formal – desainnya juga lebih kaya dan bervariasi. Harganya relatif lebih murah ketimbang kulit, misalnya.

Tapi yang jelas, tas berbahan kulit memang pilihan yang paling bijaksana – selain bagus, juga tahan lama. Setidaknya miliki dua atau tiga tas kulit asli yang memiliki kualitas bagus, yang bisa dipakai untuk kesempatan istimewa bahkan untuk sehari-hari.

Beach Bag

2. Berat

Bawalah tas dengan berat yang cukup. Maka, seleksinya barang-barang yang dimasukkan ke dalam tas – ada barang tertentu yang memang selalu ada di tas, tapi sesungguhnya tidak semua barang harus masuk tas.

Tas yang mempunyai isi yang berat akan cepat rusak, bahkan bisa membuat leher Anda tegang. Well, demi kesehatan leher dan tulang, ada rumusnya bahwa berat tas Anda sebaiknya tidak lebih dari 10% dari berat badan Anda.

3. Ukuran

Sesuaikan ukuran tas dengan Anda. Jangan terlalu besar atau terlalu kecil, sesuaikan dengan porsi tubuh Anda.

Carilah tas yang banyak kantongnya, atau sesuai dengan kebutuhan, sehingga bisa menaruh dompet, ponsel, kosmetik, uang receh, dan lain-lain. Sehingga kalau memerlukan apa-apa, kita tidak mengubek-ubek isi tas.

Tali tas yang terlalu pendek membuat beban lebih berat, sementara tali yang terlalu panjang membuat beban di bahu Anda juga semakin berat.

4. Panjang Tali

Hampir semua tas memiliki tali, pilihnya ukuran yang pas sesuai fungsinya – tidak terlalu panjang dan tidak terlalu pendek.

Tali tas yang terlalu pendek membuat beban lebih berat, sementara tali yang panjang membuat beban di bahu Anda juga semakin berat. Hindari juga tali tas yang terbuat dari rantai, meski artistik, tapi bisa membuat bahu sakit.

5. Coba Dulu

Membeli tas tidak bisa hanya melihat dari gambar saja, cobalah, sampai membuat Anda merasa nyaman, baik secara estetika, dan yang lebih penting enak disandang. Kalau Anda membelinya via online, pastikan dimensinya sesuai dengan yang diharapkan, sehingga Anda tidak kecewa.