Cantik dan Segar Berkat Sayuran Mentah. Mau Coba?

0
836

Manfaat mengonsumsi sayuran tentu sudah tidak diragukan lagi. Bahan makanan segar ini mengandung banyak zat penting seperti vitamin, mineral, dan serat. Sekarang ini dikenal gaya hidup raw food diet atau konsumsi makanan mentah, sesuai bentuk aslinya tanpa diolah. Diet seperti ini dipercaya dapat membuat tubuh mendapatkan manfaat maksimal dari makanan yang disantap.

Beda dengan sayuran yang dimasak, walaupun nutrisinya bisa tetap utuh, namun enzim alaminya telah rusak saat dikonsumsi.

Bahan makanan dalam raw food diet adalah sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian. Bagi Anda penggemar sayuran, Anda bisa mencoba menyantap makanan sehat ini tanpa dimasak alias mentah. Sayuran mentah menurut penelitian memiliki enzim yang utuh yang sangat berguna bagi tubuh. Beda dengan sayuran yang dimasak, walaupun nutrisinya bisa tetap utuh, namun enzim alaminya telah rusak saat dikonsumsi.

Nutrisi utuh dalam sayuran mentah ternyata bisa membuat kulit tampak lebih cerah. Hal ini tentu karena serat dalam sayuran berguna melancarkan metabolisme tubuh sehingga zat-zat yg tidak lagi diperlukan dapat keluar dengan mudah.

Efek mencerahkan kulit ini bisa lebih tinggi untuk sayuran yang mengandung vitamin C dan E yang memang berkhasiat membuat kulit bercahaya. Untuk mendapatkan manfaat maksimal, jadikan sayuran mentah sebagai menu utama dalam hidangan Anda sehari-hari. Dengan dibarengi olahraga teratur, asupan air putih yg cukup, serta istirahat, tentu tubuh Anda akan benar terasa segar dan sehat.

Sayuran apa saja yang aman dimakan dalam keadaan mentah? Di antaranya sering dan mudah kita jumpai dalam menu keseharian. Ternyata seledri, bawang merah, bawang putih, dan tomat yang sering digunakan sebagai bumbu masakan lebih kaya manfaat dikonsumsi sebagai sayuran mentah. Seledri aman dimakan mentah karena sifatnya yang mudah dicerna.

Sayuran hijau ini mengandung air dan mineral yang baik untuk tubuh. Bawang merah dan bawang putih memiliki khasiat anti kanker jika dimakan tanpa diolah. Bawang putih juga dikenal istimewa karena dipercaya bisa membantu mengurangi risiko terkena penyakit berbahaya seperti kelebihan kolesterol dan penyakit jantung. Sementara itu, tomat mengandung vitamin A dan C yang akan tetap terjaga bila kita memakannya dalam keadaan mentah. Anda bisa juga memilih selada, jagung, dan wortel untuk langsung dikonsumsi.

Tomat mengandung vitamin A dan C yang akan tetap terjaga bila kita memakannya dalam keadaan mentah.

Tidak perlu segan makan jagung mentah hanya karena selama ini kita terbiasa mengkonsumsinya dengan direbus atau dibakar. Jagung manis mentah memiliki kandungan yang dapat menjaga kesehatan mata, jantung, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Jika Anda penggemar selada, tentu sering menjumpai sayuran segar ini sebagai pelengkap hidangan khas Jawa Barat. Selain segar dan renyah, selada mengandubg vitamin yang bisa mencegah penuaan dini dan baik untuk kesuburan. Terakhir, wortel mentah berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata, juga mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung.