Memakai Eyeliner Sesuai Bentuk Wajah

0
160

Makeup merupakan satu cara yang aman untuk membantu seseorang menyamarkan kekurangan atau menonjolkan bagian fisik pada wajahnya. Sehingga akan membuatnya tampil lebih percaya diri. Salah satu bagian wajah yang paling penting pada saat ber-makeup adalah mata. Sebab, mata sering menjadi pusat perhatian ketika kita berinteraksi dengan orang lain.

Semua sudah terlahir dengan bentuk fisik yang berbeda yang membutuhkan suatu produk unik untuk menonjolkannya dengan baik. Eyeliner menjadi salah satu alat penting yang berguna mempercantik mata.

Seperti halnya warna kulit dan jenis rambut, tidak semua mata diciptakan sama. Ada mata dengan bentuk bulat, bentuk almond, mata sipit, mata sayu, ada pula mata asimetris. Kita semua sudah terlahir dengan bentuk fisik yang berbeda yang membutuhkan suatu produk unik untuk menonjolkannya dengan baik. Dalam hal ini, eyeliner menjadi salah satu alat penting yang berguna mempercantik mata.

Sentuhan eyeliner dapat mengubah kesan pada mata seseorang. Goresannya dapat membantu mengangkat penampilan Anda dengan lebih dari satu cara. Eyeliner dapat mengubah mata dari polos menjadi nakal, halus, tajam, sampai dramatis. Eyeliner adalah satu produk yang bisa mengubah bentuk mata Anda, memberinya ilusi supaya lebih terangkat, lebih lebar, lebih kecil, lebih bulat, dan sebagainya.

Namun hati-hati, pengaplikasian eyeliner bisa saja mendukung atau bahkan menghancurkan seluruh tampilan riasan Anda. Sayangnya lagi, tidak semua wanita dapat menggunakan eyeliner dengan tepat dan benar. Bukannya membuat mata tampil cantik, tapi justru malah mengubah mata yang dasarnya cantik menjadi tidak cantik.

Photo by Pete Bellis on Unsplash

Untuk menghindari kesalahan tersebut, ada baiknya Anda mengetahui bentuk mata Anda dan mulai menyesuaikan cara penggunaan eyeliner dengan tepat. Berikut ini, ada beberapa tips penggunaan eyeliner berdasarkan bentuk mata.

Mata Bulat

Pada mata bulat dan cenderung besar sebaiknya membuat garis eyeliner secara tipis atau sedang di area atas kelopak mata. Lalu, tarik garis panjang menyerupai sayap ke area luar di bagian kelopak mata. Ini akan mengesankan mata lebih panjang. Selain hitam, Anda juga bisa memilih eyeliner dengan warna terang seperti cokelat muda.

Mata Almond

Mata almond memiliki bentuk mirip kacang almond. Jenis mata ini hampir bisa dirias dengan model liner apa pun. Namun, bentuk wing akan lebih cocok untuk mempercantik lengkungan mata almond.

Mata Sipit

Bentuk mata yang sipit biasanya terlihat kecil dan tanpa lipatan pada bagian luar matanya. Supaya mata memiliki kesan lebih besar dan memiliki lipatan, Anda dapat menggoreskan eyeliner persis di atas bulu mata lebih lebar dengan warna sedikit tipis. Pengaplikasian model cat eye atau wing juga cocok untuk jenis mata sipit.

Mata Sayu

Bentuk mata sayu cenderung turun di bagian ujung luarnya. Makanya, harus pintar-pintar memilih riasan mata. Supaya mata berkesan lebih naik, Anda bisa menggunakan eyeliner dengan membentuk model cat eye pada area bagian bawah mata. Cara ini bisa memberi kesan pada mata agar tampak lebih naik dan tajam.

Mata Asimetris

Pada mata asimetris, biasanya mata kanan atau mata kirinya cenderung lebih besar atau lebih kecil. Untuk menyeimbangkan ukurannya agar tampak sama, tariklah garis eyeliner ke arah di bagian mata yang lebih kecil sehingga membentuk model cat eye.