3 Tips Aman Berkendara untuk Wanita

0
60

Berkendara dengan kendaraan pribadi mungkin menjadi pilihan Anda demi kenyamanan di perjalanan. Terlebih lagi, kendaraan pribadi siap digunakan kapan saja jika diperlukan. Dalam hal ini, Anda tidak perlu bergantung pada orang lain untuk menyediakan kendaraan atau mengantar Anda ke tujuan. Meskipun merasa leluasa dengan milik pribadi, faktor keamanan tetap harus diperhatikan, terlebih lagi jika Anda wanita karena bisa saja ada pihak tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan keadaan.

Cek Kondisi Kendaraan

Aman berkendara tidak hanya soal pandai mengemudi. Biasakan untuk memeriksa kondisi kendaraaan sebelum bepergian. Cek apakah ban sudah cukup terisi angin. Bila perlu, simpan ban cadangan untuk keadaan tidak terduga. Pastikan bahan bakar dalam keadaan penuh. Anda tentu tidak mau kehabisan bahan bakar di tengah perjalanan yang tiba-tiba macet total atau ketika harus menempuh rute yang lebih jauh dari biasanya. Akan lebih baik jika kendaraan Anda sudah diservis sebelumnya.

Anda bisa melengkapi kendaraan dengan GPS, alat yang berguna saat melintasi lingkungan yang asing atau sedang mencari alamat tujuan.

Kelengkapan Kendaraan

Kelengkapan surat mengemudi dan kendaraan sudah tentu wajib Anda bawa supaya aman berkendara. Hindari pergi dalam keadaaan terburu-buru agar tidak ada yang tertinggal. Selalu cek ulang barang bawaan Anda. Selain surat-surat penting, Anda bisa melengkapi kendaraan dengan GPS. Alat ini akan berguna saat melintasi lingkungan yang asing atau sedang mencari alamat tujuan.

Bawa juga obat-obatan yang mungkin akan diperlukan dalam perjalanan. Kemacetan atau hujan deras bisa menurunkan kondisi tubuh. Untuk berjaga-jaga, bawalah alat semprot cabai atau merica. Hindari berinteraksi dengan orang asing yang mencoba mendekati Anda atau mengetuk jendela mobil, walaupun untuk meminta tolong, terlebih lagi di tempat sepi. Melengkapi mobil dengan alarm juga bisa mengurangi risiko tindak kejahatan.

Hindari berkabar atau beriteraksi dengan menggunakan handphone saat mengemudi.

Kabari Kerabat

Biasakan untuk berkabar dengan kerabat bila Anda hendak bepergian, terlebih jika Anda seorang pemula. Dengan demikian, keluarga atau teman Anda bisa memperkirakan kapan Anda sampai di tujuan dan siap seandainya dibutuhkan pertolongannya. Hindari berkabar atau beriteraksi dengan menggunakan handphone saat mengemudi.

Hal ini memecah konsentrasi dan bisa membahayakan pengguna jalan lain atau diri sendiri. Simpan kontak-kontak penting yang bisa dibutuhkan sekali waktu seperti montir, bengkel, atau pengelola jalan tol. Oleh karena itu, penting juga untuk memastikan baterai handphone Anda terisi.

Jalanan yang tidak bisa ditebak dan masih tingginya angka kejahatan merupakan alasan utama untuk berkedara dengan aman. Maka, tidaklah berlebihan jika Anda melakukan poin poin tersebut di atas. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Tindak kejahatan memang bisa terjadi pada siapa saja, tanpa memandang jenis kelamin. Namun tidak ada salahnya jika wanita lebih membekali diri dalam berkendara terutama jika harus sering bepergian sendiri atau di malam hari.