Traveling Nyaman dengan si Kecil

0
40

Akhirnya saat itu tiba juga. Saat di mana harus bepergian dengan membawa serta balita Anda. Membayangkannya terkadang membuat Anda merasa tidak sabar karena ingin bertualang seru bersama si kecil yang lucu. Namun, tidak jarang juga kecemasan itu datang, bayangan akan segala kerepotan karena si kecil rewel, perlengkapan tertinggal, atau kondisi tempat tujuan yang ternyata tidak nyaman untuk sang buah hati.

Jangan biarkan keseruan bepergian berkurang karena rasa cemas dalam pikiran. Persiapkan semua kebutuhan sejak jauh hari. Terlebih lagi jika tidak ada orang dewasa lain yang turut serta, Anda akan sepenuhnya bertanggung jawab atas kenyamanan dan keamanan bersama balita selama di perjalanan. Tentunya ada banyak hal yang harus dipersiapkan dengan matang supaya traveling nyaman dengan si kecil.

Sebelum tanggal kepergian tiba, buatlah daftar keperluan yang harus dibawa. Pakaian yang cukup, obat-obatan, mainan kesayangan, dan makanan beserta alat pembuatnya. Bagi Anda yang memiliki balita yang baru saja makan makanan tambahan, urusan konsumsi si kecil menjadi susah-susah gampang. Setidaknya, Anda harus siap sedia dengan bahan makanan khusus balita dan camilannya.

Lain halnya jika Anda sudah kenal cukup baik dengan lingkungan tujuan, Anda bisa membeli bahan makanan segar di pasar tradisional atau supermarket. Walaupun tampak belum mengerti, cobalah informasikan pada balita Anda bahwa ia akan bepergian. Ceritakan dengan cara yang seru mengenai transportasi yang akan digunakan, tempat tujuan, atau orang-orang yang akan ditemui selama travelling. Cara ini bisa membantu mengurangi rasa ‘kaget’ si kecil saat tiba di tempat asing dan membuat traveling nyaman untuknya.

Walaupun tampak belum mengerti, cobalah informasikan pada balita Anda bahwa ia akan bepergian.

Untuk urusan transportasi, pastikan Anda memesan tiket jauh-jauh hari jika akan menggunakan moda transportasi umum. Untuk berjaga-jaga, Anda bisa pesan tempat duduk ekstra terutama bila perjalanan yang ditempuh akan memakan waktu lama. Kursi tambahan ini akan berguna bila balita merasa lelah dan ingin tidur. Tempat duduk ekstra juga memberi tempat lapang bagi si kecil agar lebih leluasa bermain sehingga balita merasakan traveling nyaman dan seru.

Meskipun semua persiapan telah matang, jangan menetapkan standar yang tinggi untuk balita. Sedikit kerewelan wajar saja terjadi selama di perjalanan. Bisa jadi karena balita merasa lelah, bosan, atau masih merasa asing di tempat baru. Biarkan si kecil menumpahkan perasaannya. Hal yang paling penting adalah jaga kondisi Anda dan balita tetap sehat. Cari tahu kontak klinik atau dokter anak di tempat tujuan untuk berjaga-jaga.

Ketahui dengan baik cuaca di tempat tujuan agar Anda bisa menyesuaikan pakaian yang akan dibawa serta. Bila berencana berenang, pastikan Anda membawa perlengkapannya beserta pelampung dan minyak penghangat untuk si kecil. Bawa juga selimut dan baju hangat jika Anda memilih waktu perjalanan di malam hari.