Redakan Stres dengan Yoga Yuk!

0
79

Gaya hidup masa kini yang menuntut mobilisasi tinggi tentunya menciptakan tekanan tersendiri. Bagi wanita, makhluk yang konon hormonal, berhadapan dengan setumpuk kegiatan dalam kondisi tersebut bisa membuat pikiran mudah kusut dan perasaan tidak karuan. Sumber stres itu sebut saja berwujud tugas kuliah, tuntutan pekerjaan, dan kemacetan saat dikejar waktu.

Untuk redakan stres, tentu para wanita harus memiliki keahlian pengaturan waktu dan penentuan prioritas. Tetapi bila tekanan dirasa cukup besar, kita butuh solusi yang dapat menjaga pikiran tetap seimbang dan tubuh tetap sehat, bertahan walau berhadapan dengan pemicu stres.

Saat itulah kita mengatur alur napas dengan menghirup udara dalam-dalam dan mengeluarkannya perlahan. Pernapasan dalam yoga memiliki efek relaksasi bagi otak.

Yoga adalah olah fisik yang bermanfaat untuk tubuh dan pikiran. Anda bisa saja memilih cara lain untuk redakan stres tetapi yoga bermanfaat mengurangi tekanan dalam pikiran sekaligus membuat tubuh Anda sehat. Saat berlatih yoga, kita harus benar-benar fokus pada tubuh dan pikiran. Saat itulah kita mengatur alur napas dengan menghirup udara dalam-dalam dan mengeluarkannya perlahan. Pernapasan dalam yoga memiliki efek relaksasi bagi otak.

Bahkan, bagian otak yang kinerjanya paling tinggi akan terpengaruh dengan ritme pernapasan yoga ini. Saat kondisi tubuh rileks, maka hormone stres pun akan berkurang. Selain pernapasan, gerakan yoga juga melatih keseimbangan dan ketahanan tubuh yang bermanfaat dalam membantu kita untuk konsentrasi.

Untuk Anda yang belum pernah berlatih yoga, Anda bisa mencoba gerakan sederhana untuk redakan stres. Pertama adalah child pose. anda hanya perlu duduk, bisa dengan posisi kaki bersila. Lalu bungkukkan pungung sejauh mungkin ke depan dengan kedua tangan menggapai jauh ke depan, hingga menyentuh lantai. Coba juga cat and cow pose.

Cukup dengan bertumpu pada lutut yang terbuka selebar pinggul dan tangan dibuka selebar bahu. Lalu, Tarik napas sambil menarik punggung ke arah bawah dan kepala menghadap ke atas. Setelah itu, buang napas dengan menarik punggung ke arah atas dan kepala menghadap ke bawah. Gerakan-gerakan tersebut mengurangi ketegangan di sekitar leher dan punggung, dua bagian tubuh yang kerap kali diserang nyeri. Anda juga bisa melakukan downward facing dog.

Khasiat yoga mampu mengendalikan perasaan negatif dan beraktivitas dengan konsentrasi baik.

Mulailah dengan berdiri tegak sikap sempurna, lalu bungkukkan badan dengan posisi kedua tangan lurus menyentuh lantai dengan jari-jari terbuka lebar. Kedua kaki dan tangan mendorong kuat ke arah lantai. Kepala mengahadap ke arah pusar dengan leher dibuat rileks tanpa tekanan. Atur napas sesuai dengan gerakan. Untuk manfaat relaksasi maksimal, berlatihlah dengan suasana tenang yang relatif sepi. Buatlah diri Anda senyaman mungkin. Tentu saja khasiat olahraga ini akan benar-benar terasa bila dilakukan dengan benar dan secara teratur. Anda akan mampu mengendalikan perasaan negatif dan beraktivitas dengan konsentrasi baik.