Cara Merawat Pernak Pernik Kulit Asli

0
76

Aksesoris dari bahan kulit asli merupakan salah satu yang banyak digemari. Pernak pernik kulit asli memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya menjadi kesukaan banyak orang. Bahan kulit asli bisa dberasal dari binatang seperti sapi, buaya, atau domba. Keunikan bahan ini adalah, semakin lama digunakan, akan terasa semakin nyaman karena kulit bersifat lentur. Tekstur kulit yang berbeda dari setiap binatang tentu akan menambah ciri tersendiri terhadap produknya. Selain itu, bagi yang paham betul produk kulit asli, bahan ini akan memunculkan aura eksklusif bahkan ada kilap unik jika sudah digunakan dalam jangka waktu tertentu.

Kelebihan utama dari bahan kulit asli adalah sifatnya yang kuat. Jika dibandingkan dengan bahan kulit sintetis, masa pakai kulit asli jauh lebih lama sedangkan yang imitasi rata-rata hanya sepertiganya saja. Walaupun terkadang sulit dibedakan, terutama bagi pemula, pernak pernik kulit asli kualitasnya tetap jauh di atas bahan sintetis. Karena itu, tidak heran jika harganya pun lebih mahal.

Meskipun bersifat kuat dan tahan lama, perawatan tetap penting dilakukan agar kualitas pernak pernik kulit asli milik Anda tetap terjaga. Seperti halnya kulit kita, ada beberapa perlakuan yang bisa membuat bahan ini awet dan tetap cantik.

Seperti halnya kulit kita, ada beberapa perlakuan yang bisa membuat bahan ini awet dan tetap cantik.

Bersihkan dan Jaga Tetap Lembap

Bahan kulit asli bersifat menyerap karena ia memiliki pori-pori. Jika tas kulit Anda terkena noda, segera bersihkan dengan sabun lembut yang dioles pada kain microfiber lalu bersihkan noda dengan gerakan melingkar. Tambahkan sedikit saja air untuk membuatnya sedikit berbusa. Jaga agar kulit tidak sampai benar-benar basah. Jika Anda membeli produk dari merek yang cukup ternama, biasanya mereka menyediakan pembersih khusus yang selain berfungsi membersihkan, juga dapat menjaga kelembapan bahan kulit.

Jika Anda tidak memiliki pembersih khusus ini, bahan-bahan yang ada di rumah ternyata bisa dimanfaatkan, seperti cuka, soda pengembang, atau minyak zaitun. Anda bisa mencoba mencampurkan dua sendok makan minyak zaitun dengan cuka. Oleskan tipis bahan tersebut pada permukaan pernak pernik kulit sebagai pelembap. Setelah itu, biarkan kering semalaman.

Salah perawatan atau keteledoran akan mengurangi kecantikan aksesoris Anda dan bahkan membuat masa pakainya lebih pendek dari yang seharusnya.

Hindari Bahan Pembersih Berbahaya

Telitilah saat menggunakan produk pembersih, periksa terlebih dahulu bahan pembuatnya. Jangan gunakan pembersih yang mengandung minyak munk, minyak petroleum, dan sejenisnya. Kandungan tersebut bisa meninggalkan noda dan merusak bahan kulit asli.

Produk berbahan kulit asli memang berkesan elegan dan harganya tidak murah. Anda tentu ingin uang yang dikeluarkan sepadan dengan apa yang didapat. Karena itu, luangkan waktu sejenak secara teratur untuk menjaga kualitasnya. Salah perawatan atau keteledoran akan mengurangi kecantikan aksesoris Anda dan bahkan membuat masa pakainya lebih pendek dari yang seharusnya.